Berhemat adalah hal yang harus namun sulit untuk dilakukan. Terlebih untuk pelajar atau anak kuliahan yang hidup terpisah dari orangtua sehingga harus dapat mengatur uang kiriman dari orangtua yang selalu saja kurang. Tips berikut dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kamu dapat semakin berhemat dan tidak ada lagi istilah tanggal tua tidak punya uang.

1. Tentukan jumlah pengeluaranmu khusus untuk konsumsi sehari-hari

hangout bareng teman via http://www.google.co.id

Dengan hal ini kamu akan semakin mudah untuk membagi-bagi budget tersebut untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Misalkan kamu menetapkan budget Rp30.000,00 dalam sehari hanya untuk konsumsi.

Jika berlebih, kamu bisa menabungnya atau sesekali mengalokasikannya untuk budget konsumsi kamu di hari selanjutnya.

Jadi, di akhir bulan kamu punya budget buat makan yang lebih.

2. Lakukan hal yang kamu tahu akan menguras duit hanya sekali dalam sebulan

Advertisement

Setiap individu memiliki hak untuk bersenang-senang. Dan caranya berbeda bagi setiap orang. Jika kamu tipe orang yang suka menonton film di bioskop, lakukanlah itu hanya sekali dalam sebulan. Terlebih jika biaya untuk nonton di sekitar tempatmu tinggal tergolong mahal. Mulailah selektif dalam memilih film mana yang lebih baik untuk kamu tonton di bioskop. Jika kamu tipe orang yang suka mencoba tempat makan baru bersama teman-teman, tetapkan budget untuk hal tersebut. Jika memang tidak terlalu penting, kamu bisa tabung saja untuk kebutuhan yang lebih penting.

3. Berbelanjalah saat sedang ada diskon

belanja bulanan via http://www.google.co.id

Terbiasa belanja bulanan di supermarket? Tidak masalah. Kamu tidak perlu mengganti kebiasaanmu itu dengan berbelanja ke pasar tradisional.

Kamu cukup memperhatikan kapan saja supermarket tempatmu biasa belanja memberi diskon atau promo tertentu.

Ada supermarket tertentu yang rutin memberi promo di setiap bulan bahkan minggu. Untuk mempermudahnya, kamu juga bisa follow akun supermarket tersebut di salah satu media sosial untuk mendapatkan beragam info.

4. Catat semua pengeluaran

kemana saja duit yang kupunya via http://www.google.co.id

Sediakan satu buku khusus untuk mencatat semua pengeluaran kamu setiap hari secara rutin. Di akhir bulan, kamu bisa menjumlahkan total pengeluaran kamu dan mengetahui untuk hal apa saja uang kamu lebih banyak terpakai.

Catat hingga hal-hal kecil. Seperti biaya ojek, print makalah, beli es cincau, dll. Lalu beri lingkaran pada poin-poin yang membuat pengeluaranmu membengkak, misalnya biaya jalan sama si dia.

Sehingga kamu gak akan bertanya lagi kemana saja duit kamu habis terpakai.

5. Sisihkan pendapatanmu untuk segala iuran bulanan

menyisihkan pendapatan via http://www.google.co.id

Kamu memiliki iuran yang harus dibayar setiap bulan? Misalnya biaya internet, membeli pulsa, biaya laundry, atau apapun itu, segera sisihkan pada saat kamu mendapat kiriman dari orangtua. Jadi tidak ada lagi alasan internet kamu nunggak karena belum dibayar dua bulan.

6. Kumpulkan uang koin yang kamu punya

Koin juga ada gunanya via http://www.google.co.id

Kamu dapat menggunakan wadah bekas selai atau makanan dan minuman kaleng lainnya. Kumpulkan uang receh yang kamu punya. Jika ada waktu luang, gabungkan uang tersebut menjadi genap jumlahnya dengan menggunakan isolasi.

Gunakan uang koin tersebut untuk ongkos, membayar parkir, atau hal lain yang membutuhkan uang pecahan.

Bagaimana? Berani mencoba?