Travelling udah jadi kebutuhan wajib bagi sebagaian besar orang. Tidak jarang,banyak yang jadiin travelling itu hobi. Terlebih untuk kamu para generasi milenial, travelling udah jadi gaya hidup baru. Nggak sedikit lho, orang yang rela (harus) menghabiskan budget lebih hanya untuk travelling. Tapi, tahu nggak kalau kamu sebenarnya bisa travelling hemat dengan budget pas-pas’an.

Gimana caranya? Jadi backpacker dong! Apa sih backpacker? Intinya backpacker itu yah kamu travelling dengan membawa barang sesedikit mungkin dan mengeluarkan biaya semurah mungkin. Gila nggak?

Eitssss, jangan mikir ribet dulu. Jadi backpacker itu sebenarnya asik kok! Banyak pengalaman seru yang bisa kamu dapat. Kamu udah niat jadi backpacker tapi nggak tahu apa aja yang harus disiapin? Simak tipsnya di bawah ini yah.

1. Pilih Tujuan Wisata

Danau Sentani, Jayapura

Danau Sentani, Jayapura via https://www.instagram.com

Pertama-tama kamu harus tentuin tempat wisata mana yang mau jdai tujuanmu. Biasanya di satu wilayah alias satu kota atau palau gitu kamu udah bisa ke beberapa destinasi wisata. Kalau budget kamu benar-benar terbatas, kamu bisa piih tujuan wisata lokal di Indonesia. Jangan Pesimis dulu, pesona alam Indonesia nggak akan bikin kamu kecewa kok. Percaya deh!

Advertisement

Nah.. Kamu tinggal searching di Google tentang destinasi wisata favorit di Indonesia. Jangan kaget kalau banyak banget tempat yang muncul nanti.

2. Cari Reverensi tentang Objek Wisata

Searching di Google dong

Searching di Google dong via https://images.search.yahoo.com

Point yang satu ini wajib hukumnya! Jika tempatnya belum pernah kamu datangi, kamu harus cari tahu informasinya sebanyak mungkin. Manfaatkan internet guys. Di situ kamu bisa dapat informasi yang kamu perlukan. Bahkan kamu bisa menemukan itinerary (daftar kegiatan serta estimasi budget) yang ditulis oleh para traveller atau backpacker dalam Blog pribadi mereka. WOW!

3. Mencari Informasi Tempat Penginapan

Tinggal di Homestay

Tinggal di Homestay via https://images.search.yahoo.com

Bagian penting yang kadang disepelehkan nih guys..

Advertisement

Penginapan kamu selama travelling adalah salah satu bagian yang paling memakan biaya kan? So, biar hemat kamu bisa cari penginapan murah dengan membandingkan harganya dari beberapa aplikasi online. Biar lebih hemat lagi, cari penginapan yang sudah include antar-jemput saat check in dan check out. Kamu bisa pakai cara ini untuk menghemat biaya penginapan kamu, karena setiap aplikasi online menawarkan harga yang berbeda.

Kalau kamu ingin jadi backpacker sejati, kamu bisa pilih untuk tinggal di homestay. Biasanya homestay menawarkan harga murah dibandingkan jenis penginapan lainnya dan tidak jarang sudah include makan selama tinggal di sana.

4. Menentukan Transportasi yang Akan Digunakan

Kamu juga harus mikir trasportasi mana yang mau kamu pakai selama travelling. Tentukan kamu mau pakai apa ke kota tujuan wisatamu. Apakah kamu harus naik pesawat, bus, kapal, kereta, atau kendaraan pribadi? Kalau kamu harus naik pesawat, bisa cek promo-promonya di aplikasi online.

Nah kalau kamu udah di kota tempat wisatamu, kamu bisa menyewa motor. Kendaraan ini adalah yang paling efisien jika kamu ingin menjadi backpacker. Kamu bisa menanyakan ke pengelola penginapan kamu di mana kamu bisa menyewa motor.

5. Buatlah Jadwal Perjalanan

Jangan lupa membuat jadwal perjalananmu. Tentukan berapa lama kamu akan berwisata. sesuaikan dengan budget dan kondisi fisikmu juga yah.

Kamu bisa menuliskan destinasi-destinasi yang akan kamu kunjungi, kuliner mana saja yang akan kamu cicipi, atau apa saja yang berkaitan dengan kegiatan travelling kamu. Catatan tersebut bisa kamu buat dalam bentuk soft file di note HPkamu, atau hard file seperti note kecil yang bisa kamu simpan di daypack kamu.

6. Ajak Teman-Temanmu

Liburan ke Karimun Jawa

Liburan ke Karimun Jawa via https://www.instagram.com

Mau travelling-nya makin seru? Ajak teman-temanmu ikut berpetualang bareng kamu dong.

Selain makin rame, dengan kamu ngajak teman-temanmu, kamu juga bisa share cost penginapan atau yang lainnya bareng mereka. Ini salah satu trik ampuh supaya biaya perjalananmu makin murah guys.

7. Bawalah Beberapa Tas

Monkey Forest, Ubud Bali

Monkey Forest, Ubud Bali via https://www.instagram.com

Meskipun kamu akan travelling ala backpacker, beberapa alat tempur perjalanan tetap wajib kamu siapkan yahh. Di antaranya adalah beberapa tas kayak di bawah ini :

  1. Travel Kit : Siapkan dompet kecil untuk paspor, visa, bahkan KTP
  2. Tas Carrier atau daypack : Jangan repot-repot bawa koper yah kalau mau jadi backpacker. Fix itu bikin kamu kewalahan harus dorong ke sana sini nanti. Tas yang paling efisien untuk jadi backpacker itu adalah tas carrier atau tas daypack. Kegunaan keduanya sama aja kayak koper, untuk menampung barang-barang bawaan kamu selama travelling cuma bedanya kamu nggak harus dorong ke sana-kemari heheheh. Beda tas carrier sama daypack itu terlatak di daya tampungnya. Kalau tas carrier daya tampungnya lebih banyak dari 40-100 liter, kalau daypack dari 15-35 liter.
  3. Tas Selempang : Nah ini juga penting nih. Kamu nggak mungkin kan mau repot-repot nyari prentelan-prentelan kecil waktu kamu harus menikmati perjalanan kamu saat travelling? Kamu perlu banget bawa tas selempang untuk HP, dompet, power bank atau mungkin lipstick hehe.

8. Siapkan Uang Cash

bayar pakai cash

bayar pakai cash via https://images.search.yahoo.com

Uang cash penting banget guys..

Sedikit uang cash juga perlu kamu siapkan untuk keperluan mendesak jika kamu tidak menemukan ATM di sekitar tempat wisata dan kamu perlu membeli makanan dan sebagainya.

9. Packing Praktis

how to backpack like a pro ?

how to backpack like a pro ? via https://images.search.yahoo.com

Jika sudah siap semuanya, saatnya packing.

Packing ala backpacker itu harus bisa seminimalis mungkin alias usahakan sebisa mungkin segala jenis barang yang kamu bawa bisa muat ke dalam tas. Caranya mudah. Usahakan baju atau pakaian yang kamu bawa itu ringan dan tidak mudah kusut. Kamu bisa membawa kaos atau jersey. Untuk meminimalisir tempat, kaos tersebut bisa kamu gulung menjadi ukurang kecil.

Barang-barang seperti jeans atau jacket yang nggak bisa dilipat jadi kecil, cukup dibawa satu aja yah. Pisahkan peralatan mandi dan make up dari pakaian. Jangan lupa bawalah wadah plastik alias kantong kresek. Benda kecil itu akan jadi benda multifungsi saat kamu travelling. Nah, yang terakhir susun barang-barang kamu ke dalam tas mulai dari yang terberat dan pastikan kamu menyeimbangkan berat antara sisi kiri dan kanannya. Kelar dehhhh..

Gimana? Udah siap bikin kenangan manis dengan jadi backpacker? Buruan susun rencana sama teman-temanmu untuk liburan..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya