5 Tips Mencuri Waktu untuk Me Time Berkualitas. Semua Demi Hidup Biar Tetap Waras

me time berkualitas

Me time sering diasosiasikan sebagai tanda bahwa seseorang terlihat menyedihkan ketika sendirian, padahal tujuan dari me time ini adalah karena seseorang ingin waktu untuk bersantai, untuk menikmati keadaan sekitar tanpa ada gangguang dari pihak lain. Pekerjaan yang menumpuk sering kali membuat seseorang lupa akan dirinya sendiri, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan me time. 

Me time juga merupakan salah satu cara yang pas untuk menghemat energi, waktu dan biaya untuk merefreshingkan pikiran dari penatnya pekerjaan. Me time juga merupakan salah satu waktu yang pas untukmu agar bisa merefleksikan segala hal yang sudah kamu lakukan dan apakah perlu ada perubahan di hidupmu. Terlepas dari itu kamu bisa melihat potensi apa yang kamu miliki yang tidak bisa dilihat oleh orang lain, karena yang mengerti itu semua adalah dirimu sendiri sehingga waktu untuk diri sendiri ini sangat perlu untuk dilakukan meskipun separuh waktumu kamu habiskan untuk bercengkrama dengan orang lain.

Jadi, tidak ada ruginya untuk melakukan me time menikmati waktu yang seharusnya kamu sering lakukan. Ini beberapa tips untuk membuat me time kamu berkualitas.

Advertisement

1. Cari waktu di sela-sela kesibukanmu untuk Me time yang berkualitas

Photo by Food52

Photo by Food52 via https://food52.com

Waktu adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, karena kita tidak memiliki kekuatan untuk mengatur waktu. Jadi, pilihlah waktu dimana kamu bisa nyaman tanpa ada gangguan dari manapun. Kamu tidak mau kan di tengah me time-mu kamu tiba-tiba ada panggilan masuk dari atasan yang menyuruhmu untuk segera menuntaskan lapora saat itu juga karena tenggat waktunya sudah semakin dekat. Jangan pilih waktu dimana kamu masih harus mengerjakan tanggung jawabmu, pilihlah waktu dimana kamu bisa bebas tanpa ada panggilan dari atasan sehingga kamu tidak kepikiran atas pekerjaanmu. 

Waktu untuk me time pun juga tidak perlu panjang-panjang, beberapa jam saja sudah cukup untuk kamu menikmati kebebasanmu dan memikirkan hal-hal menyenangkan dalam hidupmu. Meskipun waktu yang singkat tapi hasil yang maksimal tanpa gangguan dapat membuatmu lebih siap untuk menghadapi hari esok.

Advertisement

2. Pilihlah kegiatan sederhana yang kamu sukai agar me time lebih menyenangkan

Photo by diabetes.co.uk

Photo by diabetes.co.uk via https://www.diabetes.co.uk

Setelah memutuskan kapan untuk melakukan me time sekarang saatnya kamu untuk memilih kegiatan apa yang harus kamu lakukan. Cukup yang sederhana saja contohnya seperti menonton series yang sudah kamu tinggalkan beberapa bulan atau bersepeda keliling kompleks dan menyapa tetangga sekitar yang mungkin sudah tidak mengenalmu karena kesibukanmu yang sangat padat. Hal-hal sederhana seperti ini juga sangat mdah untuk didapatkan, tidak perlu hal-hal yang mahal atau perencanaan yang ekstra, justru kegiatan yang sangat familiar ini akan membuat kenyamanan sendiri ketika kamu melakukan me time. Sehingga me timemu kali ini akan lebih berkualitas dan kamu akan mendapatkan manfaat yang berlimpah setelah melakukannya.

Kegiatan yang kamu lakukan juga berbanding lurus dengan hasil yang akan kamu dapatkan jadi cobalah untuk memilih kegiatan yang benar-benar membuatmu senang, sehingga kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal juga.

3. Ponselnya dijauhin dulu ya, sebentar aja kok sampai me time selesai

Advertisement
Photo by etsy.com

Photo by etsy.com via http://https

Ponsel merupakan salah satu barang yang wajib sekali untuk dibawa kemana-mana. Selain manfaatnya yang sangat banyak namun terkadang ponsel merupakan salah satu sumber untuk menurunkan mood kita. Bagaimana tidak ketika kamu mencoba untuk menyelami laman sosial mediamu lalu kamu melihat temanmu pergi berlibur dan bersenang-senang. Bukan salah temanmu tapi terkadang kamu juga ingin seperti mereka tapi memaang pekerjaanmu yang sangat padat memaksamu untuk tetap berada di tempatmu sekarang. Rasa iri yang kamu rasakan itu wajar tapi jika bisa menghindari itu semua apa salahnya mencoba kan?

Jadi, cobalah untuk fokus dengan dirimu sendiri karena terkadang ponsel menjadi sebuah distraksi. Fokus dengan apa yang kamu kerjakan pada saat me time dan cobalah untuk berpikiran positif agar me time kali ini akan berbuah manis.

4. Fokus dan konsisten dengan apa yang kamu lakukan saat me time agar kamu tidak terdistraksi

Photo by lektur.id

Photo by lektur.id via https://lektur.id

Selain ponsel ada banyak hal yang bisa menjadi distraksi ketika kamu melakukan me time. Yang biasanya sangat menganggu waktu bersantaimu adalah pikiranmu sendiri. Bisa saja ketika kamu mengayuh sepedamu pikiranmu berada di pekerjaan yang harusnya kamu kerjakan esok hari, apalagi belum pikiran-pikiran negatif yang selalu ada dan tidak bisa dihentikan layaknya tombol on/off. Cobalah untuk fokus dengan apa yang kamu lakukan, tidak ada salahnya untuk menyimpan pikiran-pikiran pekerjaan untuk esok hari karena kamu sudah memilih satu waktu dimana pekerjaan bisa dipikirkan esok hari. Juga, apa yang kamu lakukan saat itu juga merupakan kegiatan yang selama ini kamu tinggalkan karena kesibukanmu yang cukup padat.

Beberapa jam menikmati waktumu dengan diri sendiri tidak akan membuatmu menjadi orang yang tidak bertanggung jawab atas pekerjaanmu karena kamu sudah menyiapkan waktu yang pas untuk melakukan me time. Jadi tetaplah fokus dan nikmati waktumu dan kamu akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

5. Me Time juga baik untuk kesehatam mentalmu loh, jadi apa salahnya mencoba

Photo by Serapth on flickr.com

Photo by Serapth on flickr.com via https://www.flickr.com

Meskipun me time dilakukan sendiri, namun hal itu yang menjadi sangat penting karena yang mengertimu adalah dirimu sendiri. Ketika kamu sendiri pikiranmu bisa terbang bebas tanpa adanya batasan ketika kamu bersama orang lain. Kamu akhirnya dapat mengenali dirmu lebih jauh, akhirnya potensi dalam dirimu yang selalu tertutup akan muncul dengan sendirinya ketika kamu menyadari bahwa kamu bisa. Orang lain terkadang tak bisa melihatnya sehingga kamu perlu diri sendiri untuk mengenalinya. Jadi, me time akan membuatmu lebih percaya diri dan produktif karena akhirnya kamu bisa melakukan hal yang selama ini hanya kamu impikan.

Selain itu me time juga bisa diasosiasikan dengan istirahat namun istirahat yang satu ini bukan hanya tidur seharian di atas kasur dan update story instagrammu tapi me time jauh lebih memberikan dampak positif seperti menghilangkan stress dan lebih merileksaksikan pikiran dari hal-hal yang sudah kamu lewati.

6. Kalau sudah selesai me time jangan lupa untuk kembali ke rutinitas yaa

Photo by shutterstock.com

Photo by shutterstock.com via http://Shutterstock.com

Kalau sudah tenang dan segar jangan lupa untuk kembali ke rutinitasmu yaa. Jangan sampai karena kamu terlalu nyaman akhirnya kamu meninggalkan semua tanggung jawabmu. You still have a lifetime buat me time dengan berbagai macam kegiatan lain. Jadi jangan mengira bahwa me timemu kali ini adalah me time terakhir sehingga kamu sulit untuk mengakhirnya dan menunda pekerjaanmu karena terlalu nyaman. Coba tekankan ke dirimu sendiri bahwa ini hanyalah istirahat dari segala penat yang kamu rasakan selama ini. Kamu masih bisa melakukan lagi ketika kamu sudah lelah dan butuh refreshing.

Pekerjaanmu masih harus kamu selesaikan untuk menggapai tujuanmu yang sebenarnya, kamu masih harus bekerja ekstra untuk meraih itu semua. Me time hanya sebuah rest area dimana kamu bisa mengistirahatkan otak dan tubuh kamu dari perjalan yang sudah kamu tempuh sebelumnya, dan akamu harus kembali lagi untuk menyusuri jalanan yang masih panjang itu untuk mencapai tujuan akhirmu. Jangan lupa kembali karena tanggung jawabmu masih menunggumu untuk diselesaikan bukan untuk orang lian tapi untuk dirimu sendiri. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang yang lagi suka curhat lewat tulisan

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE