Selain Pantainya, 8 Destinasi di Bali Ini Akan Memanjakan Matamu dengan Pesona Sejarahnya

Mendengar kata “sejarah” kita langsung skeptis dan beranggapan bahwa berbicara tentang sejarah itu ketinggalan jaman. Siapa bilang sejarah itu “kuno”? Karena belajar dari sejarahlah kita bisa menjadi seperti saat ini. Tidak usah muluk-muluk, kalau membaca buku sejarah itu membosankan, kenapa kita tidak mencoba cara lain mempelajari sejarah? Ya. Mengunjungi lokasinya secara langsung dan tentunya mengambil foto yang ciamik dan memperindah feed Instagram kamu.

Ternyata Pulau Bali nggak cuma punya pantai, pura, dan budaya saja loh, tapi juga punya banyak tempat-tempat sejarah yang keren abis. Tunggu apa lagi. Ayo terbang ke Bali dan selamat menikmati!

1. Taman Soekasada Ujung

Taman Ujung di ujung timur pulau Bali

Taman Ujung di ujung timur pulau Bali via http://www.google.co.id

Advertisement

Kompleks Taman Soekasada Ujung merupakan peninggalan sejarah dengan kombinasi arsitektur Bali dan Eropa. Kawasan ini tampak unik dengan taman yang tertata rapi, berdiri megah dan sangat khas. Letaknya di ujung timur Pulau Bali, yaitu di Kabupaten Karangasem.

Kawasan ini juga seringkali dijadikan lokasi foto prewedding. Banyak spot yang asyik banget untuk difoto. Kurang apalagi? Sudah pasti keren dan seru apabila berjalan-jalan disini bersama keluarga, sahabat, atau kekasih sembari mengambil foto yang Instagramable.

2. Tirta Gangga

Tirta Gangga nan sejuk

Tirta Gangga nan sejuk via http://instagram.com

Tirta gangga merupakan warisan dari Kerajaan Karangasem selain Taman Soekasada Ujung. Tirta Gangga menghadirkan suasana yang sejuk dilengkapi dengan taman serta kolam renang dari sumber mata air alam kaki pegunungan. Tirta Gangga juga menyuguhkan nuansa arsitektur Bali dan China yang sangat kental. Kamu bisa berfoto di bagian tengah kolam dengan berbagai macam gaya foto. Pasti betah dan nggak akan nyesel deh datang kesini.

Advertisement

3. Makam Jayaprana dan Layonsari

Jalan menuju makam jayaprana layonsari

Jalan menuju makam jayaprana layonsari via http://instagram.com

Cerita Rakyat Jayaprana dan Layonsari ibarat Romeo Juliet versi Bali. Jalan menuju makam inilah yang biasanya jadi incaran penikmat foto karena Instagramable banget dengan jalanan panjang yang dihiasi anak tangga serta ditumbuhi pohon-pohon tinggi. Suasana mistis pun tak terelakkan disepanjang jalan ini. Uhhhhh seram! Banyak mitos yang masih beredar terkait kisah legendaris yang tragis ini.

Salah satunya, pasangan yang sedang menjalin hubungan dianjurkan untuk tidak mengunjungi makam ini karena disinyalir akan putus. Entah mitos ini benar atau tidak, dan tergantung kamu percaya atau tidak. Makin seru aja ya. Apakah kamu ingin mencoba datang kesini dengan sang kekasih?

4. Monumen Lintas Laut

Monumen lintas laut cekik

Monumen lintas laut cekik via http://google.co.id

Monumen ini terletak di Kawasan Cekik, Kabupaten Jembrana. Monumen ini merupakan simbol perjuangan dalam meraih kemerdekaan, tepatnya merebut Bali dari Belanda dengan pertempuran yang dilakukan di laut Jawa-Bali. Monumen ini sangat nyentrik dan berada tepat di pinggir jalan Denpasar-Gilimanuk. Pada bagian depan monumen kita akan disuguhkan dengan mobil tank yang gagah, ada pula anak tangga yang mengitari monumen dan menampilkan banyak informasi seputar sejarah berupa foto, relief, dan patung. Walaupun tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan, monumen ini bisa masuk dalam list jalan-jalan kamu ketika mengunjungi Bali Barat. Dijamin kamu akan makin cinta tanah air deh.

Advertisement

5. Museum Subak

Slah satu koleksi museum subak

Slah satu koleksi museum subak via http://instagram.com

Kapan terakhir kali kalian mengunjungi museum? Sewaktu tour SD? Sewaktu mencari bahan penelitian? atau bahkan belum pernah?. Nggak usah merasa kecil hati. Lebih baik pergi ke Bali dan kunjungi museum Subak yang pastinya hanya ada di Bali. Subak adalah sistem irigasi khas adat Bali. Subak di Tabanan ini di masukkan sebagai salah satu oleh UNESCO pada bulan Mei 2012 loh. Keren kan? Di museum ini kita bisa mempelajari sejarah perkembangan subak dan tentunya melihat pemandangan subak dan hamparan persawahan yang sesungguhnya.

6. Tenganan Pagringsingan

Ayunan di desa tenganan

Ayunan di desa tenganan via http://google.co.id

Ingin menikmati Bali yang sesungguhnya? Datanglah ke Desa Adat Tenganan. Desa tua ini sudah ada sebelum invasi Kerajaan Majapahit ke Bali loh. Ciri khas dari desa ini selain tradisi adatnya adalah kain tenun pagringsingan yang keren banget. Kalian akan melihat penduduk dengan balutan kain tenun pagringsingan yang aduhai banget.

7. Desa Adat Penglipuran

Desa Adat Penglipuran

Desa Adat Penglipuran via http://google.com

Penglipuran merupakan desa adat Bali yang masih kental dengan budaya tradisional Bali dan konsisten akan nilai-nilai leluhur dengan rumah yang seragam tapi tak sama. Udaranya sangat sejuk karena kendaraan bermotor dilarang memasuki desa ini. Terbayang kan bagaimana asrinya? Sesuai namanya, desa ini bisa menjadi tempat pelipur lara kalian. Kalian para penggemar fotografi tak akan melewatkan kesempatan berkunjung ke desa ini untuk menjepret foto-foto yang keren sekaligus belajar sejarah. Wajib berkunjung kesini ya dan dapatkan pengalaman berharga tak terlupakan

8. Gereja Palasari

Gereja Palasari dengan arsitektur dua budaya

Gereja Palasari dengan arsitektur dua budaya via http://instagram.com

Nah! Ini dia salah satu toleransi keberagaman yang tampak dalam bangunan bersejarah Gereja Palasari yang memadukan arsitektur Bali dan Eropa, bentuk akulturasi budaya Hindu dan Kristen yang bertahan hingga saat ini. Daripada pusing dikompor-komporin dengan berita sara, lebih baik kesini dan menikmati betapa indahnya perpaduan keberagaman. Walaupun tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan, tapi bangunan unik ini patut ditambahkan dalam list kalian yang ingin liburan ke Bali untuk memperoleh pengalaman yang berbeda dan foto yang pastinya keren.


Menikmati sejarah terasa sangat menyenangkan dengan mengunjungi tempat bersejarah yang Instagramable banget ini. Jangan hanya mantan yang dikenang, tempat-tempat bersejarah juga dong. Saatnya berburu lokasi sejarah yang instagramable. Ilmunya dapat, fotopun disikat!


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

4 Comments

  1. Erica Tjahjadi berkata:

    hai, aq punya banyak hadiah loh buat kamu, Cashback sampai 100%. yuk add pin bb aku : 25CBBB46 , atau kunjungi www(.)d-ew-a168(.)com

CLOSE