Harry Potter, franchise no.3 tersukses di dunia, dan buku terlaris no.1 di dunia

Tak heran jika berkat Harry Potter, jutaan orang mengalir deras membanjiri Inggris. Saking suksesnya, seorang profesor di London School of Economics berkata bahwa kontribusi Harry Potter terhadap ekonomi Inggris mencapai £4 Milyar atau setara dengan Rp. 76.000.000.000.000 = 76 Triliun Rupiah guys !

Sebagai gambaran, angka itu berarti hampir setara dengan APBD DKI Jakarta tahun 2018 yang sebesar Rp. 77 Triliun! Karena itulah tahun lalu sebuah portal media Inggris membuat artikel yang judulnya terdengar seperti berseloroh : Harry Potter is the UK's most successful businessman – and JK Rowling knows it

Nah, selain sukses mengangkat nama JK Rowling, Daniel Radcliffe, dan kawan-kawannya, tempat-tempat yang muncul dalam film Harry Potter pun tidak kalah kecipratan hoki nya. Karena banyak orang yang ingin ikut merasakan masuk atau napak tilas ke dalam dunia sihir Harry Potter, tempat-tempat tersebut kini menjadi salah satu destinasi unggulan yang dimiliki UK. Kalian yang Potterhead ( fans Harry Potter ) sejati pasti langsung mengenali tempat-tempat yang akan kita bahas kali ini.

So where do we start ?

Tempat terbaik untuk memulai perjalanan kita kali ini tak lain dan tak bukan adalah kota tempat Harry Potter itu lahir :

1. Edinburgh

Edinburgh

Edinburgh via http://www.flickr.com

Edinburgh – ibukota Skotlandia – adalah kota yang sangat lekat sejarahnya dengan Harry Potter. Di kota ini, J.K Rowling menulis buku yang kini fenomenal di seluruh dunia. Mungkin dia sendiri juga tidak pernah menyangka, dari seorang janda yang hidupnya susah, berkat sihir Harry Potter kini dia adalah Penulis Terkaya sejagat.

Edinburgh Old Town adalah salah satu destinasi utama wisatawan di kota ini. Dengan banyaknya bangunan yang berarsitektur Medieval, kita akan langsung merasakan aura-aura Hogwarts di sini.

Advertisement

Nah, tempat pertama yang wajib dikunjungi bagi Potterhead yang berkunjung kesini adalah tempat lahirnya Harry Potter itu sendiri : Nicolson's Cafe

2. Nicolson’s Café ( sekarang Spoon Café )

Nicolson's Cafe

Nicolson's Cafe via https://www.flickr.com

Harry Potter lahir dari tangan JKR setelah dia bercerai dan pindah ke Edinburgh. Di Nicolson’s Café inilah bagian-bagian pertama buku Harry Potter and The Philosophers Stone ditulis JKR. Dulu hidup dia sangat kekurangan uang, bahkan bagi dia lebih murah untuk membayar secangkir kopi dibanding biaya listrik untuk penghangat di rumahnya. Maka dari itu JKR sering pergi ke café ini, kadang ditemani bayinya – Jessica – yang tidur di sebelahnya sembari dia menulis sambil minum kopi. Sebagai kenang-kenangan dan juga sebagai bukti, pemilik kafe membuat plang yang memberikan tribute untuk J.K Rowling

Lain dulu lain sekarang, kalau dulu JKR cuma mampu untuk membayar kopi, sekarang dia mampu untuk membeli se kafe-kafe nya! Hihihi

3. The Elephant House

The Elephant House

The Elephant House via http://independenttravelcats.com

Advertisement

Jika Nicolson adalah café pertama tempat Harry Potter ditulis, maka café The Elephant House ini adalah tempat Rowling menulis lanjutan dari buku-buku berikutnya. Café ini lebih terkenal sebagai tempat lahir Harry Potter ketimbang Nicolson, makanya pengunjung café ini biasanya lebih ramai.

Di lantai 2 café ini terdapat meja yang terletak dekat jendela, dan menghadap ke Edinburgh Castle. Konon katanya ini adalah meja favorit JKR ketika dia menulis. Oh ya, di salah satu dinding di café ini juga terdapat foto-foto JKR sewaktu dulu dia menulis.

Nah, yang berikut ini adalah tempat yang menginspirasi JKR tentang cikal bakal Hogwarts. Yaitu Edinburgh Castle :)

4. Edinburgh Castle

Edinburgh Castle

Edinburgh Castle via http://www.flickr.com

Edinburgh Castle adalah kastil besar yang menjadi pusat dari Old Town Edinburgh / Kota Tua Edinburgh. Kastil ini berdiri megah di puncak bukit Castle Rock, yang konon katanya adalah bekas gunung berapi yang tidak aktif. Dibangun pada abad 12, kastil ini tetap kokoh dan masih digunakan hingga sekarang.

Kalian pasti langsung bisa menemukan kan bagaimana JKR mendapatkan inspirasi Hogwarts nya. Hehehe

Selan Edinburgh Castle, ada 1 lagi bangunan yang dapat dilihat dari jendela The Elephant House, dan bangunan ini juga menjadi sumber inspirasi JKR dalam menulis. Bangunan itu adalah : George Heriot's School

5. George Heriot's School

George Heriot's School

George Heriot's School via https://www.flickr.com

Didirikan tahun 1628, George Heriot mendirikan sekolah ini khusus untuk anak-anak yatim piatu – persis seperti Harry Potter yang juga yatim piatu. Kemiripannya tak berhenti sampai disitu, sekolah ini juga memiliki empat asrama yang membagi anak didiknya berdasarkan karakter masing-masing muridnya.

Hogwarts banget kan ?

Sampai saat ini George Heriot’s School masih digunakan sebagai sekolah yang tergolong elit & prestisius. Karena itu kita tidak bisa masuk dan lihat-lihat ke dalamnya, hanya bisa melihatnya dari luar.

6. Greyfriars Kirkyard

Greyfriars Kirkyard

Greyfriars Kirkyard via https://www.flickr.com

Hiiiyyyy, tempat yang satu ini adalah kuburan guys. Letaknya di dekat George Heriot’s School, jadi tempat ini juga dekat dari The Elephant House. Tapi ini bukan sembarang kuburan, ini kuburan yang jadi inspirasi JKR waktu menulis tentang kuburannya Lord Voldemort.

Ngomong-ngomong soal Lord Voldemort, kalian inget kan nama aslinya itu Tom Riddle ? Nama itu beneran ada di kuburan ini loh ! Faktanya, ada 2 nama yang “dipinjam” JKR untuk karakter Harry Potter yang diambil dari kuburan ini, yaitu Tom Riddle dari Thomas Riddel, dan Minerva McGonagall dari William McGonagall.

Omong-omong, JKR udah ijin belum ya waktu pinjam nama mereka? Kalau belum ijin bisa-bisa JKR dihantui karena belum bayar royalti pinjam nama ke mereka. Hahaha

Satu tempat terakhir yang bisa dikunjungi di Edinburgh sebelum kita berpindah ke kota lain adalah : Balmoral Hotel

7. Balmoral Hotel

Balmoral Hotel

Balmoral Hotel via http://www.cnn.com

Kalau dulu JKR waktu menulis buku pertama dalam kondisi miskin dan susah uang, cuma mampu beli kopi dan menulis di cafe karena numpang penghangat, lain cerita ketika pada 11 Januari 2007 dia menulis paragraf terakhir dari Harry Potter. Saat itu dia sudah menjadi salah satu penulis paling kaya sejagat.

Pada saat menulis buku terakhir, dia menginap di kamar suite no.552 Balmoral Hotel. Untuk mengenang peninggalan JKR, saat ini kamar tersebut berubah nama menjadi The Rowling Suite. Lengkap dengan meja yang digunakan JKR pada saat penulisan detik-detik akhir buku ke 7, patung Hermes yang ditandatangani oleh JKR, dan pegangan pintu yang berbentuk burung hantu.

Kalau kalian mau menginap di sini, harus siap-siap merogoh kocek dalam-dalam ya. Karena harga 1 malam di Rowling Suite ini mencapai £1,000 = Rp. 19 juta rupiah. Lumayan mahal yak !

8. Alnwick Castle

Alnwick Castle

Alnwick Castle via http://davidnewby.co.uk

Kastil bergaya medieval yang terletak di Northumberland ini adalah kastil yang sering dipakai untuk syuting eksterior Hogwarts. Salah satu adegan terkenal yang dilakukan disini adalah pelajaran terbang pertama Harry Potter bersama Madam Hooch.

Kastil ini terbuka untuk umum pada April hingga Oktober setiap tahunnya. Bagi anak-anak yang berkunjung kesini bisa ikut pelajaran terbang dengan sapu terbang di tempat yang sama dengan Harry belajar terbang pertama kali. Isn’t it cool guys ? Kalau saya masih anak-anak pasti saya langsung daftar ikut belajar deh ! Sayang usia udah hampir kepala 3 jadi dilarang. Hahaha

9. Christ Church College, Oxford University

Great Dining Hall at Christ Church College

Great Dining Hall at Christ Church College via https://www.flickr.com

Tempat yang satu ini pasti begitu kita lihat kita langsung mengerti di sebelah mananya tempat ini yang ada di Harry Potter. Yak betul, Great Dining Hall di Christ Church College, Oxford University ini adalah sumber inspirasi dari Hogwarts Great Hall yang selalu muncul di setiap film Harry Potter.

Syuting filmnya sendiri tidak dilakukan di tempat ini, melainkan di set studio yang dibangun menyerupai aula ini tapi dengan versi diperbesar. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat wujud asli dari Great Hall, jadi jangan kaget kalau kalian harus antri panjang demi masuk ke dalam sini :)

Christ Church College ini adalah satu dari beberapa tempat di Oxford University yang dipakai sebagai tempat syuting atau inspirasi dari Harry Potter. Tempat lainnya lagi adalah di : Bodleian Library

10. Bodleian Library, Oxford University

Bodleian Library

Bodleian Library via http://www.pinterest.com

Bodleian Llibrary di Oxford University ini adalah tempat yang dipakai sebagai Hogwarts Library. Selain di bagian perpustakaan, di bagian Divinity School dari Bodleian ini juga dipakai sebagai tempat syuting Harry Potter, yakni Hogwarts Hospital Wing yang ditempati oleh Madam Pomfrey

11. Gloucester Cathedral

Gloucester Cathedral

Gloucester Cathedral via http://www.tripsavvy.com

Koridor di Gloucester Cathedral ini adalah koridor yang dipakai pada setiap adegan koridor di Hogwarts. Kaca patri yang ada di koridor ini dibuat tahun 1350. Sedangkan gereja nya sendiri umurnya lebih tua lagi, sudah ada sejak abad ke-7. Itu berarti hari ini usianya sudah lebih dari 1300 tahun. Wow !

12. Leadenhall Market

Leadenhall Market

Leadenhall Market via https://www.flickr.com

Pasar yang dibangun pada abad ke-14 ini adalah salah satu pasar tercantik yang ada di London. Dengan gaya Victoria-nya, Leadenhall Market digunakan sebagai tempat pengambilan beberapa adegan Diagon Alley pada Harry Potter.

Meski sebagian besar syuting Diagon Alley dilakukan di set studio, ada beberapa adegan yang disyuting pada Leadenhall Market ini. Salah satunya adalah adegan di Leaky Cauldron – pintu masuk ke Diagon Alley. Pintu Leaky Cauldron itu mengambil tempat di salah satu toko yang terletak di Leadenhall.

13. Platform 9 ¾ , Kings Cross Station

Kings Cross Station

Kings Cross Station via http://www.kingscross.co.uk

Siapa yang tidak kenal dengan adegan yang satu ini pasti belum pernah lihat film Harry Potter ! hehehe. Adegan terkenal yang di syuting di tempat ini adalah waktu pertama kali Harry ingin pergi ke Hogwarts via Platform 9 ¾.

Eits jangan dikira Platform 9 ¾ itu hanya ada di film loh ya. Kalau kita mengunjungi stasiun ini, kita akan menjumpai Platform 9 ¾ lengkap dengan troli yang seolah-olah menembus dinding. Tapi jangan harap kalian bisa ke Hogwarts Express dari sini ya ! Hehehe

Kalau kalian ke sini, siap-siaplah mengantri panjang untuk foto karena tempat ini sangat-sangat terkenal sehingga banyak orang datang ke sini untuk berfoto di Platform 9 ¾ yang iconic itu.

14. St. Pancras Station

St. Pancras Station

St. Pancras Station via https://www.flickr.com

Stasiun ini terletak tak jauh dari Kings Cross. Adegan pada saat Harry tiba di Kings Cross pada film sebenarnya diambil di stasiun ini, karena eksteriornya yang lebih bagus ketimbang Kings Cross. Begitu pula adegan waktu Ron membawa mobil terbang milik ayahnya, itu pun mengambil latar di stasiun ini. Karena letaknya yang dekat dengan Kings Cross Station, sekalian saja sempatkan waktu untuk menengok stasiun yang tak kalah cantik ini :)

15. Millenium Bridge

Millenium Bridge

Millenium Bridge via https://www.flickr.com

Millenium Bridge ini adalah jembatan penyeberangan khusus orang yang menghubungkan antara St. Paul's Cathedral dan Tate Modern Museum. Jembatan ini sebenarnya tidak pernah muncul di buku Harry Potter ( saat itu belum dibangun ), tetapi jembatan ini muncul di film Harry Potter and the Half Blood Prince yang hancur akibat oleh ulah Death Eaters.

16. Piccadily Circus

Piccadily Circus

Piccadily Circus via https://www.visitbritain.com

Piccadily Circus adalah tempat yang muncul di film Harry Potter and Deathly Hallows Part 1 di mana Harry, Ron, dan Hermione hampir tertabrak London Bus setelah kabur dari serangan Death Eaters pada perkawinan Charlie ( kakak Ron ) di rumah mereka.

17. The Making of Harry Potter – WB Leavesden Studio

The Making of Harry Potter

The Making of Harry Potter via https://www.virginexperiencedays.co.uk

We save the best for the last !

Tempat ini adalah The Making of Harry Potter yang terletak di Warner Bros Studio Leavesden , tempat syuting dari ke-8 film Harry Potter.

Setelah film ke-8 selesai dibuat, Warner Bros memutuskan untuk menjadikan set studio yang dipakai sebagai "museum" yang dapat kita kunjungi untuk mengetahui proses dibalik layar pembuatan film-film Harry Potter, yang merupakan salah satu franchise film terlaris sepanjang masa.

Beberapa set film yang dapat kita temukan disini antara lain adalah set dari :


  • Diagon Alley

  • Dumbledore Office

  • Great Hall

  • Potion's Classroom

  • Hagrid's Hut

  • Gryffindor Common Room

Dan yang menjadi salah satu masterpiece nya adalah miniatur raksasa dari Hogwarts yang dipakai untuk syuting film nya. Meskipun judulnya miniatur, tapi ukurannya melebihi tinggi manusia loh !

_____________________________________________________________________________________

Jadi begitu kawan itinerary singkat dari saya bagi kalian yang ingin napak tilas perjalanan Harry Potter di UK. Bagi saya pribadi yang juga Potterhead, pergi ke UK menjadi impian saya. Begitu banyaknya tempat-tempat menarik di UK yang ingin saya kunjungi satu persatu, baik itu yang terkait Harry Potter dan yang tidak. Kelak suatu hari nanti kalau Tuhan mengijinkan saya akan mengunjungi tempat-tempat diatas. Amin !

Sampai jumpa di lain waktu dan lain tulisan kawan, semoga kita bisa bertemu di London ya !

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya