Mahasiswa Pasti Ingin Lulus Tepat Waktu, Berikut 5 Tips Lulus Tepat Waktu Memperoleh Gelar Sarjana!

Tugas akhir, tepat waktu, sarjana muda

Setiap mahasiswa yang sudah dihadapkan dengan semester akhir, dituntut untuk menyelesaikan skripsi untuk mendapatkan gelar sarjana. pandemi membawa dampak positif dan negatif bagi para mahasiswa akhir, dampak positifnya semua urusan dapat dilakukan dengan via online tanpa tatap muka seperti bimbingan online kepada dosen pembimbing. Dampak negatifnya tidak ada nuansa perjuangan dikarenakan di rumah masing-masing sehingga banyak yang terlena santai tanpa menyelesaikan.

Semua ingin tamat tepat waktu dan memperoleh gelar sarjana. berikut ini 5 tips tamat tepat waktu dengan gelar sarjana

Advertisement

1. Niat

Photo by George Dolgikh @ Giftpundits.com from Pexels

Photo by George Dolgikh @ Giftpundits.com from Pexels via https://www.pexels.com

Berasal dari niat, ketika di tengah jalan ingin nyerah maka ingatlah target awal agar niat lurus kembali. Niat ini di katakan dalam hati 

Aku Harus Lulus dan Jadi Sarjana, AKU PASTI BISA. 

Advertisement

Kemudian pasang target kapan harus selesai, target ini semua dorongan dan semangat ada dedline yang ingin di kejar dan disemogakan segera sebelum lewat batas yang ditentukan. 

2. Beraksi

Photo by Julia M Cameron from Pexels

Photo by Julia M Cameron from Pexels via https://www.pexels.com

Mulai beraksi dari awal, lakukan apa yang bisa dilakukan. jangan menunggu nanti, ketika sudah difase bersantai mengembalikan mood untuk bangkit itu susah, jadi tetaplah berjalan walau setapak demi setapak. Tidak bisa berjalan cepat, maka pelan-pelan, jika tidak bisa pelan maka perlahan jangan sampai berhenti. perlahan asal pasti dan rutin maka akan selesai juga. 

Advertisement

Di fase berusaha ini, kita sering dapati permasalahan. Di sinilah peran niat dan target tadi berfungsi, jika di hadapkan dengan masalah jangan sampai menyerah, ingat niat dan target yang sudah dipasang. berprinsiplah bahwa setiap orang memiliki jalan berjuangnya masing-masing, yakin bahwa bisa terlewati. 

Biasa masalah yang dihadapi bisa berhubungan dengan tempat penelitian, dengan dosen penguji atau pembimbing, tak kunjung di Acc, dan lainnya. 

3. Menerima Tantangan

Photo by energepic.com from Pexels

Photo by energepic.com from Pexels via https://www.pexels.com

Setiap kampus berbeda -beda tahapan untuk sampai masa mendapat ijazah, karena selesai sidang meja hijau masih banyak tahapan yang dihadapi. tahapan demi tahapan dijalani tanpa mengeluh, kita bisa tanya teman atau senioran yang dianggap lebih mampu untuk bertanya hal yang gak kita tau terkait tugas akhir, dari mulai pemberkasan sampai tata cara penyusunan proposal hingga skripsi. 

Terkadang beda kampus beda metodenya, beda dosen penguji beda metodenya, beda jenis penelitian juga beda metodenya. Di sinilah letak tantangannya, jangan sampai nyerah gitu aja bahwasanya ketika nanti sudah saatnya terlewati ini akan menjadi kesan dan pengalaman yang berharga. jangan sampai putus asa ditengah jalan, coba review beberapa semester yang sudah terlewati dengan jalan panjang, ini tinggal selangkah lagi. ingat bahwa butuh krikil tajam untuk sampai di titik sukses, gak ada usaha yang sia-sia bahwa usaha gak ngianati hasil.

4. Minta Restu Orang Tua

Photo by Feedyourvision from Pexels

Photo by Feedyourvision from Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu doa yang diperdengarkan Allah adalah doa orang tua. Orang tua menginginkan anaknya sukses dalam setiap segi kehidupannya termasuk pada fase tugas akhirnya. minta restu dan doa mereka, karena kekuatan terbesar dan ridho terbesar ada ditangan orang tua.

5. Doa

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Photo by RODNAE Productions from Pexels via https://www.pexels.com

Usaha harus dibarengi dengan doa, berdoa agar Allah mudahkan setiap langkah demi langkah dan lancar sampai tahap akhir. seperti dimudahkan untuk mendapat ACC, dimudahkan penelitian, dilancarkan ketika seminar dan sidang. 

Itulah tadi 5 cara agar tamat tepat waktu agar mendapat gelar sarjana. karena gak akan sampai ke tahap sidang meja hijau kalau gak pakai usaha yang keras.

  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Setiap orang memiliki jalan hidup masing-masing, nikmati semua proses sebagai pembelajaran untuk perbaikan hidup kedepannya.

CLOSE