Siasati Ruang Kerja di Rumah dengan 5 Cara Ini. Kerja Nyaman, Pikiran Nggak Penat Lagi

Inspirasi desain ruang kerja di rumah

Kegiatan ini memang bukan hal baru di dunia kerja, sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi budaya atau kebiasaan baru selama pandemi COVID-19. Meski sudah ada perusahaan yang kembali bekerja dari kantor, masih banyak, lho, perusahaan dan karyawan yang masih kerja dari rumah. 

Apakah kamu salah satunya, yang masih kerja dari rumah? Setelah kerja di rumah selama itu, banyak orang yang sadar kalau ruang kerja di rumah itu harus nyaman. Supaya kerja jadi lebih produktif dan hasilnya maksimal. 

Ruang kerja yang nyaman maksimal bisa dilihat dari seberapa betah kamu kerja di situ. Kalau nggak betah berlama-lama, kayaknya kamu harus mendekorasi ulang ruang kerja biar jadi lebih nyaman, deh. Caranya gimana? Coba lihat kiat-kiat di bawah ini, ya!

Advertisement

1. Kursi kantor yang nyaman adalah awal dan kunci dari ruang kerja nyaman untuk produktivitas

dekoruma.com

dekoruma.com via https://dekoruma.com

Mungkin sebagian dari kamu suka untuk kerja di lantai atau di kasur dan tetap masih bisa produktif. Namun, buat sebagian orang, menyelesaikan pekerjaan di meja kerja adalah pilihan paling nyaman. 

Salah satu kunci utamanya adalah punya kursi kantor atau kursi kerja yang nyaman, lho. Jangan ragu buat siapkan budget ekstra untuk kursi kerja yang ergonomis. Dengan kursi kantor yang empuk, menyangga punggung, pinggang, dan kepala dengan suportif, kamu enggak akan gampang pegal-pegal dan bisa konsentrasi selama bekerja. Buktikan sendiri, deh!

Advertisement

2. Percaya atau tidak, warna ruang kerja juga mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas kerja.

Photo by Bench Accounting (@benchaccounting) from Unsplash

Photo by Bench Accounting (@benchaccounting) from Unsplash via https://unsplash.com

Pengaruh warna terhadap produktivitas kerja sudah diteliti oleh banyak pihak dan terbukti. Ini yang dinamakan psikologi warna-warna. Putih, biru, kuning, oranye, merah muda, atau abu-abu adalah beberapa warna yang bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja. 

Warna-warna ini bisa dimasukkan ke dalam beragam bagian di ruang kerja mulai dari cat dinding, sofa minimalis, bantal, lemari pakaian, atau rak. Selain produktivitas, warna-warna ini juga bisa meningkatkan rasa bahagia dan percaya diri waktu kerja, lho.

3. Mata sudah lelah menatap layar dalam waktu lama, segarkan lagi sama tanaman hias dan pencahayaan alami

Advertisement
Photo by Annie Spratt (@anniespratt) from Unsplash

Photo by Annie Spratt (@anniespratt) from Unsplash via https://unsplash.com

Bekerja dari rumah, berarti kamu harus standby dan bekerja melalui laptop dan smartphone selama jam kerja. Menatap layar terlalu lama bikin mata gampang lelah dan caranya biar segar lagi, ya, dengan melihat yang bernuansa alami. 

Tempatkan tanaman hias di ruang kerjamu untuk pemandangan yang lebih segar. Selain lebih enak dipandang, kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat buat merawat tanaman. Pastikan juga pencahayaan alami di ruang kerjamu memadai, ya, supaya kamu enggak perlu pakai lampu sering-sering.

4. Jangan kerja nonstop supaya nggak burn out. Beristirahatlah sejenak di sudut bersantai ruang kerja

Photo by Gian Paolo Aliatis ( @gianpaoloaliatis) from Unsplash

Photo by Gian Paolo Aliatis ( @gianpaoloaliatis) from Unsplash via https://unsplash.com

Bekerja tanpa istirahat bukan bikin kamu tambah produktif, tapi malah bikin kamu jadi cepat burnout. Kalau ada sisa ruang, jadikan space itu sebagai area santai untuk beristirahat di sela-sela bekerja. 

Tempatkan sofa, lounge chair, atau beanbag beserta kulkas mini, pemutar musik, atau televisi supaya kamu bisa bersantai atau rebahan sebentar setelah bekerja. Alternatif lain adalah sofa bed supaya kamu bisa selonjoran atau tidur lebih nyaman saat ingin beristirahat. 

5. Beri sentuhan personal di ruang kerja sebagai motivasi waktu bekerja

Photo by Slava Keyzman( @slavakm) from Unsplash

Photo by Slava Keyzman( @slavakm) from Unsplash via https://unsplash.com

Bukan cuma desain interior dan furnitur yang perlu diperhatikan waktu mendesain ruang kerja, jangan lupa tambahkan benda-benda personal punyamu. Misalnya memasang piagam penghargaan atau sertifikat di dinding, membingkai foto dengan pasangan, anak, keluarga, atau sahabat. Dengan menyimpan dan rutin melihat memorabilia seperti ini, kamu akan selalu merasa bahagia dan mungkin termotivasi untuk produktif bekerja. 

Itu tadi beberapa inspirasi desain untuk ruang kerja yang bisa kamu tiru untuk WFH. Mirip kayak kamar tidur, ruang kerja juga jadi refleksi pemiliknya dan tentunya harus sesuai sama selera dan visi kamu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE