Baju adalah salah satu kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Seiring berkembangnya zaman, pakaian tidak hanya sebagai kebutuhan pokok melainkan sebagai item untuk menggambarkan status sosial maupun pendukung kepercayaan diri. Ditambah lagi semakin meningkatkan industri fashion yang kreatif, membuat banyak orang semakin tertarik untuk memiliki pakaian yang modis.

Namun tak sedikit yang mengeluhkan soal harga yang mahal untuk bisa tampil menarik. Tetapi kita dapat menyiasatinya yaitu dengan membuat pakaian sendiri sehingga kita bisa tetap tampil gaya namun minim biaya. Berikut ini yang perlu kamu lakuin untuk membuat baju sendiri.

1. Belajar Mendesain Pakaian

Ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk belajar menggambar. Tidak masalah jika desain pertamamu jelek, seharusnya dirimu bangga karena kamu telah mencoba untuk menjadi desainer pemula. Cukup pakaian yang kamu gambar cukup jelas seperti bentuk kerah, panjang pakaian, maupun bentuk lengan. Lalu warnai desainmu sesuai warna baju yang kamu mau. Bila ingin mempelajari lebih lanjut tentang desain, maka kamu dapat membeli buku berisi tutorial desain baju di toko buku maupun belajar melalui internet.

2. Susah Menggambar? Replikasi Bisa Menjadi Solusinya

Replikasi

Replikasi via https://stocksnap.io

Jika kamu merasa masih susah untuk menggambar bajumu, maka kamu bisa mencoba dengan membuat replikasi model baju yang sudah ada. Replikasi bukan berarti kamu menjadikan seorang penyontek, melainkan kamu melakukan improvisasi di beberapa bagian baju atau mengganti warnanya. Untuk desainnya bisa kamu dapatkan dari media sosial, majalah, atau model baju yang pernah kamu lihat di pusat perbelanjaan.

Advertisement

Kemudian kamu dapat mengambil gambar model baju tersebut yang nantinya menjadi acuan tukang jahit untuk membuat bajumu. Tak lupa juga untuk mencatat bagian-bagian mana saja yang ingin kamu ubah ke tukang jahit.

3. Tak Ada Kain, Bajumu Tidak Akan Jadi

Beberapa jasa jahit baju ada yang menyediakan kain dan ada juga yang tidak. Untuk hal semacam ini, kamu dapat membeli sendiri kain ke toko kain yang memang terkenal dengan kualitas yang bagus dan terjangkau. Lagipula hal ini dilakukan untuk mencegah agar kamu tidak kecewa ketika kain yang ada di konveksi maupun tukang jahit tidak seperti yang kamu harapkan.

Oleh karena itu kamu perlu membeli sendiri kain untuk bajumu. Ditambah lagi kamu bakal mempunyai pengetahuan baru tentang jenis kain karena secara langsung kamu harus bisa mengenal macam-macamnya. Jangan lupa untuk memperkirakan ukuran pakaian yang kamu buat, namun bila bingung kamu dapat menanyakan ke toko kain tersebut ataupun googling. Serta bagian terpenting adalah untuk menawar harga kain ya.

4. Memilih Jasa Jahit Baju atau Konveksi yang Berpengalaman

Jahit Baju

Jahit Baju via https://stocksnap.io

Advertisement

Kamu sangat beruntung jika memiliki skill menjahit. Namun bagaimana jika tidak? Kamu tetap dapat membuat baju dengan jasa jahit ataupun konveksi. Sebaiknya memilih tempat tukang jahit yang memiliki pengalaman yang sudah bertahun-tahun. Mengapa? Karena tukang jahit yang memiliki banyak pengalaman berarti semakin banyak model pakaian yang sudah pernah dibuat.

Jadi desain bajumu akan mudah dibuat juga dan mudah mengerti apa maumu. Informasi mengenai tukang jahit bisa kamu tanyakan ke teman, tetangga, atau orang tuamu. Jangan lupa juga tanyakan soal biaya jasa jahitnya.

5. Presentasi di Tempat Jasa Jahit

Kemampuan presentasi tak hanya dilakukan didepan orang banyak maupun untuk tugas kuliah, melainkan di hadapan tukang jahit pun kamu harus bisa. Kamu harus menjelaskan secara rinci desain model baju yang sudah disiapkan serta membawa kain yang sudah dibeli sebelumnya. Ukuran bajumu juga dapat kamu samakan dengan baju yang sebelumnya kamu punya.

Kemudian kamu nantinya akan mendapat masukan dari vendor, apabila desain bajumu tidak cocok dengan postur tubuhmu. Tapi itu menjadi opsional bagimu untuk diterima maupun tidak. Setelah itu kamu bakal masuk ke tahap negosiasi harga dan kesepakatan jadwal untuk pengambilan bajumu yang telah siap dipakai.

6. Belajar Menjadi Desainer

Pengalaman membuat baju sendiri dapat menjadi bahan belajarmu untuk menjadi desainer pemula. Setiap proses yang kamu jalani dari mendesain sampai mengantar kain ke tukang jahit merupakan langkah-langkah kecil yang juga harus diketahui oleh desainer pada umumnya. Bahkan kedepannya kamu dapat menemukan passion kamu di sini dan pada akhirnya kamu bakal berniat untuk menjadi desainer sesungguhnya.

7. Menjadi Peluang Usaha

Toko Baju

Toko Baju via https://stocksnap.io

Setelah puas memenuhi kebutuhan sendiri, mengapa tidak baju yang kamu buat bisa dijual kembali. Dari situ kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kreasimu sendiri. Ditambah lagi, jika kamu semakin kreatif dalam merancang busana maka akan semakin banyak pesanan yang kamu dapatkan.

8. Membangun Pribadi yang Kreatif

Jadilah kreatif

Jadilah kreatif via https://stocksnap.io

Mendesain baju sendiri secara tidak langsung mendorong dirimu untuk berpikir kreatif. Apalagi jika kamu menciptakan desain pakaian yang berbeda dari yang lain. Bila awalnya dirimu merasa tidak bisa menggambar, lama kelamaan kamu akan bisa menggambar jika kamu memang ada niat untuk mendesain dari hasil gambarmu sendiri. Ditambah lagi menjadikan dirimu jatuh cinta kepada seni walaupun awalnya hanya bisa mereplikasi.

9. Kepuasaan Tersendiri yang Tak Tertandingi

Puas Banget

Puas Banget via https://www.pexels.com

Kepuasan membuat baju sendiri lebih terasa jika dibandingkan dengan hanya membeli. Rasa puas itu timbul karena kita dapat mewujudkan sesuatu yang kita harapkan dari hasil karya sendiri. Walaupun bukan sebuah mahakarya melainkan hanya sebuah baju, namun saat mengenakannya terselip rasa bangga yang tak terkira.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya