Kegiatan berjalan kaki adalah hal yang remeh di sebagian pandangan orang. Namun dibalik itu ada hal-hal baik yang bisa diambil manfaatnya, apakah itu dari segi kesehatan fisik, mental dan lingkungan. Informasi mengenai manfaat dari jalan kaki pun seolah tertutupi dengan maraknya iklan produk transportasi di berbagai media.

Mungkin itu yang mempengaruhi orang banyak tergoda dengan kecanggihan motor atau mobil dan mulai melupakan manfaat dari berjalan kaki untuk kesehatan fisik, mental dan lingkungan. Sebenarnya apa saja sih manfaat jalan kaki? Yuk, kita cek bersama!

1. Membuat kamu teliti dalam mengamati lingkungan sekitar

Mengamati Lingkungan

Mengamati Lingkungan via https://google.com

Kamu akan dapat lebih banyak melihat lingkungan lebih detail dan nikmat. Mungkin saja kamu akan melihat bunga-bunga yang indah serta tanaman yang baru kamu ketahui. Warna daun dan bunga bisa membuat matamu jadi rileks. Karena beragam warna yang ada di sekitarmu. Oksigen yang dihasilkan dari tanaman dapat memberi asupan untuk paru-parumu.

Advertisement

2. Tidak bikin suara gaduh dan bising

Knalpot bikin bising

Knalpot bikin bising via https://google.com

Kebayangkan kalau ada banyak kendaraan bermotor lewat di depan rumahmu. Suara knalpot biasanya terdengar sampai berpuluh-puluh meter. Bandingkan saja dengan kita yang berjalan kaki, tak akan menghasilkan suara bising dan gaduh seperti suara knalpot.

Ini sangat bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang tenang. Kita tidak akan tahu kalau ada tetangga kita yang di masing-masing rumah ada yang sedang konsentrasi belajar, ibadah, tidur, apalagi sakit gigi. Khususnya bagi yang sakit, tentu ingin suasana yang tenang agar tidak menambah rasa sakit yang diderita.

Advertisement

Bandingkan saja kondisi di jalan raya yang penuh dengan kendaraan bermotor yang berlalu lalang dengan kondisi di lingkungan rumah Anda yang tanpa ada kendaraan bermotor artinya ada beberapa orang yang berjalan kaki saja. Bisa Anda simpulkan bahwa lebih menenangkan orang yang berjalan kaki kan?

3. Stres bisa berkurang

Berjalan kaki dapat mengurangi stres

Berjalan kaki dapat mengurangi stres via https://google.com

Bagi Anda yang sedang dilanda stres dan depresi tak perlu repot membeli obat penenang. Karena hal itu berakibat pada ketergantungan. Lakukan cara alami yaitu berjalan kaki santai. Aliran darah lebih lancar yang membawa nutrisi dan oksigen menuju sel. Ini sangat membantu dalam penurunan hormon stres. Saat Anda bernafas keluar dan masuk, bisa mengurangi rasa tegang lho!

4. Menambah produktivitas kamu

Produktivitas bisa bertambah dengan berjalan kaki

Produktivitas bisa bertambah dengan berjalan kaki via https://google.com

Berjalan kaki secara rutin dan teratur dapat membuat kamu lebih energik dan aktif dalam bergerak. Hal ini berdampak baik pada produktivitas kamu. Baik dalam hal pekerjaan kantor maupun di sekolah, daya ingat, reaksi, dan kelincahanmu jadi meningkat jauh dari sebelumnya.

5. Meningkatkan hubungan sosial

Berjalan kaki bisa menambah rasa sosial

Berjalan kaki bisa menambah rasa sosial via https://google.com

Berjalan bisa membantu kamu membangun dukungan sosial dan mendapat teman baru yang akan mendorong kamu untuk berjalan setiap hari. Kamu akan menantikan pertemuan dengan mereka. Selain itu, kamu bisa berjalan kaki sambil melakukan kegiatan sosial. Misalnya, memberikan bantuan kepada orang yang sedang kesusahan di sekitar lingkunganmu.

6. Menambah daya ingatmu

Berjalan Kaki Membuat Memori Bertambah

Berjalan Kaki Membuat Memori Bertambah via http://manfaatjalankaki.com

Ilmuwan Jepang telah menemukan bahwa berjalan dapat membantu memperbaiki ingatan pasien yang lebih tua. Latihan fisik membantu meningkatkan ukuran hippocampus sementara gaya hidup tidak aktif menyusutkan hippocampus, yang menyebabkan hilangnya ingatan. Jadi, berjalanlah setiap hari untuk memberi kekuatan pada ingatanmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya