Sepotong surat kecil berisikan harapan, bertuankan rindu, dan beralamatkan pertemuan mungkin menjadi obat yang paling manjur bagi para penikmat kopi hitam di pagi hari ditemani dengan sepiring penuh ketela goreng dan radio lawas. Ya, memang tidak semua orang suka kopi hitam, tetapi aku suka kopi hitam dan seseorang yang biasa menemaniku sambil meminumnya. Kopi pagi ini bertemakan hijaunya taman di sudut jalan seberang.

February 17, 2018

Thomas Brodie-Sangster, Curtis Brown Group Ltd., Haymarket House 5th Floor, 28-29 Haymarket, London SW1Y 4SP, United Kingdom

Dear Thomas Sangster,

Hey! It's been a super long time since we last met! and I do really miss you so much! No! It's sincere enough, believe me. How's mom and Ava? And, your dad as well? I hope they are all good. I'm about to go to London soon. So, please prepare a great surprise party, ok?

Ya, begitulah kira-kira surat sederhana yang ku buat untuk Thomas. Ngomong-ngomong soal taman, pernah nggak sih punya keinginan yang terbesit waktu lagi jalan-jalan di kota besar terus nemu serangkaian taman di sepanjang perjalanan? Pasti pernah punya 'kan ya keinginan yang seperti itu? Apalagi kalau di sepanjang taman yang dilewati bisa ditempuh dengan jalan kaki dan terasa sangat sejuk, wah, pasti asyik!

"Kalau buat jalan kaki doang bukannya sudah biasa ya, kak? Gimana kalau misalnya bisa dipakai gowes? Bisa gowes bareng-bareng sama temen-temen atau keluarga gitu, kak. Makin asyik kayaknya!"

Bener juga! Aku sih setuju!

Di London tempat kelahiran Thomas ada yang namanya The Royal Parks dan London's Secret Garden, pernah dengar? Belum, ya? Oke! Singkatnya itu adalah sebutan untuk taman-taman aktif di Britain, terutama di London yang biasanya digunakan untuk berbagai macam kegiatan atau aktivitas mulai dari pagi ke pagi lagi dan akan selalu begitu siklusnya.

Bisa buat gowes dong, kak? Hehehe.

Iya! Bersepeda merupakan salah satu aktivitas favorit masyarakat London maupun para wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke sana. Mereka penduduk London akan dengan senang hati "membuang-buang waktu" untuk berkeliling London hanya dengan berbekal sepeda! Uniknya, pemerintah London menyediakan rute untuk bersepeda mulai dari melewati 8 'ruang terbuka' terbesar di London hingga beberapa taman-taman tersembunyi dibalik jantung kota. Ingin tahu bagaimana rute bersepeda di London dan kejutan-kejutan di balik setiap taman yang dilewatinya?

Simak dan catat daftar kejutan berikut ini untuk bekal kamu ke London nanti!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

1. Rosmead Garden: London's First Hidden Gem!

Notting Hill's Best Secret Garden: Rosmead Garden

Notting Hill's Best Secret Garden: Rosmead Garden via http://www.telegraph.co.uk

Taman-taman di London menawarkan ketenangan dari segala riuhnya kehidupan kota besar yang tidak akan bisa didapat setiap harinya. Hal ini menjadi suatu wahana hiburan bagi mereka ketika akhir pekan tiba. Namun, tidak semua taman banyak diketahui oleh mereka, para pencari kepuasan batin karena kehadiran wahana wisata yang lebih megah dan mewah.

Rosmead Garden merupakan salah satu taman dalam London's Secret Garden yang akan dilewati pesepeda pertama kali pada rutenya. Saat ini, masih banyak pengunjung yang mampir hanya untuk mengabadikan 'Blue door' dan 'Travel Bookshop' yang terkenal pada setting film Notting Hill dengan kamera mereka!

Advertisement

Makin penasaran 'kan seperti apa aslinya?

2. Holland Park: Kyoto Tiny Little Garden

Kyoto Garden: Japanese Garden Since 1991

Kyoto Garden: Japanese Garden Since 1991 via https://www.dayoutwiththekids.co.uk

Perjalanan kedua menuju ke Holland Park!

Di area taman ini memang kalian tidak diperbolehkan untuk bersepeda, tetapi pemerintah London menyediakan tempat parkir khusus sepeda, lho! Mereka amat sangat yakin kalian akan berhenti sejenak untuk berswafoto dengan latar belakang Kyoto Garden—taman kecil bergayakan Jepang! Yang mana merupakan salah satu spot sensasional bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen-momen kebersamaan mereka di London.

Advertisement

Lucu banget, 'kan? Tertarik dong pastinya, hehehe.

3. The Royal Parks: Hyde Park!

View of the Diana

View of the Diana via https://www.royalparks.org.uk

Kayuh sepedamu menuju ke Hyde Park!

Terletak di jantung Kota London membuat taman ini banjir pengunjung, loh! Hyde Park merupakan 1 (satu) dari 8 'Ruang Terbuka' Terbesar di London dengan luas 141,64Ha. Bersepedalah hingga mencapai "Serpentine Bridge" dan kalian akan disuguhkan dengan pemandangan Kota London yang luar biasa!

Kalian juga bisa menikmati pemandangan sekitar dengan berkunjung di salah satu kafe yang berada di dekat sungai Serpentine. Sejenak mungkin kalian lupa bahwa sesungguhnya kalian sedang berada di pusat Kota London. Dibuka mulai pukul 5 (lima) pagi waktu setempat hingga tengah malam membuat taman ini selalu hidup setiap harinya.

Yuk luangkan waktu sejenak untuk berkunjung!

4. St. James's Park: The Blue Bridge in Sunny Day!

The Blue Bridge

The Blue Bridge via https://www.royalparks.org.uk

Apakah kalian sudah mulai lapar?

Bersepeda memang cukup menghabiskan banyak energi. Ayo kayuh lagi sepedamu menuju ke St. James's Park. Cukup dekat kok, sekitar 10-15 menit saja! Setelah sampai di lokasi, biasanya kalian hanya diperbolehkan untuk jalan kaki, untuk itu ada baiknya parkirkan saja sepeda kalian di tempat yang sudah disediakan.

Temukan St. James's Café di dekat tempat parkir sepeda kalian. Deket banget, loh! Tinggal melangkah, hehehe. Kafe dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Kalian dapat memanjakan diri dengan meminum kopi atau teh ditemani dengan makanan klasik khas Inggris scrambled eggs di atas roti bakar untuk sarapan atau sandwich lezat dan salad untuk makan siang.

Sudah kenyang 'kan sekarang? Jangan lupa mampir ke The Blue Bridge ya! Biar seperti di film-film, hehehe.

5. Chelsea Physic Garden: Oldest Botanical Garden

Chelsea Physic Garden: Pond Rockery

Chelsea Physic Garden: Pond Rockery via http://www.britainexpress.com

Energi sudah terisi kembali! Kini waktunya melanjutkan kayuhan sepeda kalian untuk hari ini. Tebak kali ini kita mau ke mana?

Ya, benar. Chelsea Physic Garden!

Menghabiskan kurang lebih 15-20 menit untuk mencapai lokasi tidak akan membuatmu kecewa. Kebun raya ini terletak di sebelah Sungai Thames, loh! Dengan lebih dari 5000 jenis tanaman botani di dalamnya, dijamin kunjungan kalian kali ini akan sangat menyenangkan dan penuh kesejukan.

Parkirkan sepeda kalian di Royal Avenue dan berjalan kakilah ke arah kanan menuju ke Leonard's Terrace kemudian belok kiri menuju ke Ormonde Gate. Di akhir jalan Ormonde, beloklah ke arah kanan dan ikuti jalan menuju ke Chelsea Physic Garden. Oh ya, pastikan untuk selalu mengecek official website mereka sebelum berkunjung.

Jikalau kalian masih lapar dan/atau ingin mencicipi sesuatu di kebun raya ini maka homemade cake di Tangerine Dream Cafémerupakan pilihan yang tepat. Menurut pengunjung yang sudah sering kali ke sini, secangkir teh dengan hidangan manis dan gurih adalah hal yang wajib dicoba! Jadi, tunggu apalagi?

Sudah puas 'kan bersepeda di sepanjang taman hari ini? Belum? Baiklah, besok kita cari rute lain untuk keliling London!


Luangkan sedikit waktu untuk melihat sekelilingmu dan alammu.

Waktu tidak dapat bergulir kembali, nikmatilah!

#AyoKeUK


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya