Setiap manusia telah dikaruniai oleh Tuhan bentuk fisik yang terbaik, yang harus di syukuri. Salah satu cara mensyukuri adalah dengan merawat karunia tersebut dan agar bisa tampil secantik mungkin.

Berikut beberapa tips agar kecantikan terpancar lebih maksimal lho!!

1. Rutin Berolahraga

Tetap Cantik Berolahraga

Tetap Cantik Berolahraga via https://bp-guide.id


Kita semua pasti mengetahui bahwa olahraga baik untuk kesehatan tubuh, namun tahu kah bahwa terdapat manfaat olahraga untuk kecantikan?



  1. Mencegah Timbulnya Jerawat -> Berolahraga dapat mengontrol hormon DHEA & DHT yang memicu timbulnya jerawat, jerawat juga sering muncul apabila kita stres, dan dengan berolahraga teratur kita dapat mengurangi stres.

  2. Merangsang Produksi Kolagen -> Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen sendiri semakin melambat. Sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produksi kolagen dapat dipicu dengan olahraga teratur, pada saat pori – pori mulai terbuka dan mengeluarkan keringat sel kulit akan menyerap oksigen dari luar sehingga kulit akan bersinar & lentur kembali.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Alami dan Mineral

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan Mineral via https://www.care2.com

Advertisement

Perawatan dari dalam tubuh lakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin alami & mineral, Yuk kita simak caranya?


  1. Konsumsi vitamin alami bermanfaat untuk kecantikan : Vitamin A untuk kulit lebih awet muda. Sumber vitamin A seperti tomat, pepaya, mangga, stroberi & sayuran berwarna hijau, orange seperti bayam, brokoli, asparagus, wortel. Vitamin C mencegah kulit kusam & kulit lebih cerah. Sumber vitamin C seperti kiwi, lemon & sayuran seperti bayam & brokoli.Vitamin E melindungi tubuh dari radikal bebas seperti asap, polusi dan sinar ultraviolet untuk memperlambat penuaan dini.

  2. Sumber vitamin E seperti kacang-kacangan, kecambah, bayam & asparagus. Vitamin B merawat kecantikan kulit agar tampak bersih serta bercahaya. Sumber vitamin B seperti oatmeal, telur dan nanas. Vitamin D seperti minyak ikan mengandung mineral zinc yang membantu mengontrol produksi minyak pada kulit, sehingga terbebas dari jerawat berlebih. Dan Mineral selenium untuk mempertahankan elastisitas kulit.

  3. konsumsi air yang cukup. Maka vitamin dan mineral bekerja optimal dan pembuangan sisa-sisa metabolisme berjalan lancar. Sehingga menjadikan kulit lebih sehat dan segar.

3. Biasakan Tersenyum & Bersyukur


Sebuah senyum adalah make up terbaik yang dapat digunakan oleh seorang wanita – Marilyn Monroe


Advertisement


  1. Tersenyum membuat kita lebih awet muda -> Senyuman yang tulus tidak hanya mengaktifkan otot risorious tetapi juga arbicularis oculi, yang menyebabkan otot pipi kita naik & menarik kulit di sekitar mata, membuat dahi menjadi lebih tidak berkerut.

  2. Bersyukur akan senantiasa membuat kita tersenyum -> Bersyukurlah terlebih dahulu, maka kita akan dengan mudah mengeluarkan senyuman yang membuat kita lebih awet muda. Mensyukuri karunia atas fisik kita yang begitu sempurna dan lengkap, tugas kita tinggal menjaga & merawat tanpa merubah bagian – bagian fisik kita.

4. Jangan Pernah Lewatkan Langkah Umum Merawat Kulit Wajah dan Tubuh

4 Langkah Umum Merawat Kulit Wajah :


  1. Membersihkan atau Cleansing – > Untuk membersihkan sisa make up, debu, dan sel kulit mati yang menempel pada wajah dan leher. Kita bisa menggunakannya dengan pembersih dengan bahan dasar, air, minyak, susu, dan balm. Kalian bisa memakainya pada pagi & malam hari.

  2. Menyegarkan atau Toning – > Menyegarkan, membuat lapisan kulit wajah kalian lebih segar dan siap untuk menerima skincare selanjutnya. karena ph wajah akan netral setelah dilakukan pembersihan. Sehingga kulit akan lembab kembali.

  3. Melembabkan atau Moisturizing – > Penggunaan pelembab untuk memberikan kelembaban dan kekenyalan pada kulit wajah dan meminimalisir adanya masalah kulit wajah..

  4. Melindungi atau Protecting – > Gunakan Sun protecting dengan SPF & PA untuk mengurangi tanda penuaan atau kulit yang menggelap. Walaupun kalian berada di dalam ruangan atau cuaca sedang mendung, sinar UVA bisa menembus kaca & tidak dipengaruhi cuaca sehingga tetap menjangkau kulit kalian. Sedangkan sinar UVB tidak, jadi saat memilih sun protecting pastikan yang berlabel SPF & PA yang artinya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

3 Langkah Umum Merawat Kulit Tubuh :


  1. Menggosok atau Scrubbing -> Proses menggosok kulit dengan butiran halus berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga kulit tubuh akan halus dan lembut. Cukup 2 kali seminggu agar kulit tidak kering.

  2. Menyegarkan atau Refreshing -> Proses setelah scrubbing yaitu mandi. Manfaat air dingin juga dapat mengencangkan pori sehingga kotoran tidak mudah masuk dan mengendap.

  3. Melindungi atau Protecting -> Setelah mandi gunakan body lotion atau body butter. Untuk menjaga kulit tetap pada kelembaban normal. Pilih yang mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) untuk meminimalisir kulit belang. Sinar UVA dan UVB mempunyai pengaruh buruk terhadap kulit, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk mencegahnya, gunakan body lotion yang mengandung SPF.

5. Jangan Lewatkan Exfoliasi Agar Make Up Lebih Menempel dengan Sempurna

exfoliating

exfoliating via http://www.byrdie.co.uk


Kenapa make up belang ya? Kok cepat luntur? Padahal tadi pakai foundation sama bedaknya udah rata dan waterproof


Ternyata walaupun sudah dibersihkan kulit wajah pun perlu bantuan dengan exfoliator untuk mengangkat sisa sel kulit mati dari bagian pori – pori terdalam wajah. Lakukan exfoliating cukup 2 – 3 kali seminggu. Make up tidak akan lagi belang dan tahan lama.

Lalu apa sih fungsi exfoliating pada kulit kita?


  1. Membersihkan Wajah Secara Maksimal -> Cleanser, facial wash, atau make up remover yang biasa kita pakai setiap hari tidak maksimal membersih debu & kotoran yang menumpuk di pori-pori terdalam.Tetapi kita bisa membersihkan wajah secara menyeluruh dengan exfoliator.

  2. Mengatasi Kulit Mengelupas & Lebih Awet Muda-> Di bawah paparan sinar matahari, perubahan cuaca, dan jerawat mengering. Akan menyebabkan pengelupasan kulit berlebihan yang akan mengakibatkan sel kulit mati menumpuk. Lakukan dengan exfoliator. Sel kulit mati akan terangkat sempurna sehingga merangsang pembentukan sel kulit baru, lebih sehat dan muda.

  3. Menjadikan Bercahaya, dan Menyamarkan Noda Hitam -> Karena sel kulit kita selalu diperbarui secara teratur, dengan eksfoliasi semua kekusaman di wajah pun ikut terangkat. Dan hasilnya kulit menjadi sehat dan bercahaya.Kulit yang warnanya tidak merata atau flek hitam yang disebabkan karena luka bekas jerawat atau pengaruh sinar UV, kita bisa menyamarkannya dengan eksfoliasi dan kulit wajah akan bebas noda kembali.


Dapat disimpulkan bahwa, make up yang menempel dengan baik dan tahan lama. Apabila kondisi wajah bersih maksimal. Nahhh penting bangettt kan eksfoliasi……… Jangan pernah dilewatkan ya Girls :)


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya