Traveling atau liburan ke Jakarta? Emang seru? Bagi sebagian orang Jakarta hanyalah sebuah kawasan padat penduduk dengan kondisi lalu lintas yang macet. Namun perlu kamu ketahui dibalik itu, Jakarta adalah sebuah kota sejarah yang menyimpan berbagai tempat wisata indah yang layak untuk dikunjungi. Jika kamu menginginkan sebuah liburan untuk bersantai memandang birunya langit dan berjemur di bawah sinar mentari pagi. Selain terkenal dengan sarana wisata modernnya, Jakarta juga punya tempat wisata alam dengan panorama yang indah untuk dinikmati. Penasaran apa saja tempat wisata yang menyenangkan tersebut? Simak selengkapnya.

1. Menikmati Keindahan Arsitektur Mesjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta

Mesjid Istiqlal

Mesjid Istiqlal via http://vitakot.com

Sejenak kita lupakan keluh kesah hidup di dunia ini dengan beribadah di tempat yang dimuliakannya Tuhan YME. Mesjid dan Gereja Katedral Jakarta bukan hanya dijadikan tempat peribadatan saja, namun juga menjadi tujuan wisata religi dan pusat pembelajaran religius. Kedua tempat religius tersebut berada berdekatan di tepi jalan yang membuktikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa menjunjung tinggi nilai toleransi beragama.

Masjid Istiqlal adalah mesjid terbesar di Indonesia serta memiliki desain arsitektur neo-gotik, menggabungkan arsitektur Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa. Gereja Katedral adalah gereja tertua di Jakarta yang dibangun tahun 1901 berdesain arsitektur eropa. Tempat ini berfungsi sebagai museum juga, di dalamnya terdapat barang bersejarah religius zaman kuno. Jika kamu seorang traveler yang hobi fotografi, haram hukumnya ketika tidak mengabadikan keindahan tempat tersebut.

2. Menatap Birunya langit diiringi suasana hiburan modern di Pantai Ancol

Pantai Ancol

Pantai Ancol via http://Travelingyuk.com

Advertisement

Pantai Ancol adalah salah satu tempat wisata paling digemari di Jakarta, selain karena keindahan alamnya di pantai Ancol kamu juga bisa bermain ke tempat wisata modern seperti taman mini indonesia Indah dan dufan. Kawasan bermain di Ancol sangat lengkap sehingga waktu bermain seharian saja gak bakalan cukup untuk menikmati berbagai hiburan dengan ragam suasananya.

3. Menikmati Keindahan Laut dan Pasir Putih lembut di Kepulauan Seribu

Sesuai dengan namanya pulau seribu yang berarti seribu pulau, di tempat ini terdapat banyak pulau yang tersebar di kawasan tersebut. Namun ingat ya guys meski pulau seribu tersebar dengan banyaknya pulau bukan berarti pulaunya ada seribu. Kepulauan ini terletak di 45 km di utara Kota Jakarta, boleh di bilang tetangganya Ancol. Banyak tempat wisata yang bisa kamu jelajahi di tempat ini seperti pemandangan di sekitar lautnya berupa pasir putih lembut dengan kawasan pantai yang tenang. Kamu pun bisa diving untuk menikmati wisata alam di dalam laut untukmelihat keindahan terumbu karang, serta ekosistem di bawah permukaan laut lainnya.

Tempat ini wajib kamu kunjungi bersama pasangan, keluarga, maupun teman-teman dekatmu untuk menambah keakraban dan keseruan. Seperti senandung yang ada tentang pulau ini yakni,

Advertisement


Bidadari jatuh dari khayangan menghampiri manusia yang lagi berada di dalam lamunan indahnya. Bidadari bertemu bercanda ria sambil menari di pinggiran pantai. Melewati pasir yang putih yang debunya bertebaran di tiap sekeliling pantai, gelak canda sekali-kali di iringi dengan gurauan yang manja.


4. Kebun Binatang Ragunan

Liburan bersama keluarga beserta teman dekat bisa mengasikan tentunya dengan mengunjungi salah satu kebun binatang tertua di Indonesia yaitu kebun Binatang Ragunan. Selain dari wisata edukasi di tempat ini kamu bisa lebih menyadarkan kamu tentang pentingnya menjaga kelestarian alam kita. Banyak satwa langka yang terdapat disana seperti beruang, harimau, gorila dan komodo.

Area kebun binatang Ragunan ini sangat luas, menjelajahi seluruh kawasan kebun binatang akan terasa nyaman dan menyenangkan dengan berjalan kaki, di sekitar area Kebun Binatang ini terdapat banyak pepohonan dan rerumputan. Sangat cocok untuk para “santai traveler” tidak perlu khawatir jika ada teman atau anggota keluarga yang menggunakan alat bantu seperti kursi roda atau stroller.

5. Wisata Murah Ke Kota Tua

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta via https://dansmedia.net

Liburan yang murah bisa kamu dapatkan ketika traveling ke Jakarta, namun ingat ya wisata murah ini bukan berarti tempat wisata murahan ya. Kota tua merupakan saksi bersejarah tentang perkembangan kota Jakarta, sembari mengenal Jakarta tempo doeloe kamu bisa menikmati berbagai perjalanan menyusuri kota pelabuhan di masa kejayaan batavia yang mengasikan dengan menggunakan sepeda onthel warna-warni, mengunjungi wisata edukasi seperti museum Bank Mandiri, sampai menikmati makanan khas Betawi dan Es Lilin Potong yang menyegarkan.

Eksotisme pemandangan sebuah kota jaman old’s menjadi daya tarik pengunjung yang berwisata ke kota tua. Banyak para traveler yang menghabiskan waktunya hanya untuk sekedar hunting foto. Bukan hanya wisatawan domestik saja guys yang datang ke tempat wisata ini, banyak juga wisatawan mancanegara yang sengaja datang untuk menikmati keindahan Kota Tua Jakarta ini. Tidak jauh dari kawasan balai kota, kamu dapat menyaksikan puluhan kapal pinisi yang berjajar di pelabuhan bersejarah Sunda Kelapa.

Bagaimana kamu tertarik untuk berlibur ke tempat wisata tersebut travelers? Namun perlu diingat ya, biaya dan jajanan disana cukup murah, semestinya kita ikut membantu pembangunan daerah kota tua tersebut menjadi lebih asri lagi dengan tidak membuang sampah sembarangan.

6. Sejarah Indonesia Sejak Zaman Prasejarah Lengkap Tersaji di Museum Nasional

Museum Nasional

Museum Nasional via http://Museumnasional.or.id

Sebanyak 140.000 koleksi benda bersejarah terdapat di Museum Nasional yang terdiri dari koleksi prasejarah, arkeologi, sampai etnografi ada di tempat ini. Prasasti dan arca yang dulu kamu tau dari buku pelajaran di sekolah bisa kamu temukan disini.

Museum Nasional ini terletak cukup dekat dari komplek Monumen Nasional (Monas), di tempat tersebut terdapat sebuah karya seni terkenal dari seniman Indonesia yaitu “Nyoman Nuarta”, karyanya berbentuk mirip dengan logo Museum Nasional berjudul “Ku Yakin Sampai Di Sana”. Karya tersebut menggambarkan arus perjuangan dan kerja keras untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Traveling sambil mencari inspirasi akan terasa sayang untuk dilewatkan.

7. Mengenang Perjuangan Bangsa di Satria Mandala Museum

Sejarah Perjuangan

Sejarah Perjuangan via https://id.wikipedia.org

Siapa bilang berlibur atau traveling ke tempat museum terasa membosankan? Nyatanya mengunjungi Museum Satria Mandala akan terasa menyenangkan karena ketika kamu menjelajahi ruangan yang luas dengan tampilan berbeda, kebanyakan koleksi di museum ini pun bisa disentuh, bahkan dinaiki oleh mereka. Ruangan museum yang luas dan hening, lebih asik kalau kamu datang beramai-ramai bersama teman atau anak-anak. Halaman belakang museum Satria Mandala juga cukup luas dan teduh, cocok untuk beristirahat dan berkumpul bersama.

Ayo, tanamkan jiwa kebangsaan dan patriotisme yang kuat dengan liburan mengunjungi museum sejarah perjuangan bangsa di Museum TNI Satria Mandala. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk melihat berbagai koleksi peralatan dan perlengkapan perang seperti pesawat, tank, dan senjata api.

Perlu diketahui ya guys, pada awalnya Museum Satria Mandala adalah kediaman dari Ratna Sari Dewi, dulunya tempat tersebut bernama Wisma Yaso. Ratna Sari Dewi sendiri ialah istri Presiden pertama di Indonesia yaitu Ir.Soekarno.

8. Menghirup Udara Segar Sambil Mengenal Budaya Bangsa di Setu Babakan

Setu Babakan

Setu Babakan via http://osonny.com

Danau Setu babakan terletak di perkampungan Betawi, yaitu di Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sebelumnya situs wisata ini adalah danau buatan yang berfungsi untuk menampung resapan air, namun karena kepentingan akan pelestarian budaya Jakarta, danau ini pun berubah menjadi tempat wisata yang eksotis menjadi perkampungan budaya betawi. Berbagai kesenian tradisional sering ditampilkan di tempat tersebut seperti Tanjidor, Lenong dan Ondel-ondel. Yuk.. bantu lestarikan budaya bangsa dengan mengunjungi tempat wisata budaya tersebut.

Selain dari menikmati wisata bersejarah kampung betawi, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam dari bebagai macam tanaman dan buah-buahan yang tumbuh di sekeliling danau. Terdapat juga wahana yang unik di danau Setu Babakan yaitu perahu Angsa. Perahu ini digunakan untuk para wisatawan dan traveler yang ingin menikmati suasana di tengah danau dan sekitarnya, sangat cocok bagi kamu dan pasangan maupun keluarga.

Ketika mampir di danau Setu Babakan, jangan lupa bawa uang cash ya guys. Akan sangat disayangkan jika kamu ketinggalan untuk mencicipi jajanan berupa makanan dan minuman khas betawi yang berada di sekitar danau. Beberapa makanan dan minuman yang terdapat disana diantaranya ada Kerak telor, Toge goreng, Dodol Betawi, Bir Pletok, Es duren, dan lain-lain.

Danau Setu Babakan sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan udara segar dengan nuansa alam yang bebas sebagai penyejuk setelah lelahnya hidup di perkotaan.

9. Atmosphere Mediterania di Kota Kasablanka

Setelah menghabiskan waktu untuk jalan-jalan menikmati keindahan kota dan pemandangan alamnya, saatnya kamu singgah di pusat perbelanjaan untuk mengisi perbekalanmu. Berbelanja sambil merasakan suasana eksotis seperti di atmosphere mediterania akan terasa lebih menyenangkan. Tak perlu jauh-jauh pergi ke maroko, sesuai dengan namanya kota kasablanka di Jakarta Selatan menyajikan suasana ala negara di Laut Mediterania itu.

Sembari belanja kamu bisa menikmati keindahan arsitektur dengan konsep mediterania dilengkapi berbagai ornamen serta sentuhan seni yang akan memberikan pengalaman belanja baru dan lebih seru.

Nah demikian deretan tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan ketika kamu traveling atau liburan di kota Jakarta. Liburan seru tak selamanya membutuhkan biaya yang mahal, banyak tempat wisata yang ternyata mengasikan dan memberikan pengalaman kebersamaan, edukasi, serta petualangan, yang mungkin belum kamu kunjungi di kota Jakarta.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya