Kalian pasti tidak asing saat mendengar kata UK kan? Saat mendengar kata “UK” apa yang terbesit di benak kalian? Mungkin hal yang terpikirkan adalah, London?Big Ben? Sepak bola? Harry Potter? Kastil? Atau malah hal-hal yang berbau negeri dongeng dan magis. Negara berdaulat yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa ini,ternyata memiliki 4 negara yang masing-masing berdiri sendiri yaitu, Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.

1. Nah, sekarang sudah tahu kan kalau UK tidak melulu Inggris atau London, ada 3 negara lain yang memiliki keindahan alam dan juga budaya yang mempesona.

Jika kalian berkunjung ke Irlandia Utara ada beberapa objek wisata yang terkenal seperti Belfast, Ballycastle, Bushmills, dan Newcastle. Lain halnya jika kalian pergi ke Wales, tempat magis seperti Llyn Lydaw dan Tintern Abbey bisa kalian kunjungi. Lalu bagaimana dengan Skotlandia? Selain terkenal dengan Edinburgnya, Skotlandia juga memiliki banyak tempat dan cerita magis. Salah satunya adalah legenda yang sampai sekarang belum terpecahkan mengenai Loch Ness monster atau yang kerap disebut Nessie, di danau magis Loch Ness (Loch=danau).

2. Loch Ness sendiri adalah danau air tawar yang luas di dataran tinggi Skotlandia dengan kedalaman mencapai 230 meter.

Advertisement

Kira-kira seperti apa ya penampakan Nessie itu sendiri? Berdasarkan hasil tangkapan kamera amatir pengunjung atau warga sekitar, monster ini sangat besar dan memiliki leher yang panjang seperti binatang purba Brachiosaurus. Legenda mengenai Nessie ini ternyata sudah berusia sangat tua. Makhluk misterius ini pertama kali terlihat di tahun 565 Masehi.

Dalam sebuah biografi biarawan Irlandia, Saint Columba, menyebutkan bahwa dia melihat hewan buas raksasa menyeret seorang pria ke Sungai Ness. Pada saat itu, rasa ingin tahu masyarakat setempat mengenai hewan misterius ini tidak terlalu tinggi. Hingga akhirnya, pada tahun 1933, setelah jalan raya mulai dibangun di sepanjang danau, beberapa orang mengklaim bahwa mereka melihat sesuatu yang besar ada di dalam air. Apakah itu Nessie? Tidak ada yang tahu pasti apakah itu Nessie atau bukan.

3. Kemunculan beberapa gambar hewan misterius di Loch Ness, semakin menghebohkan publik.

Diduga Nessi monster

Diduga Nessi monster via https://www.thesun.co.uk

Pada tahun 1975 beberapa foto pun diteliti oleh ahli bedah fotografi, dan dinyatakan foto Nessie yang beredar adalah hoax. Semakin penasaran kan dengan hewan misterius ini?

Advertisement

Asal kalian tahu, sudah banyak peneliti yang telah mencoba membuktikan keberadaan monster ini. Pada tahun 2003, BBC pernah melakukan pencarian terbesar untuk menemukan monster ini. Sebanyak 600 sonar beam dan satelit digunakan untuk melacak keberadaan monster ini di Loch Ness, tapi tidak ada hasil yang ditemukan. Wah, kalau di Indonesia, mungkin hewan ini sudah disebut makhluk gaib atau makhluk jadi-jadian ya.

Apakah benar makhluk ini ada? Pencarian mengenai keberadaan Nessie sampai sekarang masih berlangsung. Hingga tahun 2012, foto-foto tentang Nessie masih beredar.

4. Di tahun 2014, foto satelit dari Apple Maps berhasil menangkap sosok hewan yang sangat besar yang sedang berenang di danau Ness, dengan panjang sekitar 30,48 meter.

Apakah Nessie?

Apakah Nessie? via https://www.thesun.co.uk

Kalau dilihat seperti ini tampak seperti paus ya?

Beberapa teori dikemukakan oleh peneliti mengenai kemungkinan apa itu Nessie dan sebenarnya hewan apa ini. Karena dengan penglihatan manusia yang terbatas dengan kondisi danau Ness yang sangat luas, sesuatu yang tampak dari kejauhan akan terlihat berbeda di mata setiap orang. Ada yang mengatakan kalau Nessie adalah belut raksasa, ikan lele, bahkan gajah yang sedang berenang dengan belalainya yang muncul di permukaan.

5. Tahun 2013, presenter TV Jeremy Wade membuat edisi khusus untuk menguak monster danau yang melegenda ini.

Hiu Greenland

Hiu Greenland via https://www.thesun.co.uk

Dia membandingkan karakter Nessie dengan hiu Greenland, yang bisa tumbuh hingga mencapai 6 meter. Hiu ini bisa bertahan hidup di perairan tawar danau Ness. Wah, bisa saja selama ini yang dilihat masyarakat adalah hiu Greenland ya, Hipwee.

6. Nessie terpampang di koin?

Loch Ness Monster

Loch Ness Monster via http://static.euronews.com

Legenda tentang Nessie yang sudah berabad-abad lamanya mungkin sudah menjadi hal yang tidak bisa lepas dari masyarakat UK. Gambar Nessie pun menjadi salah satu top 10 ikon uang koin yang diperlombakan oleh UK’s Royal Mint. UK’s Royal Mint adalah perusahaan milik pemerintah UK yang bekerja untuk memproduksi uang logam untuk Negara tersebut.

Gambar Nessie monster menempati abjad ke L (Loch Ness Monster) dalam koleksi uang logam UK’s Royal Mint dalam koleksi koin barunya yang bertajuk “A-Z” of what makes Britain Great.

7. Nah, buat yang penasaran dengan monster ini, berkunjunglah ke Loch Ness, Skotlandia. Karena, bukan tidak mungkin kalian bisa melihat penampakan Nessie. Serem nggak tuh!

Jangan takut, karena selain monsternya, Loch Ness juga memiliki panorama yang sangat indah. Kalian bisa menikmati pemandangan danau dengan berlayar menggunakan boat trips. Selain itu ada jalur hiking juga, jadi kalian bisa melihat pedesaan dan pegunungan di sekitar danau dari ketinggian. Jika ingin berinteraksi lebih dekat dengan masyarakatnya kalian bisa makan siang dan minum kopi di Drumnadrochit.

8. Drumnadrochit adalah sebuah desa yang terletak di tepi barat danau Ness.

Di desa kecil ini kalian juga bisa berkunjung ke Loch Ness Centre & Exhibition. Di sini akan disuguhkan informasi mengenai misteri alam dan legenda yang menguak ekosistem unik Loch Ness dan legenda Nessie monster yang terkenal itu.

9. Menarik bukan? Bagaimana cara untuk mencapai Loch Ness?

Rute kereta London

Rute kereta London via https://www.rome2rio.com

Perjalanan dari London ke Loch Ness menempuh jarak sekitar 919 km. Jika kalian adalah budget traveler, kereta api adalah akomodasi yang tepat, dibutuhkan biaya berkisar 1,2-1,8 juta rupiah untuk pembelian tiket kereta. Kalian bisa naik kereta dari stasiun London King Cross hingga pemberhentian terakhir di Inverness bus station.

Inverness adalah kota di dataran tinggi Skotlandia, bisa disebut juga sebagai ibu kota di sana. Semua jenis transportasi sepertinya berpusat di sini. Untuk mencapai Loch Ness kalian harus naik bis lagi, dari Inverness bus station sampai pemberhentian terakhir di Bunloit, Achnahannet Farm. Biaya yang dibutuhkan untuk tiket bis ini berkisar 55-130 ribu rupiah.

So, Selamat menjelajah Loch Ness ya kawan Hipwee.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya