Bahagia Tanpa Modal? Yuk Intip 5 Langkah Murah Untukmu yang Susah Bahagia. Catat ya!

Apa sih gunanya hidup kalau kita tidak bahagia? Pertanyaan ini sering muncul saat kamu merasa kacau dengan segala urusan hidupmu. Problematika kehidupan, karier, percintaan, maupun hubungan sosial dengan orang lain yang tak berjalan sesuai  dengan harapan membuatmu menjadi tak semangat hidup bahkan merasa tidak dapat bahagia lagi. Jalan pintas yang diambil akhirnya memalsukan diri agar terlihat baik-baik saja.

Berpikir dengan berpura-pura bahagia semua masalah akan terasa ringan, tapi gawatnya yang begini hanya akan menimbulkan masalah baru. Dengan berakting layaknya kamu bahagia justru akan memperburuk suasana hatimu sehingga kamu merasa semakin stres dan begitu tertekan. Stop sedihmu sekarang juga karena di bawah ada bocoran untuk kamu yang ingin bahagia seutuhnya. Kabar baiknya, tanpa modal sepeser pun!

Advertisement

1. Buat senyuman yang tulus untuk menemani harimu

Tersenyum dipercaya dapat mengalirkan energi yang positif. Oleh karenanya awali harimu dengan senyuman yang tulus. Tersenyum bukan hanya dapat menimbulkan kebahagian untukmu, tapi juga orang yang kamu beri senyuman. Kalau kamu pasang wajah yang cemberut otomatis orang-orang disekitar jadi malas untuk berinteraksi denganmu. Jadi, selagi senyum tidak dilarang maka tersenyumlah, percaya akan banyak orang yang nyaman denganmu karena senyummu ini membuat mereka berkesan. Kamu tersenyum, kamu bahagia dan orang lain ikut bahagia, bukankah amat indah bila demikian?

2. Bersyukur mulai dari hal kecil

Grateful

Grateful via http://www.freepik.com

Segala hal yang kamu punya adalah anugerah yang seharusnya patut disyukuri. Cobalah untuk merenungi bahwa selain rasa kecewa akan hidup kamu masih memiliki banyak kenikmatan yang mungkin tidak kamu sadari. Bahkan setiap nafas yang kamu hembuskan adalah nikmat. Masih bisa menikmati makanan enak, tidur yang nyenyak, atap untuk berteduh itu merupakan nikmat yang luar biasa. Bersyukur akan menjauhkan kamu dari sifat iri dan tidak pernah puas. Karena bersyukur yang benar tertanam dalam hati membawakanmu kebaikan dalam diri. Selain jadi bahagia, besryukur bikin nikmat yang kamu rasakan semakin banyak. Wow!

Advertisement

3. Jauhkan diri dari pikiran negatif yang berlebihan

Pikiran negatif seperti racun, awalnya mungkin terasa biasa, tapi lama kelamaan bisa berbahaya. Pikiran negatif memiliki banyak dampak buruk, salah satunya mengakibatkan depresi pada seseorang. Seseorang yang terlalu cemas dan terus memperburuk jalan pikirannya bisa mengakhiri hidupnya begitu saja.

Oleh sebab itu, mulai sekarang berhentilah untuk selalu berpikir negatif. Lebih baik berpikir mengenai langkah pencapaian daripada kamu hanya terfokus pada kegagalan. Hidup akan terasa ringan kalau kamu menjalaninya dengan enjoy dan tidak tertekan. Ubah pola pikirmu, pusatkan pada kekuatan yang kamu miliki, dan sesekali pergi rekreasi keluar untuk menjernihkan otakmu.

4. Berbagi kasih sayang kepada orang lain

Saling menyayangi dari manusia yang satu dengan manusia yang lain menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan. Tanpa adanya kasih sayang pastilah akan ada kebencian dan permusuhan. Kasih sayang menjadi jembatan penghubung. Menyayangi bukan hanya sebatas dengan pasangan saja ya, namun bersifat umum. Peduli dengan orang lain misalnya. Saat kamu menyayangi maka kamu juga akan disayang. Hubungan timbal balik inilah yang dapat membentuk keharmonisan sehingga setiap kamu merasa terpuruk akan ada orang yang menguatkanmu. 

Advertisement

5. Jujur pada setiap perkataan atau perbuatanmu

Self confidence concept

Self confidence concept via http://www.freepik.com

Lo, jujur bisa bikin bahagia? Jelas bisa dong. Saat kamu bersikap jujur, baik saat berbicara maupun saat melakukan sesuatu, kamu akan merasa tenang dan tentram. Beda saat kamu menutupi kebohongan, kamu akan was-was sekaligus berpikir keras bagaimana agar tidak ketahuan. Padahal sekali diawali dengan kebohongan kemungkinan langkah selanjutnya akan sama. Kebohongan akan membuatmu merasa bersalah dan takut, meski kamu berusaha menyangkalnya. Jika dirimu di masa lalu suka membohongi diri maupun orang lain, maka setelah membaca ini sadarlah, kebohongan tidak membuatmu aman, hanya menunda. Jika kejujuran membawa kebaikan sama seperti rasa syukur, mengapa harus merasa sulit untuk menyataka kebenaran? 

Itulah tadi 5 langkah yang bisa kamu terapkan mulai saat ini agar hidupmu bahagia. Ingatlah bahwa setiap kehidupan pasti ada masalah yang harus kamu selesaikan. Namun, jangan  berlarut dalam kesedihan apalagi sampai tidak bahagia menjalani hidup. Berbahagialah mulai hari ini, terlebih menjadi bahagia tidak butuh modal uang. Semangat menjalani hidupmu dan semoga bahagia selalu. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE