Halo adik-adik yang telah menempuh separuh perjalanan untuk menggapai mimpi 🙂. Apakah mimpi kalian menjadi dokter gigi? Kalau iya kalian harus menyiapkan beberapa hal di bawah ini. Semoga hal yang akan saya bagi membuat kalian lebih mantap untuk menggapai mimpi kalian. Selamat membaca. 🙂

1. MENTAL

Yap nomor 1 mental. Tentu saja saat kamu memilih untuk menjadi seorang dokter mental sangat diperlukan. Ketika nanti kamu menjadi seorang dokter maka pasienmu akan bermacam-macam orang. Kadang ada yang nurut tapi ada juga yang bawel dan menuntut.

Advertisement

Belum lagi dengan tugas dan kegiatan kalian yang tentu saja akan menyita waktu "libur" kalian. So, siapkan mental baja kalian sebelum memutuskan masuk ke jurusan ini.

2. RASA SUKA

Rasa suka? Yap, seperti rasa suka kalian terhadap barang ataupun pada pacar. Kita sangat membutuhkan rasa suka sebelum kita memilih jurusan ini. Kalau kalian hanya dipaksa oleh orang tua, dipaksa pacar, atau dipaksa tetangga (nggak mungkin juga ya hehe) maka saya menyarankan agar kalian mengikuti kata hati kalian saja.

Kuliah ini bukan seperti sekolah yang harus selesai dalam jangka waktu 3 tahun atau 6 tahun. Tapi kuliah merupakan gerbang awal menuju ke masyarakat jadi kalian harus pikirkan matang-matang dan jangan sampai putus di tengah jalan.

3. 5S no S

Advertisement

Oke, kalian pasti bertanya apa itu 5S no S. Jadi ini seperti slogan yang harus kita taati saat kita memilih jurusan yang berbau kesehatan. 5 S no S adalah senyum, sapa, salam, sopan, santun dan no smoking. Kita diwajibkan untuk berpakaian rapi dan menghargai sesama kolega kita. Dan yang peling penting dilarang merokok yaa, karena tidak baik untuk kesehatan juga.

4. BERANI

beranikan diri

beranikan diri via https://www.google.com

Jika kamu adalah seorang cewek yang ingin menjadi dokter gigi maka kamu harus berani. Di sini nantinya kamu akan bekerja dengan alat-alat yang berat hingga ringan. Kamu juga harus berani melihat darah dan jarum suntik karena kedua hal ini akan menjadi hal yang selalu kamu lihat kedepannya.

Satu lagi hal yang paling penting adalah kamu harus berani berinteraksi dengan orang lain, karena nantinya kamu akan terjun ke masyarakat dan banyak kegiatan yang mengharuskan kamu untuk menjadi public speaking.

5. SKILL

Ini hal yang super duper penting bagi kalian yang ingin jadi dokter gigi. Nantinya dokter gigi akan bekerja dengan tangannya sendiri. Baik dalam hal menyuntikan obat bius sampai operasi gigi. Jadi bagi kalian yang tidak suka hal-hal yang berbau seni harus mulai mengasah bakat seni kalian yang terpendam (seperti aku hehehe).

Bakat seni akan menguntungkan kalian ketika mengambil jurusan ini karena DENTISTRY= Dentist+Engineer+Artist. Bukan hanya dokter saja, tapi juga insinyur plus seniman. So, jangan lupa belajar dan selalu semangat menggapai mimpi kalian. :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya