8 Makanan yang Kaya Nutrisi untuk Hidrasi Kulit. Selamat Tinggal Kulit Kering dan Kusam Selama Puasa!

Tetap jaga kesehatan kulit dari dalam selama puasa

Saat berpuasa kita diwajibkan untuk menahan hawa nafsu, termasuk haus dan lapar dari matahari terbit hingga tenggelam. Salah satu yang sering jadi kendala adalah kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Ini dapat diatasi dengan minum air putih yang cukup. Selain itu kita juga dapat memakan makanan dengan kandungan air yang tinggi untuk membantu rehidrasi. Pada artikel kali ini, kami rangkumkan makanan dengan kandungan air yang tinggi untuk hidrasi kulit cantikmu.

Advertisement

1. Mentimun

Timun Jepang foto oleh Angele J dari Pexels

Timun Jepang foto oleh Angele J dari Pexels via https://www.pexels.com

Menurut Medical News Today, sebanyak 96,73% kandungan dalam timun adalah air sehingga baik untuk hidrasi. Hidrasi yang baik dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Timun juga kaya akan vitamin B yang baik untuk melawan jerawat.

Selain itu timun juga merupakan anti oksidan yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Fat Secret dalam 100 gram mentimun hanya mengandung 12 Kkal, sehingga makanan ini cocok untuk anda yang sedang menjaga berat badan.

Advertisement

2. Tomat

Tomat Foto oleh Julia dari Pexels

Tomat Foto oleh Julia dari Pexels via https://www.pexels.com

Kandungan air dalam tomat juga cukup tinggi sekitar 94,52% sehingga dapat membantu menghidrasi tubuh. Dilansir dari Healthline tomat juga kaya akan beta karoten, likopen serta lutein yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan mencegah kerutan.

Berdasarkan Medical News Today, konsumsi tomat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mata, menjaga tekanan darah tetap normal, serta mencegah konstipasi. Kandungan vitamin C dan A dalam tomat juga bermanfaat sebagai anti oksidan serta menjaga kesehatan kulit.

3. Semangka

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Foto oleh cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu buah yang cukup populer di Indonesia ini ternyata mengandung 91.54% air serta mengandung elektrolit seperti potasium, sehingga baik untuk memberikan hidrasi pada tubuh.

Dilansir dari Medical News Today semangka juga mengandung vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit dan anti oksidan. Kandungan air yang tinggi serta fiber dalam semangka dapat melancarkan percernaan dan mencegah konstipasi.

4. Bayam

Semangkuk daun bayam foto oleh Jacqueline Howell dari Pexels

Semangkuk daun bayam foto oleh Jacqueline Howell dari Pexels via https://www.pexels.com

Dilansir dari Medical News Today, bayam mengandung 91.4% air dan mineral seperi zat besi, kalsium, dan magnesium yang baik untuk menghidrasi. Bayam bermanfaat untuk mencegah anemia, manjaga kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, serta menurunkan tekanan darah.

Vitamin C dan A dalam bayam juga membantu untuk menjaga kelembaban kulit dan menjaga kesehatan kulit. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram bayam mengandung 28,1 mg vitamin C, dimana memenuhi 34% dari rekomendasi harian vitamin C.

5. Blewah

Isi Blewah foto oleh Mathilde Langevin dari Pexels

Isi Blewah foto oleh Mathilde Langevin dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu buah yang selalu diburu setiap bulan Ramadhan yaitu blewah ternyata mengandung air sebanyak 90.15% serta kaya akan elektrolit. Kandungan ini baik untuk menghidrasi, menjaga kesehatan kulit, dan melancarkan pencernaan.

Dilansir dari Healthline, blewah kaya akan betakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Blewah juga mengandung fiber yang membuat kenyang lebih lama dan cocok untuk orang sedang diet.

6. Melon

Jus dan irisan melon foto oleh Any Lane dari Pexels

Jus dan irisan melon foto oleh Any Lane dari Pexels via https://www.pexels.com

Melon mengandung 89.82% air serta kaya akan elektrolit yang baik untuk menjaga cairan dalam tubuh. Melon juga tinggi akan Vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan sebagai anti oksidan. Melon juga mengandung folat, vitamin K, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang.

7. Wortel

Wortel yang baru dipanen foto oleh Markus Spiske dari Pexels

Wortel yang baru dipanen foto oleh Markus Spiske dari Pexels via https://www.pexels.com

Dilansir dari Medical News Today, wortel kaya akan air (88.29%) dan tinggi akan vitamin A. Vitamin A atau beta karoten merupakan anti oksidan yang baik untuk mencegah kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

Berdasarkan Healthline, dalam 250 ml jus wortel mengandung 20% vitamin C, nutrisi yang larut dalam air untuk membantu produksi kolagen. Kolagen baik untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Kombinasi antara vitamin C dan A merupakan kombinasi yang baik untuk menangkal efek buruk dari sinar ultraviolet.

8. Brokoli

Semangkuk irisan brokoli foto oleh Cats Coming dari Pexels

Semangkuk irisan brokoli foto oleh Cats Coming dari Pexels via https://www.pexels.com

Dilansir dari Medical News Today, brokoli merupakan sayuran yang mengandung air yang cukup tinggi yaitu sebesar 89.3%. Berdasarkan BBC Good Food, brokoli mengandung vitamin A, C, E, K serta protein, fiber, dan mineral.

Brokoli bermanfaat untuk kesehatan jantung, tulang, dan mata serta dapat mencegah kanker. Dilansir dari Healthline, brokoli juga mengandung lutein yang dapat kulit dari radikal bebas yang dapat membuat kulit mudah kering dan keriput.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

You can be gorgeous at thirty, charmimg at forty, and irresistible for the rest of your life. Coco Chanel

CLOSE