5 Manfaat Kecerdasan Emosional untuk Bantu Raih Tujuan Karir Kamu

Manfaat kecerdasan emosional untuk membantumu raih tujuan karir

Kecerdasan emosional atau dikenal dengan EQ (Emotional Quotient) lagi banyak dibahas sebagai soft skill yang dibutuhkan untuk berkarir di era sekarang ini. Seseorang dengan EQ yang baik punya kemampuan mengenali dan memahami emosi diri dan orang lain.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Pharmaceutical Education membuktikan bahwa kecerdasan emosional meningkatkan kemampuan seseorang untuk membuat keputusan dengan tepat, membangun dan mempertahankan hubungan kolaboratif, serta menangani stres secara efektif.

Berikut ini beberapa manfaat yang kamu dapatkan kalau memiliki kecerdasan emosional yang baik.

Advertisement

1. Kerja jadi lebih profesional

Photo by tonefotografia via freepik

Photo by tonefotografia via freepik via http://freepik.com

Kecerdasan emosional yang kamu punya bukan cuma pemahaman yang baik tentang diri kamu, tapi juga orang lain. Ini jadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kamu akan punya kemampuan kerjasama yang baik, pendekatan ke customer/klien, interaksi yang positif dengan rekan kerja, atasan, maupun kolega. Tentu semua itu akan mendukung kinerjamu jadi lebih maksimal dan profesional.

Advertisement

2. Punya hubungan sosial yang lebih baik

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Dalam berkarir relasi itu juga faktor penting untuk membawa kita menuju sukses, baik kamu yang masih mencari kerja maupun yang mau mengembangkan karirnya.

Kecerdasan emosional akan membantumu mendekatkan diri dengan banyak orang, dengan begitu kamu bisa berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang kamu mau. Hubungan yang baik di lingkungan kerja akan membuatmu lebih nyaman dan juga menurunkan risiko stres ketika bekerja.

3. Membuat keputusan dengan tepat

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Karena orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi mampu mengendalikan emosinya dan menjaga mood-nya agar tetap stabil, mereka gak akan mengambil keputusan dengan ceroboh. Mereka bisa lebih tenang dan berpikir jernih untuk melihat berbagai peluang.

4. Mampu menyelesaikan masalah dengan lebih baik

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Nggak jarang kita juga berhadapan dengan masalah di tempat kerja atau ketika menjalankan usaha. Punya konflik sama temen kantor, dikejar deadline yang mepet, customer yang rewel, omzet yang turun, dan sebagainya.

Kalau kamu punya kecerdasan emosional yang tinggi, kamu bisa mengatasi semuanya dengan baik bahkan pakai cara yang lebih kreatif.

5. Beradaptasi di segala kondisi

Photo by tiracharz via freepik

Photo by tiracharz via freepik via http://freepik.com

Di era pandemi saat ini, kita dihadapkan pada kondisi yang serba nggak pasti kapan akan berakhir. Sebagai pekerja, tantangannya juga lebih berat, karena perusahaan juga berjuang mati-matian mempertahankan bisnisnya.

Kemampuan beradaptasi di berbagai perubahan juga didukung kecerdasan emosional yang baik. Menyesuaikan diri, merangkul perubahan, dan berkembang bersama perusahaan.

Itu tadi penjelasan singkat dan beberapa manfaat kecerdasan emosional untuk mencapai tujuan karir. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE