Makanan Khas Jakarta untuk Berbuka Puasa

Selama bulan Suci Ramadhan, umat Islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh, setiap hari dari subuh hinga magrib. Selama bulan Ramadhan, umat Islam diharapkan untuk menghindari pikiran yang tidak baik dan perilaku buruk.

Ketika tiba saatnya untuk berbuka puasa, umat Islam di Indonesia biasanya mengonsumsi minuman panas atau dingin serta makanan ringan manis atau asin khas Indonesia untuk memungkinkan perut berkerja perlahan menyesuaikan diri dengan makanan setelah berpuasa selama lebih dari 12 jam.

Salah satu hal yang paling menarik dari Ramadan di Indonesia adalah beberapa makanan khas Indonesia yang tersedia hanya selama bulan Ramadan. Berikut beberapa makanan khas yang ada selama bulan Ramadan yang ada di Jakarta.

Advertisement

1. Gorengan

Apapun jenis gorengannya itu sudah seperti makanan khas berbuka puasa yang wajib tersedia di kalangan masyarakat Jakarta. Gorengan itu ibarat pengganjal sekaligus pertolongan pertama untuk mengatasi rasa lapar. Disandingkan dengan jajanan pasar, gorengan juga biasanya dikonsumsi dengan lontong atau lemper.

2. Kolak

Kolak merupakan hidangan berbuka yang sangat populer selama bulan Ramadan karena rasanya yang manis dan sangat dianjurkan untuk meningkatkan kadar gula dara setelah melalui periode puasa selama  12 jam lebih.

Advertisement

Kolak sebenarnya adalah minuman berbahan dasar santan yang dicampur dengan gula aren, vanilla, daun pandan dan diisi dengan irisan pisang, ubi dan kolangkaling. Selama bulan puasa, kamu dapat menemukan kolak di sebagian besar penjual kaki lima di pinggir jalan Jakarta.

3. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda via http://dokumentasi.pribadi

Es kelapa muda adalah menu sedehana namun bisa mengobati dahaga yang kamu rasakan setelah seharian berpuasa. Menu ini terbuat dari air dan daging kelapa muda dan kadang di tambahkan beberapa bahan lain seperti sirup atau gula cair sebagai penambah rasa manis.

Selain sebagai penghilang dahaga, es kelapa muda juga memiliki banyak manfaat seperti untuk menggantikan cairan tubuh, membersihkan racun di dalam tubuh manusia, hingga menyehatkan kulit.

Advertisement

4. Bubur Pacar Cina

Bubur Pacar CIna

Bubur Pacar CIna via http://www.resepbundahaifa.com

Bubur pacar cina menjadi salah satu sajian wajib saat berbuka puasa di kalangan masyarakat Betawi sejak dulu. Sajian ini terbuat dari tepung sagu yang di keringkan lalu di potong-potong menjadi bagian kecil dan di campur dengan kuah santan. Bubur manis ini juga di kenal dengan nama bubur mutiara atau bubur sagu mutiara.

5. Kue Talam

Kue talam merupakan salah satu jajanan tradisional khas Jakarta yang sangat cocok untuk berbuka puasa. Jajanan ini mudah ditemui di pasar tradisional maupun tempat penjual kaki lima di pinggir jalan selama bulan Ramadan. Kue talam ini terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, gula merah, santan dan daun pandan. Kue talam juga memiliki berbagai macam rasa dan warna tergantung pada cara pembuatannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Teuku Muhammad Zidane Hilmi atau yang biasa disapa dengan nama Zidan, merupakan Mahasiswa dari Institute Bisnis Nusantara

CLOSE