6 Alasan Ini Bikin Kanada Jadi Negara Terbaik untuk Lanjutkan Studi Master Maupun Doktoral

Lanjut studi ke Kanada

Kanada adalah salah satu dari tujuan studi internasional terpopuler di dunia. Pada tahun 2016 sebanyak 353.000 pelajar memutuskan untuk datang ke Kanada. Selain karena memiliki tuition fee dan living cost yang jauh lebih rendah daripada negara maju yang lain. Kanada juga menawarkan kemudahan proses imigrasi untuk tinggal selamanya dengan hanya lanjut studi di Kanada dan berkesempatan untuk bekerja dengan para pemimpin industri Kanada.

Berikut adalah 6 alasan mengapa Kanada menjadi Negara yang tepat untuk melanjutkan studi. Para calon mahasiswa yuk merapat!

Advertisement

1. Kualitas yang mumpuni menjadikan Kanada salah satu negara dengan tingkat edukasi terbaik

Satu dari alasan terbesar mengapa siswa memilih untuk melanjutkan studi ke Kanada adalah gelar yang diperoleh di Kanada diakui secara luas memiliki gelar yang sama dengan gelar dari Amerika Serikat, Australia, dan Britania Raya. Universitas di Kanada pun secara konsisten berhasil dengan baik dalam peringkat internasional.

Faktanya di tahun 2016, tiga universitas di Kanada masuk dalam 50 universitas top di dunia yaitu University of Toronto di Toronto, University of British Columbia di Vancouver, dan University of Alberta di Edmonton.

Advertisement

Di Kanada anda bebas memilih beberapa institusi, baik kuliah di universitas, perguruan tinggi, atau sekolah kejuruan. Tidak diragukan lagi bahwa pendidikan berkelas dunia ada di Kanada.

2. Biaya pendidikan yang terjangkau membuat Kanada lebih unggul dari negara maju lainnya

Cost of living

Cost of living via https://caspiannews.com

Bagi sebagian besar siswa yang bermimpi untuk belajar di luar negeri biaya adalah hambatan yang paling signifikan, karena siswa internasional harus membayar biaya sekolah yang lebih tinggi daripada siswa domestik.

Advertisement

Biaya kuliah tahunan rata-rata untuk gelar sarjana di Kanada per siswa internasional adalah sebesar $ 16.746 pada tahun 2014. Coba bandingkan dengan Amerika Serikat ($ 24.914 USD), Australia ($ 24.081 USD) atau Britania Raya ($ 21.365 USD).

Pada tahun 2014 biaya hidup rata-rata per tahun untuk siswa internasional adalah sebesar $ 13.021 USD. Ketika menggabungkan rata-rata biaya hidup tahunan dan biaya rata-rata kuliah tahunan, Kanada jelas yang paling terjangkau.

Selain membayar uang sekolah, siswa internasional juga perlu mencari tempat tinggal baik itu menyewa apartemen, menyewa kamar, atau bertempat tinggal bersama orangtua angkat, tentunya hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa.

3. Bekerja sambil melanjutkan studi adalah salah satu cara terbaik meraih mimpi

Work And Study

Work And Study via https://www.canada.ca

Meskipun Kanada adalah pilihan yang relatif terjangkau, tidak dipungkiri lagi bahwa belajar di luar negeri relatif mahal daripada di negeri sendiri.

Untungnya, siswa internasional di Kanada memenuhi syarat untuk bekerja part time hingga 20 jam/minggu selama masa sekolah dan full time 30 jam/minggu diwaktu yang sudah ditentukan seperti saat liburan musim panas.

Sebagian besar siswa tidak memerlukan work permit atau izin bekerja untuk bisa melamar pekerjaan. Bekerja di dalam atau di luar kampus pun tidak menjadi masalah karena izin studi anda yang akan menunjukkan apakah anda diizinkan bekerja di luar kampus atau tidak.

4. Tingkat keamanan yang tidak perlu diragukan lagi

Dengan memilih melanjutkann studi di Kanada hal yang pastinya dikhawatairkan oleh rata-rata siswa internasional adalah keselamatan pribadi apalagi berada jauh dari teman-teman dan keluarga.

Tetapi tenang, untuk urusan kualitas hidup dan angka kriminalitas, menurut Institute for Economics & Peace 2016 hasilnya adalah Kanada berada di peringkat negara ke-8 sebagai negara paling damai di dunia.

5. Pilihan yang tepat untuk bermigrasi setelah menyelesaikan studi

Saat anda memilih untuk melanjutkan studi di luar negeri anda akan mendapatkan status sementara di negara tempat anda belajar. Status itu biasanya berakhir ketika program studi anda di negara tersebut berakhir, jadi anda harus kembali ke negara asal setelah lulus.

Tetapi di Kanada  1 tahun waktu kuliah, anda mendapatkan 1 tahun visa sekolah dan satu tahun work permit visa. Jadi anda mendapatkan 2 tahun tinggal di Kanada.

Jika anda kuliah di Kanada lebih dari 2 tahun anda mendapatkan visa sekolah dan 3 tahun work permit visa. Jadi jika anda kuliah 2 tahun anda mendapatkan 5 tahun tinggal di Kanada. 

Sebagian provinsi di Kanada pun menawarkan pengalaman belajar atau bekerja di provinsi tersebut. Canada Federal Economic Immigration juga menawarkan poin tambahan untuk pengalaman belajar dan bekerja di Kanada. 

6. Peluang ekonomi bagi siswa internasional yang tentunya layak diperhitungkan

Kanada adalah salah satu negara yang memiliki ekonomi terbesar di dunia, dan ada banyak peluang bekerja bagi para lulusan siswa internasional. Menjadi siswa internasional di Kanada membuat anda memiliki kesempatan untuk membangun jaringan dengan para pemimpin di bidangnya.

Saat anda belajar ataupun setelah lulus anda bisa mendapatkan pengalaman bekerja untuk perusahaan-perusahaan industri terkemuka di Kanada.

Jika anda memilih untuk kembali ke negara asal, pendidikan yang anda tempuh di Kanada, peningkatan kemampuan bahasa dalam bahasa Inggris ataupun Perancis anda tidaklah sia-sia, anda tetap dapat membantu membuka pintu untuk bekerja di perusahaan internasional lainnya.

Pengalaman bekerja dan menempuh pendidikan di Kanada sangat dihargai di dunia, sehingga hal itupun dapat meningkatkan peluang anda untuk menerima tawaran pekerjaan dari seluruh dunia.

Namun jika anda lebih memilih untuk tinggal di Kanada, pengusaha di Kanada cenderung lebih menyukai pengalaman bekerja di Kanada daripada pengalaman bekerja dari tempat lain di dunia.

Itulah beberapa alasan mengapa Kanada menjadi destinasi terbaik untuk melanjutkan studi selain karena alasan di atas, menjadi lulusan luar negeri tentu akan memberikan nilai plus bagi anda.

Di samping anda belajar untuk melanjutkan studi anda juga diberikan kesempatan mendapatkan pengalaman bekerja sekaligus diberikan kesempatan untuk dapat meningkatkan peluang menerima tawaran pekerjaan di dalam maupun di luar negeri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE