Dalam sebuah hubungan, ga selamanya cuma diisi dengan hal yang manis-manis kaya di drama Korea. Ada banyak hal yang bakalan bikin kalian bentrok, kesal, dan mungkin saling benci untuk sesaat. Hal-hal tersebut bukan hanya datang dari kalian berdua, kedatangan si masa lalu terkadang menjadi salah satu rintangan terberat yang harus kamu hadapi dengan penuh kewaspadaan. Yup! Di saat kamu dan pacarmu tengah merajut kisah indah, mantan dari pacarmu ternyata masih belum juga bisa move on dari cowok yang sekarang sedang menjalani kebagiaan baru bersamamu. Kesal? Ingin marah? Bete? Pasti! Tapi kamu jangan terburu-buru. Keep calm, Girls. Simak tips ampuh menghadapi si masa lalu yang masih ga dewasa ini.

1. Berhenti stalking

stalking membuatmu down karena hal ga penting via http://i.dailymail.co.uk

Saat kamu memulai hubungan dengan pacarmu, ngaku deh, pasti kamu penasaran juga dengan masa lalunya? Termasuk seperti apa dan siapa sih mantan pacar dia sebelum kamu? Kaya apa sih rupa orang yang pernah bikin pacarmu bahagia di masa lalu? Sekedar ingin tahu sih boleh-boleh saja. Mungkin kamu bisa belajar, tipe wanita seperti apa mantannya itu, dan alasan kenapa mereka putus untuk ga ditiru di hubungan kalian. Tapi, kadang cewe ga bisa mengontrol diri, yang tadinya cuma ingin sekedar tahu, malah jadi keterusan stalking, menelusuri masa lalu si mantan dengan pacarmu. Ujung-ujungnya, kamu akan cemburu berat dan mulai deh drama dengan membanding-bandingkan dirimu dengan mantannya itu. Kamu bakalan merasa minder, karena menganggap si mantan lebih segala-galanya dari kamu. Kamu bahkan bakalan kehilangan akal sehatmu, dengan mulai mengungkit masa lalu pacarmu, dan ujung-ujungnya kalian bertengkar hebat. Ingat lho! Kalo sikapmu seperti ini, lama-lama dia bakalan malas pacaran sama kamu dan justru hubungan kalian kandas sia-sia.

Advertisement

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, yuk, kita mulai sedikit-sedikit untuk berhenti stalking si mantan. Dia cuma masa lalu yang udah doi tinggalkan dan kamulah masa sekarang dan masa depannya. Kalau kamu keterusan kepo si mantan, bisa-bisa mantannya itu merasa menang karena kamu kena sama pancingannya.

2. Abaikan

Inilah saatnya kamu menambah kualitas kedewasaanmu. Umur tidak berbanding sejajar dengan kedewasaan lho! Moment di mana si mantan mulai mengganggu dengan tiba-tiba rajin bbm/line/whatsapp pacarmu lagi, atau mungkin masih sering posting foto-foto lama saat mereka masih pacaran, adalah best timing bagi kamu meningkatkan kedewasaan dirimu. Hadapi kelakuan gak dewasa seperti itu dengan menjadi lebih tenang. Jangan ikut-ikutan juga umbar foto-foto mesra di social media cuma untuk menunjukkan bahwa sekarang doi adalah pacarmu. Hal kaya gini justru akan bikin si mantan senang luar biasa. Karena artinya kamu terkena sama pancingannya. Apalagi kalau kamu marah dan ngomel ga jelas di media social. Itu mah bakalan kegirangan banget si mantan. Satu-satunya cara untuk menghadapi mantan ngotot kaya gini adalah dengan mengabaikannya! Biarin aja si mantan mau posting foto – foto lama sesuka hati dia, toh kan sekarang si pacar sama kamu. Lagian, malu-maluin ga sih kalo masih suka upload-upload foto lama, padahal aslinya udah putus dan bahkan ada yang udah move on? Ketauankan siapa yang masih ga bisa move on?

Dengan tidak menanggapi seluruh kelakukannya yang menyebalkan itu menandakan bahwa keberadaan dia sama sekali ga mengusik hubunganmu dengan pasanganmu. Justru, ketika kamu tau ada mantan rese yang masih ganggu, kamu dan pasangan harus jadi lebih mesra. Biarkan anjing menggonggong sesuka hati. Nanti juga si mantan bakalan cape dan malu sendiri saat tahu bahwa kamu sama sekali ga menanggapi kelakuan resenya.

3. Tingkatkan kualitas diri

memasak bisa jadi salah satu cara meningkatkan kualitas diri via http://www.florencetown.com

Advertisement

Dibanding sibuk stalking mantannya pacar yang berpotensi bikin kita cemburu dan minder, lebih baik kita menyibukkan diri dengan menggali potensi. Ini juga bisa dilakukan untuk mengalihkan pikiran kamu dari keinginan stalking. Kamu bisa mulai sibuk kursus bahasa, dance, make up, atau bahkan kursus memasak yang dijamin bakalan buat si dia makin ga mau jauh dari kamu.
Dengan begini, kamu sendiri bisa lebih menghargai dan mencintai diri sendiri. Kamu juga bisa lebih meyakinkan dirimu alasan kenapa si pacar lebih pilih kamu ketimbang balikan lagi sama mantannya yang masih belum bisa move on.

4. Fokus pada hubunganmu dan pacar

fokuslah pada masa depan bersama via http://blogs-images.forbes.com

Ingat ga? Tujuan mantannya pacar yang masih ganggu tentu aja buat hubungan kalian berantakan atau bahkan bubar. Ga mau kan, cuma Karena kemakan sama pancingan mantannya itu, kamu malah jadi sering-sering jealous, marah-marah sama pacar? Percaya deh, bahwa tindakan kamu yang kaya gitu justru bakalan buat pacar kamu capek menjalani hubungan sama kamu. Dia mungkin bakalan berpikir kalau kamu cewek yang ga fokus dan terlalu sibuk sama hal yang ga penting.

So, mulai sekarang fokuslah pada hubunganmu sama pacar. Mulailah menyusun rencana dan persiapan untuk ke depannya. Ingat! Biaya nikah dan rumah tangga itu ga sedikit loh. Sambil menyiapkan itu semua, kita juga bisa sambil menyiapkan mental kita menghadapi jenjang hubungan yang lebih serius. Kalau udah berpikir kaya gini, yakin deh, kamu ga bakalan ada waktu buat ladenin mantannya pacar yang ga penting itu.

5. Keep up the positive vibes!

Setelah melakukan keempat hal di atas, langkah selanjutnya yang ga boleh ketinggalan adalan konsistensi. Ketika kamu memutuskan untuk ga mempedulikan hal-hal ga penting dan fokus pada hubunganmu, tetaplah dalam jalur ini. Jangan termakan omongan dan pancingan sana-sini yang bertujuan untuk merusak hubunganmu dan dia. Yakinlah bahwa si pacar punya banyak alasan baik kenapa ia lebih memilihmu ketimbang balikan sama mantannya. Ga ada stalking-stalkingan ga penting, drama marah-marahan, dan stress karena orang lain, apalagi orang yang ga penting.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya