5 Manfaat Masker Yoghurt dengan Campuran Bahan Alami untuk Wajah. Gini lho Cara Bikinnya~

manfaat masker yoghurt bahan alami

Fermentasi susu segar ini punya banyak kandungannya baik untuk kesehatan tubuh dan kulit wajah. Saat ini yogurt mempunyai banyak varian rasa yang menyesuaikan lidah generasi millenial. 

Tapi tahu nggak sih? Selain untuk kesehatan pencernaan, yoghurt juga bisa digunakan sebagai masker wajah dan tentunya sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah. Bahkan Alexandria Guigova, Wakil Duta Besar Bulgaria mengatakan masyarakat di Bulgaria dikenal berumur panjang dan tampak awet muda karena rutin mengonsumsi yoghurt. Simak manfaat dan cara untuk membuat masker wajah alami dari yogurt, sebagai berikut.

Advertisement

1. Melembabkan kulit di wajah

Photo by Life Of Pix from Pexels

Photo by Life Of Pix from Pexels via https://www.pexels.com

Yoghurt mempunyai kandungan lactic acid yang bisa membantu melembabkan kulit untuk kamu yang lelah, kusam, dan hilangnya vitalitas. Cara bikinnya cukup mudah, siapkan yoghurt plain lalu aplikasikan merata ke wajah. Tunggu 15-20menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan 5 kali dalam seminggu ya!

2. Mengatasi bruntusan, flek hitam, dan bekas jerawat membandel

Yoghurt juga mengandung Zinc yang dipercaya bisa membantu menghilangkan brutusan, bekas luka atau bekas jerawat yang membandel, dan mencegah munculnya flek hitam. Sedangkan, madu mempunyai kandungan antioksidan yang bisa membantu membersihkan wajah dan meratakan warna kulit.

Advertisement

Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan Yogurt 2 sendok makan sedangkan madu 1 sendok makan. Campurkan keduanya.
  • Oleskan merata pada wajah
  • Tunggu 15-25 menit (tergantung kondisi wajah, jika mempunyai brutusan yang banyak maka 25 menit dan jika kondisi kulit hanya ada bekas jerawat dan flek hitam maka 15 menit cukup)
  • Jika dirasa sudah, bilas dengan air bersih
  • Gunakan 3-4 kali dalam seminggu secara rutin

3. Mencerahkan kulit di wajah

Advertisement
15 Manfaat Kunyit untuk kesehatan

15 Manfaat Kunyit untuk kesehatan via http://hellosehat.com

Yoghurt kali ini dengan campuran bumbu rempah, yaitu kunyit. Hadirnya asam laktat di dalam yoghurt juga bisa menghambat produksi enzim yang disebut dengan tyrosinase. Enzim ini bertugas memproduksi melanin yang menyebabkan penggelapan pada kulit. Sedangkan kunyit mempunyai komponan bioaktif yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Berikut caranya:

  • Siapkan kunyit bubuk 1 sendok makan dan yogurt plain secukupnya, campurkan kedua bahan tersebut.
  • Lalu oleskan merata pada wajah
  • Tunggu 15-20 menit
  • Lalu bilas dengan dengan air hangat
  • Gunakan 5 kali dalam seminggu secara rutin

4. Mencegah penuaan dini

Mengenal Beberapa Jenis Yogurt

Mengenal Beberapa Jenis Yogurt via http://www.winnetnews.com

Pasti banyak perempuan diluar sana yang menginginkan tetap awet muda dan kencang pada kulitnya. Yoghurt juga bisa membantu masalah kulit tersebut karena yogurt mempunya kandungan antioksidan yang ampuh untuk mencegah radikal bebas perusak kulit. Di dalam yogurt juga terdapat komponen asam laktat yang berfungsi mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti ada garis halus dan keriput.

Caranya cukup mudah aplikasikan yogurt plain ke wajah selama 15 menit, gunakan masker yoghurt plain tersebut satu kali dalam sehari.

5. Membantu mengangkat sel kulit mati

Garam Dapur yang banyak Gunanya

Garam Dapur yang banyak Gunanya via http://www.cnnindonesia.com

Yoghurt juga bisa dicampur dengan bahan dapur kita yaitu garam. Manfaat lain dari asam laktat dan lactic acid dalam yoghurt sebagai eksfoliator alami. Bisa mengangkat sel kulit mati dan menggantikan dengan sel kulit yang lebih baik tentunya lebih sehat. Sedangkan garam mengandung mineral yang sangat dibutuhkan wajah. Kali ini fungsinya ada 2, yaitu masker wajah dan scrub wajah.

Berikut caranya:

  • Siapkan yoghurt 2 sendok makan dan garam ½ sendok makan. Campurkan kedua bahan.
  • Tunggu 10 menit
  • Lalu gosok dan pijit wajah secara perlahan agar sel kulit matinya terangkat
  • Jika dirasa cukup, bilas dengan air hangat
  • Gunakan 2 kali dalam seminggu saja

Itulah beberapa manfaat dan cara untuk merawat kulit wajah secara alami. Mari coba untuk mengisi waktu luang selama Pandemi ini agar wajah kita tetap terjaga dan terawat dengan baik. Bahan-bahannya cukup mudah dijumpai bukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE