Di Indonesia sayur bayam menjadi sayuran favorit bagi keluarga. Sayur bayam sangat memberikan manfaat positif bagi kesehatan ibu hamil, anak-anak usia dini, serta kesehatan otak dan lainnya. Bayam terbilang sangat murah dan mudah ditemukan disetiap wilayah Indonesia. Dipasar-pasar modern ataupun pasar tradisional dapat kita jumpai yang berlimpah ruah serta bermacam-macam jenisnya. Bayam  ada berbagai jenis yakni bayam hijau, bayam merah, dan bayam yang berduri disetiap lekuk  sudut antara pangkal daun dengan batangnya. Walaupoun memiliki beberapa jenis namun juga memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan tubuh kita.

 

1. Sayur Bayam Bermanfaat Untuk Perkembangan Janin

firdaus45.com

firdaus45.com via http://1.bp.blogspot.com

Ibu hamil sangat dianjurkan menjaga perkembangan sijanin yang lebih maksimal. Agar si janin dapat tumbuh kembang dengan sempurna dan tidak mengalami masalah pertumbuhan. Ibu hamil harus lebih berhati-hati terhadap makanan dengan pola gaya hidup sehat.

 

2. Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Firdaus45.com

Firdaus45.com via http://1.bp.blogspot.com

Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang harus diutamakan. Agar mata selalu sehat, kita harus tahu cara menjaga kesehatan mata yang benar. Sayur bayam memiliki manfaat yang tinggi terhadap kesehatan mata kita. Seperti yang telah kita lihat pada daftar tabel nilai gizi  diatas, kandungan jumlah vitamin A pada sayur bayam sangat berlimpah.
 

3. Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

firdaus45.com

firdaus45.com via http://4.bp.blogspot.com

Tulang merupakan organ terpenting dalam tubuh kita sebagai alat penyokong seluruh organ tubuh. Tanpa tulang organ tubu kita tidak akan berjalan makasimal. Maka dari itu kita harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tulang dari berbagai macam ganguan. Menjaga kesehatan tulang diperlukan jumlahh asupan kalsium yang cukup. 
 

4. Bermanfaat Untuk Mencegah kanker

sekedarinfo.com

sekedarinfo.com via http://www.google.co.id

Kandungan zat flavonoid yang terdapat pada sayur bayam ini mampu mengikat zat radikal bebas yang masuk pada tubuh penyebab penyakit kanker. Zat radikal bebas tersebut diantaranya adalah jenis karsinogen, dimana zat karsinogen ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Karsinogen ini merupakan benih atau cikal bakal timbulnya sel kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker kulit maupun kanker kolon (usus halus). 


 

5. Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

firdaus45.com

firdaus45.com via http://2.bp.blogspot.com

Sayur bayam sangat bermanfaat untuk mengurangi terjadinya penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah arteri penyebab penyakit jantung. Kandungan zat antioksidan pada bayam mampu mengontrol sirkulasi tekanan darah sehingga resiko timbulnya penyakit hipertensi dapat dicegah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya