Review stadium sepak bola di ibu kota Britania

Bila kita menyebut sepak bola sebagai olah raga paling digemari di dunia mungkin London layak disebut sebagai ibu kota sepak bola dunia.

Bukan tanpa alasan London layak menyandang gelar prestisius tersebut, kota tersibuk di Eropa itu memiliki jumlah stadion sepak bola lebih banyak dari kota manapun di dunia. Madrid boleh berbangga dengan 2 klub besar yang bermarkas di kota tersebut sepert Real Madrid dan Atletico Madrid. Manchester boleh mengklaim bahwa Manchester United dan Manchester City merupakan klub paling sukses di ranah premier League. Tapi jika kita bicara jumlah, saya rasa London lah juaranya.

Sepak bola boleh di klaim sebagai olahraga paling populer di jagat, hal ini dapat kita lihat dari gaung Piala Dunia yang sangat menggema, suatu penelitian bahkan menyatakan bahwa bahkan pada saat gelaran piala dunia angka kriminalitas diseluruh dunia menurun, atmosfer perebutan si kulit bundar ini mampu menyihir segala lapisan publik. Sepak bola menyatukan tua dan muda, si kaya dan si miskin, bahkan perbedaan politik dan agama dapat disatukan selama 2x45 menit di lapangan hijau.

Uniknya hal ini sangat mirip dengan kota London itu sendiri, kota ini bagaikan melting pot yang menyatukan berbagai kebudayaan dan latar belakang, berpadu manis layaknya sepak bola.

Total terdapat 22 stadium sepak bola di area London, dengan jumlah total 21 klub. Tentunya ini suatu angka yang fantastis mengingat bahkan di kota sebesar dan sepadat Jakarta saja jumlah stadion stadium yang layak hanya dapat dihitung dengan jari, bahkan jari 1 tangan. sementara di London terdapat stadion sepak bola yang (mungkin) paling terkenal sejagat "Wembley" sampai stadium kecil berkapasitas 5000 penonton di "The Hives".

Berikut 7 stadium terbesar yang patut kamu kunjungi di London

#AyoKeUK #OMGB #WTGB

1. Wembley Stadium

Wembley stadium

Wembley stadium via http://shutterstock.com

Siapa tidak kenal dengan stadion angker kandang The three Lions ini, Wembley berkapasitas 90.000 penonton dan dapat dijangkau 30 menit saja menggunakan tube dari King's Cross station. Stadion ini wajib menjadi salah satu obyek kunjunganmu di London.

2. Stamford Bridge

Stamford Bridge Stadium

Stamford Bridge Stadium via http://shutterstock.com

Kandang London biru ini terletak di Fulham area, London Selatan. wakatu yang dibutuhkan untuk mencapai stadium berkapasitas 40.000 orang ini dari King's Cross station sekitar 40 menit. Bagi kamu penggemar Chelsea sejati, tempat ini tentunya tidak boleh kamu lewatkan.

3. Emirates Stadium

Emirates Stadium

Emirates Stadium via http://shutterstock.com

Advertisement

Fans The Gunners pasti mengimpikan suatu saat duduk dan mendukung Arsenal di stadium ini. stadium berkapasitas 60.000 penonton ini terkenal sakral, dan menjadi kandang baru bagi meriam London setelah Highsbury.

4. White Hart Lane

White Hart Lane

White Hart Lane via http://wikipedia.com

Stadium berkapasitas 36000 penonton ini menjadi saksi ketajaman bomber andalan the spurs, Harry kane, musim ini. Untuk dapat menjangkau stadium ini dibutuhkan sekitar 35 menit dari King's Cross Station, pilihan lainya adalah dengan menggunakan bus.

5. London Stadium

London Stadium

London Stadium via http://wikipedia.com

West Ham United bermarkas di stadium yang terletak di daerah Stratford London ini. kapasitasnya mampu menampung 60.000 fans berat The Hammers yang terkenal sangat mencintai tim mereka.

6. Selhurst Park

Selhurst Park

Selhurst Park via http://shutterstock.com

Advertisement

Stadium berkapasitas 26.225 tempat duduk ini menjadi kandang Crystal Palace,salah satu klub Premier League yang saat ini ditangani Roy Hodgson,mantan arsitek tim nasional Inggris. Terletak dipinggiran London,dibutuhkan waktu kurang lebih 50 menit untuk mencapai stadium ini dari pusat kota.

7. Craven Cottage

Craven Cottage

Craven Cottage via http://shutterstock.com

Stadium yang juga terletak di tepian kota London ini menjadi kandang Fulham. Dibutuhkan waktu hampir satu jam dari pusat kota untuk mencapai stadium berkapasitas 25.700 tempat duduk ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya