Istilah kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang)  tidak lagi asing di mata mahasiswa, julukan ini kerap kali disematkan pada mahasiswa yang tidak bergabung dalam organisasi di dalam maupun di luar kampus, mahasiswa kupu-kupu sering dipandang sebelah mata karena keputusan untuk tidak bergabung di sebuah organisasi dianggap akan berdampak buruk pada masa depan, banyak pihak akan berkomentar  "nanti sulit dapat pekerjaan kalau  tidak ikut organisasi", tentu saja komentar ini akan membuat semangat mahasiswa  Kupu-Kupu down.

 

Tidak bergabung organisasi bukan berarti tidak punya kesempatan untuk mendapat pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri mahasiswa Kupu-Kupu lebih banyak memiliki waktu luang dibandingkan dengan mahasiswa yang bergabung di organisasi, untuk itu banyak waktu yang bisa digunakan untuk tetap meningkatkan kompetensi diri melalui banyak hal agar tetap mampu bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

 

Bagi kamu yang sudah memutuskan untuk  tidak bergabung dalam organisasi jangan takut dan jangan bimbang, lakukan hal hal keren ini agar kamu tetap mampu bersaing .

1. Join Volunteer Kepanitiaan

volunteer Asean Games 2018

volunteer Asean Games 2018 via http://r.search.yahoo.com

Biasanya di kampus kamu ada event besar yang sering membutuhkan volunteer untuk masuk ke dalam kepanitiaan, nah kamu bisa join di kepanitiaan tersebut. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, selain kamu dapat ilmu teamwork kamu akan juga dapat pengalaman berkolaborasi fikiran dengan orang banyak, selain itu waktunya pun tidak terikat, setelah event selesai susunan kepanitiaan dibubarkan, ini bisa mem- back up walaupun kamu tidak bergabung dengan organisasi terikat.

2. Kejar Prestasi Akademik

Juara Pimnas

Juara Pimnas via http://r.search.yahoo.com

Nah untuk yang satu ini,selain kamu harus giat belajar untuk mendapatkan IPK bagus, kamu juga bisa ikut berbagai macam jenis perlombaan yang sesuai dengan passion kamu, kamu ga harus melakukan sendiri tapi kamu bisa berkolaborasi dengan teman teman kamu. Banyak sekali jenis lomba yang bisa kamu ikuti.

3. Entrepreneur

mahasiswa wirausaha

mahasiswa wirausaha via http://r.search.yahoo.com

Advertisement

Berwirausaha sudah semakin menjadi trend di kalangan mahasiswa, tidak harus memiliki outlet tapi cukup dengan smartphone kamu sudah bisa menjadi entrepreneur, jangan takut untuk memulai dan jangan bingung apa yang akan dijual, kamu bisa mulai dengan sisterm reseller.

Dijamin menguntungkan karena waktu luangmu menghasilkan uang. Jika menjadi seorang wirausaha kamu tidak perlu mencari pekerjaan, kamu yang akan memperkerjakan.

4. Asah Skill

keyboarding skill

keyboarding skill via http://r.search.yahoo.com

Advertisement

Waktu luang yang kamu miliki bisa kamu menekuni hobi kamu atau juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah ketrampilan kamu, misalnya les bahasa inggris untuk mendapatkan toefl yang tinggi, belajar menjahit siapa tahu dapat menghasilkan uang, belajar memasak, belajar mengetik sepuluh jari, dan masih banyak hal hal yang dapat dilakukan untuk membuat waktu luangmu menjadi produktif dan tentunya menguntungkan bagi masa depanmu.

5. Kerja Part Time

kerja part time

kerja part time via http://r.search.yahoo.com

Kamu juga bisa kerja part time untuk menambah uang jajan, sayang sekali kalau waktu luangmu tidak kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan, cari pekerjaan yang tidak terlalu berat agar kuliahmu tidak terganggu dan juga cari tempat kerja yang dekat dengan tempat tinggalmu atau kamu juga bisa memanfaatkan pengetahuanmu untuk jadi guru les.

6. Menulis di Hipwee

menulis artikel di hipwee

menulis artikel di hipwee via http://r.search.yahoo.com

Menulis di Hipwee juga bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan waktu luangmu, selain gratis kamu juga bisa belajar menulis artikel yang bisa kamu bagikan kepada pembaca setia hipwee, artikel yang berhasil diterbitkan juga bisa menjadi pencapaian menarik buat diri kamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya