Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh Selamat datang di tulisan pertamaku ini, semoga tulisan ini memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Pada topik kali ini aku ingin mengajak kalian mengenal lomba lari marathon yang ada di Indonesia, karena pada dasarnya lomba lari marathon di Indonesia nggak kalah menariknya kok dibanding lomba lari marathon di luar negeri. Dan untuk kalian yang baru mengenal olahraga lari jarak jauh nggak ada salahnya untuk tahu topik ini biar makin tahu kalau lari jarak jauh ini bisa lebih menyenangkan, apalagi bisa olahraga sambil wisata, makan makanan khas daerah setelah lomba berakhir.

1. Mandiri Jogja Marathon

Mandiri Jogja Marathon 2018 yaitu merupakan salah satu acara lomba lari marathon yang bisa di bilang baru karena sebelumnya telah sukses di tahun sebelumnya dengan mengusung tema menikmati sejarah dan kebudayaan Yogyakarta yang dikenal memiliki kekhasan dibanding dengan daerah lainnya di Indonesia. Dalam pagelaran Mandiri Jogja Marathon 2018 ini akan berlangung dan mengambil rute di sekitar kawasan Taman Wisata Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak 16 Km dari Pusat Kota Yogyakarta.

Dan ada beberapa kategori yang akan diperlombakan dalam ajang ini, antara lain: 5 Km, 10 Km, Half Marathon ( 21 Km) dan Full Marathon ( 42.195 Km). Kalian yang baru mulai berlari bisa mengambil kategori yang paling pendek yaitu 5 Km untuk merasakan sensasi berlari di Kawasan Taman Candi Prambanan yang Indah dan tentunya kalian gak sendiri kok di kategori ini, karena akan ada banyak pelari yang sama seperti kalian dari seluruh Indonesia.

Advertisement

Dengan begitu kalian akan memiliki teman baru dan memotivasi untuk berlari lagi. Ajang ini akan berlangsung tanggal 15 April 2018 berlokasi Taman Wisata Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apa kalian akan ikut tahun ini ?

2. Maybank Bali Marathon

Bali merupakan salah satu detinasi wisata yang telah dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, maka dari itu, banyak pelari yang berbondong-bondong datang ke Bali untuk mengikuti ajang ini yaitu Maybank Bali Marathon pada tahun ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2018 namun sampai saat ini belum ada konfirmasi dari penyelenggara lokasi dan kategori apa saja yang di perlombakan.

Advertisement

Untuk itu, sama seperti marathon yang sebelumnya, pada ajang Maybank Bali Marathon akan menyajikan budaya dan kesenian serta alam Bali yang Indah dan disambut juga oleh para warga sekitar saat melewati rute yang kita lewati. Sungguh menyenangkan bukan? Tunggu apalagi persiapkan diri kalian untuk mengikuti ajang tahunan ini.

3. Bank jateng Borobudur Marathon

Selanjutnya ada Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 yang tidak kalah menarik dibanding Mandiri Jogja Marathon 2018 karena pada ajang ini kalian akan disuguhkan oleh salah satu keajaiban dunia. Yap, Candi Borobudur yang dikenal oleh seluruh wisatawan domestik dan mancanegara. Selain disajikan pemandangan Candi Borobudur yang megah kalian juga akan disajikan oleh berbagai macam budaya khas jawa tengah khususnya magelang dan tak lupa kalian akan disambut oleh warga sekitar sepanjang rute yang kalian lewati.

Tahun ini pihak penyelenggara telah mengumumkan tanggal pelaksanaan yang jatuh pada tanggal 18 November 2018 yang berlokasi di Kawasan Taman Candi Borobudur, Magelang. Dan pada ajang kali ini akan dikeluarkan beberapa kategori antara lain: 5 Km, Half Marathon ( 21 Km) dan Full Marathon ( 42 Km). Bagaimana? Kalian tertarik berlari sambil berlibur ke Candi Borobudur selepas lomba berakhir?

4. West Java Bandung Marathon

Selanjutnya ada Bandung Marathon yang mengambil tema berlari di tengah kota dengan cuaca yang mendukung di kota Bandung ini, pada pagelaran sebelumnya acara ini telah menarik minat para pelari dari segala penjuru untuk berkunjung dan menantang rute pada acara ini. Namun, sampai sekarang belum ada konfirmasi dari penyelenggara akan dilaksanakannya lagi atau tidak. apakah kalian tertarik mengikuti lomba lari marathon ini di kota Bandung yang memiliki kekhasannya sendiri dibanding lomba marathon lainnya. Are You Ready?

5. Mandiri Jakarta Marathon

Ini merupakan salah satu marathon tertua di Indonesia, yap Mandiri Jakarta Marathon yang menyuguhkan berlari di kota seperti di Bandung Marathon. Namun, pada event ini sebelumnya mengambil start dari kawasan Tugu Monas dan akan melewati rute jalanan ibu kota dan beberapa landmark kota Jakarta. Dan tentunya pada pagelaran sebelumnya menyediakan beberapa kategori antara lain: 5 Km, 10 Km, Half Marathon dan Full Marathon.

Kapan lagi merasakan sensasi berlari di jalanan Ibu Kota Jakarta yang biasanya dilanda kemacetan dan kebanjiran, ya nggak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya