Lakukan 7 Amalan Ini Sebelum Tidur. Wajib Kamu Coba Nih Biar Nantinya Enggak Menyesal!

Amalan-Amalan Sebelum Tidur

Halo gaess… Kira-kira apa nih yang muncul pertama kali dibenak kalian ketika mendengar kata tidur? Hmm, pasti sebagian dari kalian berfikir tidur itu hanya sebatas aktivitas memejamkan mata saja, ya bukan?

Tidur menjadi salah satu senjata yang sangat ampuh untuk menghilangkan rasa penat pada tubuh setelah seharian beraktivitas. Selain dapat membuat tubuh kita menjadi lebih fresh di pagi harinya, ternyata tidur juga bisa menjadi ibadah yang sangat mudah, lho. Bagaimana mungkin tidur bisa disebut sebagai ibadah? Yupss tentu saja bisa teman-teman. Jadi agar kita memiliki kualitas tidur yang baik dan bernilai ibadah, kita perlu menerapkan amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw sebelum mata kita terpejam.

Masih penasaran apa saja amalan-amalannya? Yukk simak pembahasan di bawah ini!

Advertisement

1. Berwudhu sebelum tidur dapat meremajakan kulit

Photo by Umma

Photo by Umma via http://umma.id

Wudhu tidak hanya menjadi syarat sah diterimanya shalat seseorang, tetapi Rasulullah saw juga menganjurkan kita untuk senantiasa berwudhu sebelum tidur. Ternyata air wudhu memiliki berjuta manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, lho. Dengan berwudhu kita dapat membersihkan debu-debu yang masih menempel pada kulit wajah.

Selain itu, manfaat lain dari berwudhu yaitu dapat meremajakan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit wajah sehingga dapat mencegah penuaan dini. Wahh! selain dapat pahala kita juga dapat sehatnya, ya. Nah untuk kalian yang ingin memiliki wajah yang awet muda jangan lupa untuk selalu berwudhu sebelum tidur ya…

Advertisement

2. Membersihkan tempat tidur, debu dan kotoran hilang selamanya!

Photo by Islamidia

Photo by Islamidia via http://islamidia.com

Dalam Islam, kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan badan dan juga lingkungan sekitar, ya. Salah satu cara menjaga kebersihan yang bisa kita lakukan yaitu dengan membersihkan tempat tidur kita sendiri.

Membersihkan tempat tidur juga sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada sprei maupun bantal yang kita punya, lho. Kotoran dan debu tersebut dapat mengganggu sistem pernapasan dan kesehatan kulit kita. Jadi, agar sistem pernapasan dan kulit kalian tetap sehat, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat tidur kalian ya!

3. Posisi tidur miring ke kanan

Advertisement
Photo by Shutterstock

Photo by Shutterstock via http://shutterstock.com

Menentukan posisi badan ketika tidur juga perlu diperhatikan. Mengapa demikian? Ya, karena posisi tidur yang benar juga akan menentukan kualitas tidur seseorang. Ketika kita tidur dengan posisi badan miring ke kanan, ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, lho.

Seperti menjaga kesehatan jantung, lambung, mengistirahatkan otak kiri dan lain sebagainya. Rasulullah saw juga mengajarkan hal yang serupa kepada umatnya. Nah, untuk kalian yang ingin meneladani sikap Rasulullah tersebut. Mulai dari sekarang biasakan tidur dengan posisi miring ke kanan.

4. Membaca beberapa surat yang ada di Al-Quran

Photo by Cottonbro on Pexels

Photo by Cottonbro on Pexels via http://www.pexels.com

Rasulullah saw menganjurkan kita membaca surat-surat berikut ini sebelum memejamkan mata. Yang pertama, surat yang biasa disebut dengan tiga kul yaitu surat al-ikhlas, al-falaq dan surat an-nas. Yang kedua, membaca ayat kursi dan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah.

Yang terakhir yaitu membaca surat Al-Mulk. Jika kita rutin membaca surat-surat tersebut sebelum tidur, Allah akan menjaga kita sampai terbitnya fajar. Tidak hanya itu, membaca surat Al-Mulk sebelum tidur juga dapat menghindarkan kita dari pedihnya siksa kubur, lho.

5. Baca doa sebelum tidur

Photo by Assajidin

Photo by Assajidin via http://assajidin.com

Sebelum memejamkan mata Rasulullah saw menganjurkan kita untuk membaca do'a terlebih dahulu. Kenapa kita harus membaca doa terlebih dahulu? Ya, agar Allah senantiasa menjaga kita selama tubuh ini beristirahat. Ada Ulama yang menganalogikan bahwa tidur itu sebagai kematian yang sangat singkat.

Pada saat kita tidur semua organ tubuh menghentikan aktivitasnya kecuali jantung yang berdenyut dan nafas yang berhembus. Jadi, betapa pentingnya doa sebelum mata kita terpejam agar kita selalu dalam penjagaan Rabb-Nya di gelapnya malam maupun siang hari.

6. Biasakan lisan untuk berdzikir

Photo by Depositphotos

Photo by Depositphotos via http://id.depositphotos.com

Dzikir merupakan salah satu sarana yang dapat kita lakukan untuk mengingat Allah. Berdzikir juga akan membuat hati menjadi lebih tenang, lho. Nah, untuk kalian yang masih sering galau-galau nggak jelas banyak-banyakin dzikir aja deh…

Selain hatinya jadi tenang pikiran kalian pun akan menjadi lebih terbuka dibandingkan sebelumnya. Berdzikir sebelum tidur juga akan mempercepat proses tidur kita, lho. Sehingga kita tidak akan mengalami gejala insomnia. Tidur kita akan menjadi lebih berkualitas karena dzikir yang kita lafalkan.

7. Tidur lebih awal

Photo by Chandrakanth Elancheran dari Pexels

Photo by Chandrakanth Elancheran dari Pexels via http://www.pexels.com

Membiasakan diri untuk tidur di awal waktu memang agak sulit bagi sebagian orang yang sudah terbiasa tidur larut malam. Tidur setelah sholat isya' sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw, lho. Ternyata tidur di awal waktu juga perlu dilatih, agar nantinya kita terbiasa bangun lebih awal untuk melaksanakan ibadah di sepertiga malam yang kita miliki.

Tidak ada ruginya bukan apabila kita membiasakan diri untuk tidur lebih awal. Selain kita bisa mendapatkan tidur yang cukup, kita juga bisa memanfaatkan waktu di sepertiga malam untuk beribadah kepada Allah. Nah untuk kalian yang biasa tidur larut malam, coba deh dari sekarang biasakan tidur di awal waktu yaa…

Nah, itu tadi amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah, yang bisa kalian terapkan sebelum mata terpejam. Semoga kalian bisa istiqomah dalam melakukannya, ya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE