Memaksimalkan Ramadan Bersama Habib Husein Jafar di BSI Ramadan Fest!

Menebar manfaat, raih keberkahan di Ramadhan bersama Bank Syariah Indonesia

Selama Ramadhan ini, Bank Syariah Indonesia atau biasa disebut BSI mengadakan acara virtual dengan nama BSI Ramadhan Fest! 

Nah 25 April kemarin ada kajian Islami dari Habib Husein Ja'far, Alumnus dari Pondok Pesantren Bangil dan Filsafat Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah sekaligus kandidat magister Tafsir Quran di universitas yang sama.

Dengan tema kajian Puasa Mendidik Jiwa yang Istiqomah, yuk intip sedikit poin dari pembahasan beliau untuk memaksimalkan ramadhan kita!

Advertisement

1. Melaksanakan amalan ramadhan tanpa tapi

Maksudnya adalah kita tetap berangkat tarawih di masjid walaupun ada hujan dan sedang dalam pandemi (tentunya dengan protokol kesehatan). 

Orang yang bertaqwa akan tetap melaksanakan amalan ramadhan walaupun dengan segala keterbatasan dan kondisi yang kurang baik, karena niatnya adalah untuk mencari ridho Allah.

Advertisement

2. Ikhlas karena Allah

Orang yang berpuasa karena Allah, bukan karena diiming-imingi oleh hadiah ataupun uang akan sukses puasanya dan mendapatkan pahala serta keberkahan berlimpah. Puasa bukan sekedar menahan haus dan lapar, tapi juga menahan emosi seperti marah. orang yang berpuasa tidak akan mudah marah sekalipun dipancing. Seorang yang baik akan mampu memerangi nafsunya baik di bulan ramadhan maupun diluar bulan ramadhan. Seseorang yang baik akan memperlakukan sesama dengan lembut.

3. Jadikan ramadhan sebagai alat muhasabah diri

blog Anwariz

blog Anwariz via http://www.anwariz.com

Allah menyakinkan kita melalui suratnya di AlQur'an bahwa Allah akan mengampuni dosa kita di 11 bulan lainnya di bulan Ramadhan. Karena itu Ramadhan bisa menjadi tempat kita merefleksikan diri kita selama 11 bulan sebelumnya. Di bulan suci ini, kita berkesempatan untuk melakukan muhasabah diri agar menjadi diri yang lebih baik setelah Ramadhan.

4. Jangan jadikan Ramadan sebagai alasan untuk bermalas-malasan

pesantren.id

pesantren.id via https://pesantren.id

Banyak yang lebih memilih tidur-tiduran untuk mengatasi rasa lapar dan haus, menurut Habib Husein hal ini sebaiknya jangan dilakukan. Puasa bukan berarti kita bermalas-malasan. Justru saat puasa kita harus bisa lebih produktif dalam hal mengais pahala. Jadikan segala hal yang kita lakukan sebagai ibadah agar tercatat pahalanya di sisi Allah sebagai Ibadah.

Jika kamu bekerja lakukanlah dengan niatan untuk beribadah kepada Allah. Pun jika kamu berjualan ataupun belajar, kamu harus niatkan untuk beribadah agar dicatat sebagai kebaikan.

5. Memperbanyak Ibadah

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa. Hanya di bulan ini ada malam yang lebih baik dari 1000 malam yaitu lailatul qadr. Untuk mendapakan lailatul qadr kita harus memperbanyak ibadah sunnah dan mengamalkan amalan sholeh. Memperbanyak bacaan quran, belajar islam, tahajjud dan tarawih haruslah kita lakukan untuk dapat meraih malam lailatul qadr.

Nah itu dia sedikit pembahasan dari Habib Husein Jafar. Selain ada kajian islami, ada juga pertunjukkan musik dari Takaeda n Friend dengan salah satu lagu religinya yang berjudul Akhirat Rumah Kita.

Kamu coba deh kunjungi webinar dan acara virtual menarik lainnya di BSI virtual ramadan fest di link ini : https://www.bsiramadhanfest.com/

Menebar manfaat, raih keberkahan bersama Bank Syariah Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE