Mau Jadi Content Writer? Ketahui 5 Jenis Content Writer Dulu, Yuk!

Ternyata content writer itu banyak jenisnya, lho!

Content writer saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak dicari oleh perusahaan. Jadi, gak heran kalo prospek kerja content writer bisa dibilang cerah. Content writer adalah seorang penulis yang bertanggung jawab untuk membuat konten-konten untuk keperluan perusahaan. Proses pekerjaan yang dilakukan oleh seorang content writer biasanya mencakup perencanaan, riset, menulis konten, dan editing. Bukan cuma di website, seorang content writer juga bisa membuat konten untuk blog post, script video, media sosial, press release, atau email newsletter. Content writer sendiri juga ada beberapa jenis berdasarkan keahlian atau jenis konten yang ditulis.

Advertisement

1. Jurnalistik

Menulis/ Photo by Lisa Fotios

Menulis/ Photo by Lisa Fotios via https://www.pexels.com

Jenis content writer yang satu ini adalah yang paling umum diketahui banyak orang. Sesuai dengan namanya, mereka biasa bekerja di portal berita atau media online. Tapi, nggak melulu menulis berita, content writer jurnalistik juga bisa menulis konten-konten santai, seperti lifestyle atau hiburan.

2. SEO (Search Engine Optmization)

Mengetik/Photo by Life Of pix from Pexels

Mengetik/Photo by Life Of pix from Pexels via https://www.pexels.com

SEO content writer saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Tugasnya, membuat konten artikel sesuai dengan kaidah SEO. Jadi, dengan menerapkan kaidah SEO, website perusahaan bisa muncul di halaman pertaman mesin pencarian, sehingga makin banyak pengunjung yang mengakses.

Advertisement

3. General

Menulis/Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Menulis/Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Yang ketiga, ada general content writer. Biasanya, mereka menulis konten dalam jumlah yang banyak dan tema yang beragam. Mereka menulis konten berdasarkan tema apa yang diminta oleh perusahaan/ klien mereka. Jadi, sebagai content writer general, kamu harus punya wawasan yang luas dan bisa cepat belajar hal baru.

4. Teknikal

Mengetik/Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Mengetik/Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Kebalikan dari content writer general, content writer ini lebih fokus pada satu bidang. Pekerjaannya adalah membuat manual guide untuk produk perusahaan. Jadi, untuk bisa jadi content writer teknikal, kamu harus menguasai secara mendalam satu bidang tertentu. Konten yang ditulis ini juga bertujuan untuk membantu para pembaca yang awam supaya mudah memahami informasi yang sulit pada sebuah produk.

5. Media Sosial

Advertisement
Media sosial/Photo by Lisa Fotios from Pexels

Media sosial/Photo by Lisa Fotios from Pexels via https://www.pexels.com

Saat ini, media sosial jadi salah satu tempat yang strategis buat perusahaan mem-branding diri, maka nggak heran kalo content writer media sosial banyak dibutuhin. Tugasnya adalah menulis konten-konten yang interaktif untuk meningkatkan engagement. Syarat untuk jadi seorang content writer media sosial adalah harus selalu up to date dan bisa membuat konten yang merepresentasikan imej brand perusahaan.

Nah, itu dia 5 jenis content writer yang harus kamu pahami. Dari jenis-jenis content writer di atas, mana, nih yang kamu banget? Mau milih jenis yang manapun, jadi content writer itu fleksibel. Selain kamu bisa kerja full time untuk perusahaan, kamu juga bisa jadi freelancer buat nambah-nambah pemasukan, lho. Gimana? Enak kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I like to writing an article and hope my articles can be usefull for everyone.

CLOSE