Pentingnya Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Membantu Dirimu Menyembuhkan Luka Batin

Self Healing sebagai sarana penyembuhan luka batin

Luka batin merupakan trauma yang dimiliki seseorang terhadap suatu peristiwa menyakitkan yang pernah dialaminya di masa lalu. Luka batin ini sulit untuk dihilangkan jika orang yang bersangkutan terus mengingat luka tersebut, maka dari itu penting bagi kita semua untuk menerapkan self healing dalam diri. Self healing sendiri adalah proses penyembuhan diri dari luka batin yang di alami. Self healing ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati kelelahan batin pada seseorang. Self Healing dapat menjadi sarana terbaik untuk kita menenangkan pikiran dan menyembuhkan luka batin.

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami kelelahan pikiran yang berkepanjangan dan membuat batinnya terluka. Banyak peristiwa yang tidak mengenakkan terjadi dalam kehidupan ini seperti kehilangan orang yang disayangi, putus cinta, menyalahkan diri sendiri atas kegagalan dan sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi murung, stres, depresi bahkan kehilangan akal sehatnya. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan proses self healingmu!

Advertisement

1. Berdamai dengan keadaan

Foto oleh Tim Douglas dari Pexels

Foto oleh Tim Douglas dari Pexels via https://www.pexels.com

Setiap orang pasti sulit untuk berdamai dengan keadaan buruk yang pernah menimpanya, banyak orang yang terus memikirkan masalahnya terus menerus dan tidak dapat berdamai dengan keadaan, akan tetapi jika itu terus berlangsung, maka luka batin itu akan terus melekat dalam diri.

Oleh karena itu, cobalah untuk berdamai dengan keadaan dan menerimanya. Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, tetapi cara ini patut dicoba untuk menyembuhkan luka batin.

Advertisement

2. Menenangkan pikiran

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Pikiran yang kacau sering  terjadi pada orang yang batin nya terluka. Pikiran yang kacau ini dapat menyebabkan seseorang menjadi kelelahan hingga stres, oleh karena itu penting bagi kita untuk menenangkan pikiran jika sedang berada di fase ini.

Menenangkan pikiran dapat menjadi metode yang baik karena ketika kita sudah berhasil menenangkan pikiran kita, tubuh kita akan menjadi lebih rileks dan menjadi lebih tenang.

3. Curhat dengan orang yang kamu percayai

Foto oleh Julia Larson dari Pexels

Foto oleh Julia Larson dari Pexels via https://www.pexels.com

Curhat  dengan sahabat atau orang yang kamu percayai dapat menjadi metode yang baik untuk meringankan masalahmu. Karena ketika kita menceritakan keluh kesah, maka beban yang berada dipundak seakan menjadi lebih ringan karena sudah dicurahkan.

Dan point plus yang bisa didapatkan adalah temanmu bisa memberikan solusi atau menjadi penguat kamu dalam menghadapi masalahmu.

4. Me Time

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Bercerita dengan orang terdekat tidak selalu menjadi pilihan yang baik karena sebagian orang tidak memberikan solusi malah menambahkan beban, maka langkah terbaik yang bisa di ambil adalah Me Time.

Terkadang kamu harus fokus terhadap diri sendiri agar menjadi lebih tenang, kamu bisa me time dengan cara liburan sendiri atau sekedar berjalan jalan sendiri agar pikiran mu menjadi lebih rileks

5. Jangan tenggelam dengan masa lalu

Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels

Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels via https://www.pexels.com

Sebagian besar orang pasti memiliki masa lalu yang kelam. Tetapi mau bagaimanapun, masa lalu akan tetap menjadi masa lalu yang tidak bisa dihilangkan atau dihapus dari memori kehidupan. Maka jalan terbaik untuk menghadapi nya adalah menerima masa lalumu dan fokus untuk masa depan yang sudah ada di depan mata, anggap masa lalu menjadi sebuah pelajaran yang berharga.

Jika kamu adalah orang yang sedang berada di fase ini dan sedang berusaha menyembuhkannya, tetap semangat kareena hidup akan terus berjalan, anggaplah masalah itu sebagai bagian berharga dari hidup yang dapat mendewasakanmu. Semoga artikel ini dapat membantu untuk membangkitkan diri kembali. Tetap semangat ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE