Apa sih yang membuat kamu tertarik memulai perjalanan karirmu di startup dan menjadi bagian dari #startuplife?

Ketika ngomongin tentang startup dan korporat, pasti sudah tahu dikit-dikit dong mengenai betapa banyaknya perbedaan antara kedua jenis perusahaan itu? Perusahaan korporat, apalagi yang besar, menawarkan gaji yang stabil, tempat kerja yang wow, dan jam kerja tetap. Di sisi lain, ada keuntungan yang bisa diambil ketika startup yang benar-benar sedang berkembang belum bisa menawarkan gaji yang menggiurkan. Misalnya nih, kamu bisa mengatur jam kerja sendiri, dapat snack or cemilan, bahkan bisa tidur siang sebentar setelah makan siang!

Sudah banyak lho, cerita tentang suka dan duka saat bekerja di startup. Namun, tampaknya ini tidak mengurangi antusiasme para generasi muda atau millenials untuk bergabung bersama startup. Kehidupan sebagai penggiat startup mungkin terlihat seperti lagi main roller coaster, namun kamu punya banyak kesempatan untuk belajar hal baru! Kamu bisa belajar lebih bertanggung jawab dan menambah wawasan tentang hal-hal yang sebelumnya kamu sama sekali nggak tahu!

1. Melakukan pekerjaan sebenarnya

Do real work

Do real work via http://www.quickmeme.com

Kamu yang bekerja di startup akan diharuskan untuk mempunyai inisiatif untuk pertumbuhan startup. Selain itu, kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah kamu perjuangkan di masa kuliah supaya benar-benar bisa do the real work. Nggak ada yang namanya ngepel, jadi tukang beliin makan, kecuali ada tugas piket ya, hihi. Mengingat keterbatasan anggota tim, kamu diharuskan memberikan kemampuanmu yang terbaik.

2. Tanggung jawab yang lebih besar

greater responsibility

greater responsibility via http://memes.com

Memang, saat bekerja di startup kamu punya banyak kebebasan. Tapi ini nggak berarti bahwa kamu bermalas-malasan saja kan. Jadi, kamu punya tanggung jawab yang lebih besar terhadap dirimu sendiri. Nggak ada yang akan mendikte kamu cara untuk mencapai target yang justru membuat kamu bisa belajar dan mencoba hal-hal baru.

3. Belajar langsung dari founders

learn from the expert

learn from the expert via https://www.theseoshop.com.au

Advertisement

Kamu bisa mendapatkan hal yang jarang bisa didapatkan jika kamu bekerja untuk korporat! Yaitu, bisa belajar langsung dari para pendiri startup tempat kamu bekerja. Pengusaha-pengusaha itu terkenal akan ide-ide yang kreatif dan revolusioner. Mereka bisa menjadi sumber belajarmu! Kerja bareng, dapat ilmu pula.

4. Dikenal atau diakui

be recognized

be recognized via http://www.quickmeme.com

Sangat sulit untuk bisa dikenali jika kamu kerjanya di perusahaan korporat, apalagi yang besar. Tapi kalau kerja di startup, itu nggak berlaku lho! Misalnya, ada proyek yang kamu kerjakan berhasil dan mencapai target, teman kerja bahkan atasanmu akan mengirimkan email ucapan selamat atau sekadar menghampirimu dan menyemangatimu. Memang sih, ini kelihatannya sederhana. Tapi ini sangat penting lho, supaya kamu tetap semangat kerja terus!

5. Semua dimulai dari kamu

starts from you

starts from you via http://repoindustry.com

Saat bekerja di korporat, kamu harus menyesuaikan diri dengan hal-hal yang memang sudah dari lama berlaku. Banyak lho, kasus orang-orang yang resign karena nggak betah sama budaya kerja suatu perusahaan. Nah, kalau di startup, kamu bisa saja jadi orang menghidupkan nyawa startup tersebut. Ini membuat pekerjaan lebih menyenangkan dan kamu pun lebih nyaman!

6. Tunjukkan inovasimu

innovative minds

innovative minds via http://blog.startupjobs.asia

Advertisement

Karena keterbatasan modal, kamu bisa saja diminta untuk menyelesaikan misi yang nampaknya amat sangat tidak mungkin. Misalnya, memasarkan produk atau jasa tanpa mengeluarkan biaya. Nah, disinilah tantangan bekerja di startup! Kamu bisa memulai menunjukkan ide-ide kreatif dan inovatif yang dulu hanya kamu pikirkan tanpa dilaksanakan.

7. Work more, Earn more

earn more

earn more via https://imgflip.com

Masa-masa awal kerja, kamu mungkin harus rela menerima gaji nggak seberapa dengan tanggung jawab yang sama dengan orang-orang yang kerja di korporat. Bahkan bisa saja ada pemotongan gaji di saat-saat tertentu. Tapi jangan lupa, startup menawarkan equity loh! Jadi saat nanti startup berkembang pesat, kamu bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan pembagian dari hasil keuntungan.

8. Membangun startup mu sendiri!

Apakah kamu bermimpi untuk bisa membangun perusahaanmu sendiri? Jika iya, bergabung bersama startup adalah langkah yang tepat untuk memulai dan mewujudkan mimpimu itu! Kamu jadi punya pengalaman gimana menjalankan startup, kan!

Dari hal-hal tersebut, kamu bisa belajar dan mengamati bagaimana organisasi startup berjalan. Sekarang pertanyaannya, apakah kamu siap untuk menghadapi tantangan? Share pengalamanmu bekerja bersama startup, yuk! Selamat berpetualang!

Terbit pertama kali di : http://bit.ly/mengapa-kamu-harus-bekerja-di-startups

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya