Era 90an memang sulit untuk dilupakan. Segala memori indah zaman itu akan selalu membekas dan akan terkenang. Meski tanpa hadirnya gadget canggih seperti sekarang, anak generasi 90an selalu punya cara kreatif membuat mainan sendiri dari bahan seadanya. Apalagi, jenis permainan tradisional zaman dulu semakin asyik jika dimainkan oleh banyak orang.

Nah, untuk merefresh ingatanmu lagi bagi generasi anak 90an, berikut Hipwee bagikan  meme kebahagiaan anak 90an saat bermain, meski tanpa pegang gadget.

1. Lempar Pecah Piring

Masih Ingat dengan permainan ini? via http://Rumahceritaanak.com

Masing-masing daerah memiliki sebutan untuk permainan ini, seperti boi, gebukan, pecah piring, srampangan, dan lain sebagainya. Permainan ini biasanya dimainkan beregu. Salah satu regu melempar bola kasti, sementara regu lainnya menyusun kembali runtuhan pecahan genteng yang dilempar oleh lawan. Manfaat dari permainan ini melatih kerjasama tim yang baik dan ketangkasan anak.

2. Ular naga

Panjangnya bukan kepalang via http://google.com

Ular naga panjangnya, bukan kepalang. Menjalar-jalar selalu riang kemari. Umpan yang lezat itulah yang dicari. Kini dianya yang terbelakang” begitulah lagu yang dinyanyikan lima sampai sepuluh orang dalam permainan ini. Ada ‘induk’ dan ada ‘buntut’ ular yang nantinya akan ditangkap oleh dua orang sebagai ‘gerbang’. Permainan ini bermanfaat untuk membangun sosialisasi anak, serta bagaimana menjadi pemimpin yang baik melalui peran ‘induk’ tersebut. Yang buat permainan ini lama, nyanyi nya!!! Tapi tetap seru. 😀

3. Main Layang – layang

Main Layangan sampe nginjek beling :'( via http://seritaanak.com

Advertisement

Bahaya bermain layang – layang memang bukan hal yang aneh. karena bermain layangan adalah hal yang sangat mengasyikkan dan menghibur bagi para pemain. Ketika layangan sedang naik dan ditiup kencang oleh angin maka hatimu akan sangat senang. Namun sayangnya terkadang hembusan angin tidak menentu dan terkadang membuat layang – layang kamu putus. Dan sebisa mungkin kamu akan mengejar layangan itu. ketika mengejar layangan, kamu sampai nginjek beling. sakitnya tuh dikaki.. 🙁 Tapi disitulah kesruan di masa itu 🙂

4. Meriam Bambu

Kalian Enggak tahu betapa kerennya permainan ini 😀 via http://google.com

Permainan meriam bambu ini, dulunya sangat dinanti-nanti. Bagaimana tidak, momen untuk permainan meriam bambu ini hanya ada pada Bulan Ramadan (bulan puasa) saja. Itu artinya, untuk memainkan meriam bambu, harus menunggu satu tahun. Wajib militer pas gue masih kecil. 😀

5. Iya kan ngaku aja deh 😀

Kue lapis via http://google.com

Makanan yang satu ini makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. kalian pasti pernah kan? makan kue ini selapis demi selapis.. udah deh, ngaku aja 😀

6. Jahil

Masa kecil yang jahil via http://google.com

Advertisement

Jika kamu pernah ngerjain teman seperti ini ke teman kamu, fix masa kecilmu sungguh jahil:D

7. Ukuran Kadar Cinta

Coba ukur sekarang kadar Cinta Doi ke kamu 😀 via http://google.com

Kalau dipikir-pikir permainan ini konyol dan menyenangkan juga sih di masa itu. Ada yang masih ingat gak cara permainan yang ini? kalau ingat, coba ukur kadar Cintamu dengan permainan ini yaa.. hehehehe

8. Buat apa hayoo?

anak cowok sejati – Rautan pensil serbaguna 😀 via http://google.com

Yang sering menggunakan ini sih udah pasti anak cowok, hanya cowok yang tahu kegunaan dari benda ini apaan. temen masa kecil saya yang cowok pernah cerita juga sih tentang kegunaan benda ini. tapi gak mungkin aku kasih tau disini. entar dia marah lagi hahahaha.

9. Pernah pakai ini gak?

Mata pensil via http://masakecil.com

Bagi kamu yang pernah pakai pensil beginian, berarti kita seumuran. 😀

10. #Bener

warung telepon via http://google.com

Ada enggak ya orang selain gue yang nelpon pacar atau gebetannya dari wartel ini? kalau ada, masih inget gak gimana serunya nelpon gebetan atau pacar dari tempat ini. rasanya itu deg – deg an, takut bayaran telpon melebihi 10.000. Sekarang 10.000 bisa buat telpon 4 jam, tapi harus aktifin TM (T*lk M*ni*). Masa itu sangat seru, dan sayangnya cucu kita nanti gak bisa ngerasain ini lagi.

11. Bertengkar dengan teman sebangku gara – gara ini?

Hahaha lucu via http://google.com

Pernah bertengkar dengan teman sebangku kalian gak? hanya karna dia melewati batas garis yang telah kalian buat. biasanya ini karena teman sebangku lagi enggak akur sih. coba kalau akur, pasti gak akan bertengkar kaya gini.. 😀

12. Masa Kecil yang miris

Main petak umpet tapi malah ditinggal 🙁 via http://google.com

Waktu masih kecil, petak umpet merupakan permainan yang paling aku gemari. Tapi jika bermain petak umpetnya seprti yang digambar sih, saya tidak akan mau ikut main. Masa iya, saat bermain ini saya ditinggal pergi. enggak mauuu 🙁

13. Setuju??

Sampai segitunya?? via http://google.com

Masa kecil yang satu ini sih gak patut buat dicontoh yaa. ini hanya sekedar merefresh kembali kenakalan masa kecil.

14. Setuju Banget!!!

Bermain disungai via http://masakecil.com

Yang terakhir ni, Jangan pernah kamu bilang zaman sekarang itu jauh lebih menyenangkan karena adanya gadget dan segala macam teknologi lainnya. Coba aja kalau kamu pernah ngerasain, gitu pulang sekolah langsung main sama temen berenang di sungai seru – seruan sampai Ibu yang jemput ke sungai pakai sapu lidi. hahaha…

Nah, seru kan? hehehe

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya