Setelah putus cinta dengan pacar, batal menikah dengan tunangan atau mengalami masalah rumah tangga yang berat dan di ambang perceraian, banyak dari kalian yang lalu memutuskan pergi berlibur untuk menenangkan pikiran. Selain berlibur bersama saudara atau sahabat, kalian juga bisa menjadi solo traveler agar dapat menikmati me timeĀ dengan maksimal. Lalu destinasi wisata manakah yang akan kalian pilih? Apakah Ternate di Maluku Utara termasuk dalam daftar pilihan kalian? Berikut ini lima alasan mengapa kalian perlu wisata ke Ternate ketika sedang patah hati.

1. Ada banyak benteng peninggalan sejarah masa kolonialisme

Introspeksi tentang perjuangan cinta via https://www.facebook.com

Sebagai kota yang punya peranan penting dalam perdagangan rempah-rempah di abad ke-16 hingga ke-18, Ternate punya banyak benteng yang dibangun oleh pemerintah kolonial Portugis dan Belanda. Benteng-benteng yang pada zaman dahulu digunakan untuk gudang senjata dan pertahanan dari serangan musuh itu kini menjadi objek wisata yang terbuka untuk dikunjungi masyarakat umum. Benteng-benteng tersebut juga sebagian besar masih dalam keadaan yang terawat baik setelah direvitalisasi oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Kalian yang sedang patah hati dapat berkunjung ke benteng untuk mendapatkan suasana yang tenang dan melakukan kontemplasi tentang segala permasalahan yang sedang kalian hadapi. Di tempat yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan dalam melawan pemerintah kolonial ini, kalian bisa merenung: apakah cintanya masih sangat layak untuk kalian perjuangkan kembali?

2. Surga kecil dengan berbagai pemandangan alam yang indah

Keindahan Kebun Cengkeh Gambesi via https://www.facebook.com

Advertisement

Mengunjungi tempat-tempat yang berpemandangan indah tentu adalah hal yang wajib dalam berwisata. Ternate punya banyak lokasi yang sangat eksotis mulai dari Pantai Sulamadaha, Danau Tolire hingga Kebun Cengkeh Gambesi. Meskipun merupakan objek wisata favorit, tempat-tempat tersebut tidak penuh sesak dengan kepadatan pengunjung. Di sini kalian dapat duduk santai untuk sejenak menghilangkan penat di hati dan pikiran karena hiruk-pikuk urusan asmara. Kalian juga bisa menghirup udara yang bebas polusi dan menyegarkan pikiran kalian untuk mensyukuri bahwa ada banyak hal di dunia ini yang ternyata lebih indah dari kenangan-kenangan cinta kalian di masa lalu.

3. Kota kecil yang penuh daya tarik

Siapkah kalian menjelajahi Ternate? via https://www.facebook.com

Ternate adalah kota yang terletak di sebuah pulau kecil. Kalian tidak butuh menempuh jarak jauh dan waktu yang lama untuk dapat berjalan-jalan mengelilingi tempat-tempat menarik di seluruh pelosok kota, mulai dari taman bebatuan lava sisa erupsi Gunung Gamalama, masjid yang terapung di tepi pantai hingga pasar tradisional yang penuh warna. Mau kemana-mana di Ternate itu terasa dekat.

Beberapa orang akan cepat bosan, sementara beberapa lainnya justru akan jadi bersemangat untuk berpetualang. Di sinilah kalian bisa menguji diri kalian. Apakah kalian mudah merasa bosan dan kesepian sehingga hanyut pada kerinduan akan sosok sang mantan? Atau apakah kalian telah move on dan siap berpetualang untuk mencari tahu dan mengenal sosok baru yang akan datang dalam hidup kalian?

4. Penduduk lokal yang sangat ramah dan bersahabat

Bertemu teman-teman baru di Ternate via https://www.facebook.com

Advertisement

Berwisata seorang diri bukan lantas menjadi kesepian. Kalian akan banyak bertemu dengan orang yang meskipun baru kenal namun bersikap ramah dan siap membantu kalian dengan tulus. Masyarakat Ternate sejak dulu memang dikenal sangat bersahabat dan terbuka pada para pendatang. Kalian akan punya banyak teman baru di kota ini.

Di sini juga lah kalian dapat mengingat kembali arti persahabatan dan kebaikan-kebaikan yang pernah diberikan oleh para sahabat kalian. Apakah selama ini kalian terlalu sibuk dengan si kekasih hati dan secara tidak sadar telah meninggalkan sahabat-sahabat kalian? Coba kalian ingat-ingat lagi sudah berapa lama kalian tidak meluangkan waktu bersama mereka lagi. Di tengah permasalahan asmara kalian sekarang ini, kalian justru bisa punya kesempatan untuk kembali merajut tali persahabatan yang sempat menghilang.

5. Aneka ragam kuliner Ternate yang lezat

Jangan lupa makan enak! via https://www.facebook.com

Banyak orang yang sedang putuscinta identik dengan kehilangan selera makan. Karena berlarut-larut memikirkan masalah percintaan, maka kalian seringkali lupa bahwa kalian belum makan. Bahkan bisa jadi kalian merasa tidak lapar meskipun sama sekali belum mengkonsumsi makanan berkarbohidrat sejak pagi. Hal ini tidak akan terjadi apabila kalian berwisata ke Ternate.

Di kota ini, ada banyak masakan lezat khas Maluku yang meningkatkan selera makan kalian, mulai dari Gohu Ikan, Gatang Kenari, Nasi Jaha hingga beraneka macam hidangan berbahan ikan laut dengan bumbu rempah-rempah. Meskipun sedang patah hati, kalian tetap akan banyak makan di Ternate karena kalian tentu tidak akan sanggup menolak godaan kulinernya. Selain itu, bukankah lebih baik bila kalian makan secara teratur agar kalian bisa tetap tampil sehat dan menarik?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya