Banyak yang mengganggap bahwa hunian berukuran mungil tak bisa membebaskanmu untuk bereksplorasi. Padalah, kamu tetap bisa menciptakan desain interior nyaman dengan sentuhan personal yang asyik meskipun luas hunianmu terbatas. Pada artikel ini, Dekoruma akan membagikan referensi penataan rumah mungil tanpa sekat yang bisa kamu adaptasi. Kamu penasaran? Simak artikel ini selengkapnya, ya!

1. Bersatunya dua ruangan melalui konsep open plan

Bersatunya Dua Ruangan Melalui Konsep Open Plan

Bersatunya Dua Ruangan Melalui Konsep Open Plan via http://dekoruma.com

Konsep open plan sangat ideal untuk diadopsi sebagai desain interior rumah ataupun interior apartemen berukuran mini.

Advertisement

Di sini, kamu bisa menyatukan dua fungsi ruangan tanpa sekat permanen seperti ruang tamu dan area makan. Namun, tetap perhatikan pemilihan furnitur karena berperan sebagai penanda fungsi ruangan, misalnya penggunaan sofa yang dilengkapi karpet dan set meja makan.

2. Ruangan dengan furnitur multifungsi

Ruangan dengan Furnitur Multifungsi

Ruangan dengan Furnitur Multifungsi via http://dekoruma.com

Pemilihan furnitur yang efisien juga dapat mempengaruhi kenyamananmu di dalam hunian.

Seperti hasil karya dari salah satu desainer Dekoruma berikut ini, di mana penggunaan furnitur multifungsi seperti tempat tidur dengan rak penyimpanan dan penempatan sofabed sangatlah efektif memberikan ruang gerak maksimal sehingga penghuni merasa lebih leluasa.

3. Ruang fungsional melalui lantai mezanin

Ruang Fungsional Melalui Lantai Mezanin

Ruang Fungsional Melalui Lantai Mezanin via http://dekoruma.com

Advertisement

Meskipun ukuran hunianmu terbatas, namun tambahan ruang privasi tetap dibutuhkan.

Tanpa harus merombak rumah ataupun menambah jumlah lantai bangunan, kamu bisa menciptakan ruang tambahan di dalam rumah melalui lantai mezanin untuk dimanfaatkan sebagai area ruang keluarga maupun ruang kerja. Agar tak sesak, minimalkan penggunaan perabotan di area tersebut dan berikan area bukaan yang cukup sehingga sirkulasi udara dan cahaya bisa tersebar secara lancar.

4. Hunian sehat dengan bukaan besar

Hunian Sehat dengan Bukaan Besar

Hunian Sehat dengan Bukaan Besar via http://dekoruma.com

Penempatan bukaan dalam jumlah cukup diperlukan pada setiap rumah. Terlebih pada hunian berukuran kecil yang sangat memerlukan bukaan sehingga ruangan bebas lembab dan pengap.

Seperti pada gambar, penempatan jendela berukuran besar pada ruang keluarga dapat menyalurkan udara secara optimal, sekaligius dapat memberikan pencahayaan alami sehingga anggota keluarga bisa tetap merasa nyaman saat berkumpul.

5. Pemilihan cat yang tepat untuk kesan luas

Pemilihan Cat yang Tepat untuk Kesan Luas

Pemilihan Cat yang Tepat untuk Kesan Luas via http://dekoruma.com

Pada desain interior hunian berukuran kecil, pemilihan cat sangat perlu diperhatikan. Sebagai referensi, silahkan pilih cat berwarna netral seperti putih yang dapat memantulkan cahaya secara optimal sehingga ruangan terkesan lebih lega.

Agar tak monoton, kamu bisa memasang aneka dekorasi menarik, salah satunya dekorasi bergaya Skandinavian yang dapat membuat hunian tampak estetik dan trendi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya