Semangat nulis skripsi itu kadang naik kadang juga turun, saking turunnya sampai lupa buat ngerjain ahaha. Macam-macam memang kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi mulai dari masalah eksternal seperti pembimbing yang mungkin nggak sejalan dengan pemikiran kita, kadang banyak maunya juga biar skripsi kita jadi sesempurna mungkin dan yang paling bikin hopeless adalah sulit ditemuin jadi bimbang dan tak tentu arah mau bimbingan.

Lalu data skripsi yang sulit di dapet biasanya sih yang kualitiatif kendala di narasumber untuk wawancara dan kuantitatif butuh waktu mengolah data dan ngejelimet cara ngolahnya. Dan masalah internal ini sih yang paling besar kendalanya yaitu kemauan dalam diri sendiri untuk menyelesai skripsi itu mungkin lebih memilih prioritas lain dari yang positif seperti kegiatan organisasi ataupun seperti lebih banyak nge game atau sosial media atau biasa maraton drama Korea waaah..

Ini nih yang bahaya, ini ada beberapa tips dari Hipwee buat kalian.

1. Satuin Pola Pikir Kalian Dengan Dosen Pembimbing

Ini merupakan hal yang penting buat kelancaran skripsi kalian, sampaikan saja pendapatan kalian mengenai tujuan penilitian yang akan kalian jalanin supaya pembimbing kalian mengerti dan memahaminya dan dengan mudah mengarahkan kalian dalam menyelesaikan skripsi.

Memiliki pola pikir yang searah dengan pembimbing bisa membuat kalian termotivasi lho karena biasanya mereka akan kasih support juga buat kalian.

2. Pendekatan Dengan Senior

Advertisement

Bukan pendekatan buat cari pacar lho yaaa, pendekatan dengan senior ini dimaksut untuk dapat memudahkan kalian dalam mencari narasumber dan mengolah data karena senior lah yang merasakan apa yang kalian rasakan terlebih dahulu, biasanya mereka lebih banyak link untuk membantu kalian dalam mencari narasumber.

Mereka juga akan sharing referensi perusahaan yang bersedia mengisi kuisioner kalian dan membantu kalian bagaimana mengoalah data kalian, terakhir jika beruntung dari skripsi bisa jadi resepsi. Upss..

3. Kurangi Kegiatan di Luar Skripsi

Hal ini di maksud biar kalian lebih fokus terhadap skripsi kalian, karena skripsi butuh waktu ekstra, tenaga ekstra dan pikiran yang juga ekstra.

Advertisement

Dengan banyaknya kegiatan kalian maka fokus kalian akan terpecah yang berpengaruh terhadap pengerjaan skripsi kalian menjadi kurang maksimal cuma ini optional sih selama kalian bisa bagi waktu, tenaga dan pikiran antara skripsi dan kegitan kalian, jalanin aja.

4. Uninstal Game, Sosmed dan Hapus Drama Korea

Agak ekstrem sih untuk hal ini buat kalian para gamers dan yang sering eksis di sosmed. Cuma coba deh kalian pikirin lagi berapa banyak waktu yang kalian gunakan untuk nge game buka sosmed dan nonton drama korea pasti bukan waktu yang sebentar bukan?

ingat deh kalian punya prioritas dan tanggung jawab yang kalian harus selesaiin dengan kalian yang nggak memaksakan diri kalian maka kalian akan terlena dengan waktu.

5. Cari Tempat yang Nyaman Buat Kalian

Sweat Room

Sweat Room via https://medium.com

Bukan hati lho yaa, hehehe tempat yang nyaman bisa banyak menumbuhkan inspirasi dalam kalian menulis skripsi. Gimana yaa cara menemukan tempat yang nyaman?

Bisa dengan hal sederhana seperti ubah kamar atau kost kalian yang bisa bikin mood kalian naik atau cari tempat tongkrongan yang cozy buat kalian nulis, dijamin rasa males kalian berkurang deeh!!

6. Let’s start 2 minute

Let's Try !

Let's Try ! via https://www.google.com

Nah, salah satu cara buat kalian yang males banget sama skripsi mungkin udah mulai lelah dan memasuki ambang batas lanjut atau nggak, mulai coba biasaiin deh buat buka atau ngerjain skripsi mulai dengan 2 menit ajaa dulu nggak perlu berekspetasi standby berjam-jam.

Karena dengan mencoba 2 menit untuk fokus maka energy kalian akan mengalir tanpa sadar sedikit banyak kalian telah mencoba nyelesaikannya kalau mulai jenuh kalian bisa sambil dengan musik buat refreshing yang penting tetap jalan daripada diam di tempat.

7. Buat Motivasi dan Tempel di Laptop

Fokus your target

Fokus your target via https://www.google.com

Yakin dengan hal ini apapun kendala nya pasti kalian tahan banting bertempur dengan skripsi, coba buat motivasi kalian dalam menyelesaikan skripsi misalnya kalian mau banget naik gunung atau jalan-jalan ke Jogja setelah skripsi, coba buat noted deh di laptop kalian karena saat kalian jenuh nulis skripsi pasti kalian akan semangat lagi deh ngeliat noted tersebut atau pasang foto papa dan mama kalian jika mereka memang salah satu motivasi terbesar kalian dalam menyelesai kuliah, kalo berhubungan hal ini kalian pasti akan melakukan yang terbaik bukan buat mereka?

Itu dia tips-tips yang mungkin bisa membantu kalian dalam menyelesaikan skripsi dan bisa diterapkan buat kalian. Selesaikan apa yang kalian mulai coba lawan rasa malas kalian buat mereka yang mau melihat kalian wisuda. Kalian pasti bisa dan semangat selalu yaa ..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya