Bali memang menjadi destinasi utama para wisatawan domestik dan mancanegara. Mulai dari pantai, museum, danau, air terjun, wisata pedesaan, kuliner, seni dan budaya, tumpah jadi satu di sana. Apalagi buat kamu yang pengen liburan sambil cari jodoh, juga bisa. Mau yang bule atau lokal, pasti ada, tinggal pilih aja!

Nah, di balik semua keindahan dan terkenalnya Bali, pasti beberapa dari kalian gak akan percaya kalau ternyata di sana juga ada tempat wisata yang horor, loh. Namanya Taman Festival Bali atau biasa disebut TFB. Konon, warga lokal tidak mau ke sana karena katanya tempat itu dikutuk. Nah, loh! Penasaran? Simak, yuk, biar bisa merinding barengan!

1. Sebelumnya, kenalan dulu sama Taman Festival Bali ini, biar kamunya akrab!

Biar bacanya selamat sampai akhir, kenalan dulu sama Taman Festival Bali ini. Seperti namanya, tempat ini memang dulunya merupakan wahana bermain. Ya, 11-12 sama Dufan gitu, lah. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1997 dan berlokasi di daerah Pantai Padang Galak, Desa Kesiman Petilan, Sanur. Taman Festival ini dulunya punya banyak wahana yang keren serta megah, loh. Mulai dari gedung pertunjukan, amphitheater, theater 3D, kebun binatang, wisata alam, hingga gunung buatan yang bisa meletus non-stop! Wuih, kebayang dong, ya, gimana megahnya?

2. Tapi, kini semuanya berubah! Setelah kebangkrutan yang melanda

Taman Festival ini memang dibangun pada tahun 1997. Namun, di tahun 1999, tempat ini ditutup. Hal tersebut dikarenakan kebangkrutan. Kok bisa? Menurut salah satu pengunjung yang pernah datang ke TFB pada masanya. Area ini memang sangat megah, bisa dibilang mewah. Sangat ‘wow’ bagi kalangan menengah, apalagi masyarakat asli Bali pada umumnya. Oleh karenanya, hanya dalam waktu dau tahun saja, pembangunan tempat ini tidak dapat diselesaikan karena tidak adanya dana.

Advertisement

Dan kini TFB ini sudah mangkrak selama 17 tahun. Tidak lagi indah dan megah. Hanya menyisakan akar-akar pohon, semak, sampah, mural-mural dan seni grafiti, serta hening.

3. Di tahun 2012, lokasi ini mengalami kebakaran. Jadi bikin tambah seram, ih!

pernah terbakar, nih via http://www.jdlines.com

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Kota Denpasar, pada 10 Desember 2012, pukul 15.20 WITA terjadi kebakaran di area ini. Nah, foto di atas adalah foto bangunan yang terbakar, luasnya sekitar 3 x 12 meter. Bangunan tua itu memang sudah tidak beratap. Namun, setelah kebakaran yang terjadi, makin terlihat seram. Karena hanya menyisakan kerangka-kerangkanya saja. Menurut warga sekitar, sih, kebakaran terjadi karena ada orang yang membakar sampah di sana, terus karena hembusan angin, apinya menyebar, deh.

Idih, gak ada kerjaan banget bakar sampah di sana. Mending bakar sampah di rumah aja, itung-itung bantuin Emak!

4. Sekarang, coba lihat bagian luar gedung teaternya!

gedung teater via http://www.cnnindonesia.com

Ini bagian luar gedung teater! Katanya, kalau kamu berkunjung ke TFB ini, kamu bakalan serasa berada di Jurrasic Park, loh!

5. Lihat juga, nih, bagian dalamnya!

Gimana kalau nonton pertunjukan di dalam sana?

6. Awas kalau ke sini ketemu buaya!

sarang buaya~ via http://www.cnnindonesia.com

Sekitar enam atau tujuh tahun yang lalu, ada beberapa pengunjung yang ke sana. Salah satunya mengatakan bahwa taman itu masih dijaga dan kalau masuk ke sana harus bayar Rp.3000 per orang. Tapi keadaan di dalamnya memang mengenaskan. Banyak satwa yang dibiarkan begitu saja, seperti buaya-buaya misalnya. Ditinggalkan dan tidak diurus. Bahkan katanya, airnya sampai memerah. Entah, sudah makan apa saja buaya-buaya itu. Memang, sih, katanya buaya-buaya di sana sudah dipindahkan ke Kebun Binatang Surabaya. Tapi, beberapa di antaranya dibiarkan begitu saja, biar hidup dengan alam. Hiii… bayangin, dong, sekarang kayak gimana? Buaya-buaya yang masih ada di sana udah mati atau malah…..

7. Ini dulunya danau buatan, loh! Cuma, kok, gak kelihatan airnya, ya? Dateng aja, deh, langsung!

Lihat, deh! Serasa main ke "dunia lain," ya?

8. Ini, loh, gunung yang bisa meletus non-stop itu!

Sekarang, gunung ini udah rusak. Sedih, sih!

9. Nah, yang ini dulunya semacam cafetaria, gitu.

Kalau sekarang mau makan di sana juga bisa. Cuma, kamunya harus bawa bekal sendiri dan makan lesehan. Asyik, deh, kayaknya. Bisa sekalian camping!

10. Kalau ini, adalah bagian yang katanya paling seram.

yang paling serem~ via http://www.mentaribaliholiday.com

Area ini, katanya paling seram. Mungkin karena ada patung di sekeliling pohonnya itu, ya?

11. Terakhir, ini pesan penting banget buat kita semua!

biar gak kayak gini! via http://www.tripadvisor.in

Nah, menengok keadaan TFB ini. Harusnya pemerintah daerah setempat segera membangun kembali bangunan terbengkalai tersebut agar menjadi objek lain yang lebih berguna. Ya… biar gak jadi sarang hantu dan buaya, sih.

Dan buat kita, para anak muda yang suka travelling. Apapun tempat yang dikunjungi, usahakan buat tetap menjaga lingkungannya dan jaga tata krama di sana. Jadilah traveler yang bernorma, ya? Agar semua lokasi wisata di Indonesia ini tetap terjaga.