Memberikan Nilai Plus Pada Sebuah Cafe Melalui Pencahayaan

Apa yang menarik bagi seseorang untuk mendatangi sebuah café? Ternyata kebanyakan orang datang ke sebuah café bukan untuk menikmati hidangannya melainkan untuk bersantai dan menikmati suasana café. Ternyata suasana cafe juga bisa dibentuk melalui pengaturan lighting lho! yuk, simak tips dan trick berikut ini

Advertisement

1. Mengetahui dan menetapkan brand image pada café anda

brand image

brand image via https://id.pinterest.com

Sebelum menentukkan suatu pencahayaan yang akan digunakan pada sebuah café, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu identitas seperti apa yang akan diperkenalkan kepada customer.

Identitas dalam suatu café biasa ditentukan melalui konsep atau gaya desain yang akan diwujudkan. Selain itu, brand image juga menentukkan lighting apa yang akan digunakan. Misalnya, gaya desain klasik biasanya menggunakan lighting berbentuk chandilier dsb!

Advertisement

2. Memanfaatkan pencahayaan alami sebanyak mungkin pada siang hari

Bukaan Besar Pada Cafe

Bukaan Besar Pada Cafe via https://id.pinterest.com

Sinar matahari memiliki Color Redering Image (CRI) alami yang paling baik. Dengan adanya CRI yang baik mengakibatkan setiap barang yang terkena cahaya matahari memunculkan warna aslinya secara maksimal. Jadi, jangan lupa untuk memberikan bukaan pada cafe kalian ya!

3. Pemilihan warna cahaya

Temperature Cahaya

Temperature Cahaya via https://id.pinterest.com

Pada umunya warna cahaya dibagi menjadi 2. Yang pertama cool-toned, yang berarti warna cahaya yang dihasilkan lebih mengarah ke warna biru. Sedangkan yang lainnya disebut warm-toned, yang menghasilkan warna cahaya yang lebih mengarah ke warna kuning. Jadi warna apa yang kalian pilih untuk keseluruhan cafe kalian?

4. Membuat Seni Melalui Pencahayaan

Lighting Pattern

Lighting Pattern via https://id.pinterest.com

“Instagrammable Space” dapat dibentuk melalui banyak hal, salah satunya adalah dengan menempatkan dan mengatur pencahayan sehingga membentuk suatu aksen yang menarik. Jenis pencahayaan yang seperti ini biasanya hanya digunakan untuk sisi estetik dan titik focus untuk menyorot area tertentu dalam suatu café dimana digunakan untuk mengarahkan perhatian pelanggan.

5. Menarik pelanggan dengan rancangan pencahayaan.

Lighting Signage

Lighting Signage via https://id.pinterest.com

Fasad atau tampak depan café merupakan area penting yang dapat menentukkan apakah customer akan memasuki café atau tidak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika area fasad café memiliki pencahayaan yang terang atau menyorot pada satu titik tertentu.

Pada umumnya, untuk membuat fasad menjadi lebih eye-catching banyak di aplikasikan melalui pemasangan signage.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE