Masih Belum Percaya Diri? Kalian Hanya Butuh 6 Tips Ini!

Hidup mengajarkan kita untuk usaha, usaha membutuhkan kepercayaan penuh dari diri kalian sendiri.

Jangan beranjak sebelum kalian temukan jawabannya! 

Pernahkah kalian ragu tentang apa yang mulai kalian pikirkan?
Jika kalian masih ragu tentang diri kalian, kembalilah!

Jangan memulai sesuatu ketika kalian belum siap, jika ada yang masih bingung apa maksud dari kesiapan dalam tulisan ini. Ini adalah sesuatu kepercayaan pada diri sendiri dimana ketika kalian masih beranggapan kalian hanya pemain cadangan dalam sebuah pertandingan itu artinya kalian hanya siap berdiri di luar lapangan. Kapan kalian siap menginjakkan kaki ke dalam lapangan? Ketika kalian mulai mampu memenuhi self regulated.

Self regulated atau regulasi diri yang merupakan kemampuan seseorang untuk mengubah lingkungan, mengendalikan dorongan perilaku, menahan hasrat, mengontrol pikiran dan mengatur tingkah laku dirinya sendiri. Jika kalian bertanya apakah kesuksesan tidak akan terwujud tanpa kepercayaan terhadap diri sendiri? Dengan yakin, saya akan membenarkan hal tersebut. Mengapa demikian? Sekarang mari gunakan logika, jika kalian saja tidak percaya kepada diri kalian sendiri untuk melakukan sesuatu dan mulai mencoba memberikan peluang untuk diri kalian sendiri, siapa yang akan berani memberi kalian peluang?

Ketika kalian tidak memiliki keberanian untuk memperlihatkan kemampuan kalian, tidak ada orang yang akan tahu apa yang kalian mampu lakukan sebenarnya, jadi bagaimana kalian bisa berhasil? Jangan pernah berharap orang akan yakin atau percaya pada apa yang kalian mampu lakukan, sekalipun mahir sekali, jika kalian tidak membuka peluang untuk diri kalian sendiri. Terkadang saya paham akan kekhawatiran yang sering dirasakan di dalam lingkungan sosial, khususnya dalam lingkup teman sebaya. Banyak hal yang memfaktori individu sehingga tidak dapat meregulasi diri mereka dengan baik. Menurut Bandura salah satu faktor yang ikut mempengaruhi pembentukan self regulated adalah self efficacy. Self efficacy atau efikasi diri adalah kepercayaan individu akan kemampuan untuk sukses dalam melakukan sesuatu.

Nahh, sekarang bagaimana caranya kita membentuk kepercayaan itu dengan bantuan diri sendiri? Untuk kamu yang ingin membentuk atau mungkin menimbulkan kembali rasa percaya atas dirimu sendiri yang sempat hinggap namun kini telah beranjak, dapat melakukan beberapa usaha yang mungkin dapat membantu kalian mewujudkan mimpi atau kembali dilirik oleh alam sekitar.

Advertisement

1. Tetap jadi diri sendiri atau jangan bandingkan diri kamu dengan orang lain

Cintai diri sendiri

Cintai diri sendiri via https://www.pexels.com

Setiap manusia terlahir ke bumi dengan keunikan yang berbeda, kamu boleh saja mengidolakan seseorang, tetapi tidak untuk membandingkannya. Karena setiap orang akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Semua orang bisa  sukses tanpa harus bergelut dalam hal yang sama, atau mungkin ini tentang sebuah hubungan antara lawan jenis, percayalah setiap orang memiliki ketertarikan yang berbeda.

Jika kamu menyukai seseorang biarkan dia menyukai kamu dengan dirimu sendiri bukan karena kamu mengubah dirimu menjadi orang lain. Karena dia yang tertarik dengan dirimu yang sesungguhnya akan cenderung lebih bertahan lama ketimbang kamu yang berusaha menjadi apa yang dia sukai.

2. Ikuti kata hati

Kesehatan mental

Kesehatan mental via https://www.google.com

Ketika kamu ragu akan melakukan sesuatu, ikuti kata hati kecilmu atau naluri yang terus mengarahkanmu. Nalurimu akan menyarankan apa yang kamu ingin lakukan tapi kamu selalu ragu dalam  melangkah, naluri tahu apa yang kamu mampu lakukan, namun rasa percaya pada naluri sendiri belum dapat kamu berikan. Mulai sekarang cobalah dengarkan kata hati kecilmu, karena sejatinya hanya dirimu sendiri yang mengetahui apa yang kamu ingin dan apa yang kamu mampu.

3. Buang pikiran negatif, cobalah tumbuhkan pikiran positif

Cara berpikir positif

Cara berpikir positif via https://www.pexels.com

Ketika kamu terus dihantui oleh bermacam pikiran negatif tentang kemampuan dirimu , cobalah untuk abaikan hal itu dengan menumbuhkan pikiran-pikiran positif, walaupun lewat paksaan. Mungkin awalnya kamu akan menumbuhkan pikiran positif melalui paksaan tapi seiring waktu berlalu kamu akan terbiasa berpikir positif karena pikiran negatifmu akan terbunuh sebab pengabaian yang terus kamu lakukan.

4. Evaluasi setiap kesuksesan

Merayakan setiap keberhasilan kecil

Merayakan setiap keberhasilan kecil via https://www.pexels.com

Cobalah ingat di masa-masa yang pernah kamu lewati dengan kegembiraan, ketika kamu sukses dalam hal-hal kecil tapi membuat kamu begitu gembira dan menikmatinya, sehingga membuat dirimu termotivasi untuk melakukannya sekarang tapi dalam bentuk yang lebih besar.

Advertisement

5. Pilihlah penampilan yang nyaman untukmu

Nyaman ala kamu

Nyaman ala kamu via https://www.pexels.com

Jangan gunakan pakaian yang tidak nyaman  saat kamu menggunakannya walaupun itu sangat terlihat sempurna menurutmu, karena kamu akan memunculkan kurang menikmati harimu. Kamu akan terlihat lebih percaya diri jika kamu berpenampilan dengan rasa nyaman. Kenyamananmu akan terlihat lebih sempurna dengan ekspresi wajah yang terpancar ke luar.

6. Jangan takut gagal

Jangan takut gagal

Jangan takut gagal via https://www.pexels.com

Banyak orang tidak berani mencoba hanya karena takut gagal. Ketika kamu ingin mencapai suatu tujuan jangan takut akan tantangan yang ada di hadapanmu. Kegagalan hanya akan menunda tidak untuk menghilangkan tujuanmu. Jika kamu telah berani melangkah tetapi gagal, jadikan itu sebagai gurumu karena pengalaman adalah guru terbaik untuk mengajarimu. Di balik suksesnya orang-orang yang kamu kagumi ada berkali kali kegagalan yang telah mereka lalui. Ayo melangkah tanpa takut akan kegagalan.

Penolong terbaik adalah dirimu sendiri, percuma jika kamu begitu banyak mendengarkan motivasi dari motivator terhebat sekalipun. Apabila kamu tidak dapat memotivasi dirimu sendiri. Mulailah langkah awal dengan yakin atas apa yang kamu miliki dan yakin kamu mampu melakukannya, tanpa mencoba tidak akan ada yang tahu hasilnya. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE