Terkadang kita sangat sulit menghemat uang, apalagi buat kalian yang tinggal sendiri jauh dari orang tua. Pasti mikirin biaya ini-itu buat kehidupan sehari-hari sedangkan kita belum tahu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Buat kalian penghuni maupun calon penghuni kost yang masih bingung, gimana sih mengatur keuangan yang aman itu? Disini Hipwee akan berbagi tips yang menarik buat kamu, dijamin keuanganmu semakin aman terkendali.

1. Asalkan niat dan tekad semuanya bisa kok

Siapkan catatan via http://flowjournal.org

Mulailah dari niat kemudian tekad. Kini saatnya kalian menyiapkan buku catatan khusus untuk keuangan kalian.

Tulis mulai dari uang awal kalian, kemudian pengeluaran apa saja tulis semua. Kalau bisa kumpulkan nota-nota setiap kalian belanja. Itu akan membuat kalian mengerti mana yang seharusnya dibeli atau tidak, mana yang penting dan tidak. Terkadang, saat kita memiliki uang banyak, kita tidak sadar apa saja yang sudah kita belanjakan dan saat uang mepet, barulah kita sadar ternyata membeli barang ini tidak penting dan sebagainya yang pada akhirnya hanya membuat kita menyesal.

2. Cadangkan uang recehan

Menabung recehan via http://www.ruwhim.com

Advertisement

Jangan buru-buru membelanjakan atau menukar uang recehan, mereka akan menjadi penyelamatmu ketika tanggal tua. Sisakan uang recehan dan simpan dalam botol atau kaleng.

Hindari hutang pihutang, jangan memberi hutangan maupun menghutang kepada temanmu. Ini akan berdampak buruk terhadap kondisi keuanganmu. Jika kalian tidak punya uang, setidaknya ada uang recehan yang bisa menyelamatkanmu untuk beberapa hari.

3. Sarapan cukup di kost

Menu sarapan bisa berupa roti tawar, telur ceplok, nasi goreng, agar-agar, sosis, oat meal dan menu ringan lainnya yang mudah didapat. Untuk minumnya, kalian bisa membuat jus buah ataupun susu. Selain sehat kedua minuman tersebut dapat mengenyangkan perut kalian juga loh.

4. Makan siang nggak perlu spesial

Makan siang nggak perlu spesial yang penting kenyang dan aman. Aman makanan dan aman harga.

Kalian yang hobi memasak nggak ada salahnya buat membawa bekal sendiri, jelas bahannya dan jelas gratisnya. Atau membeli makan di area kampus bisa jadi pilihan.

5. Makan malam di angkringan juga asik kok

Angkringan via http://ceritakota.info

Selain menunya beragam dan yang pasti enak, di angkringan juga jelas terjangkau harganya.

Nggak masalah kok kalau kalian dan teman-teman hobi makan malam di angkringan. Bisa asik tuh sambil makan sambil nongkrong sama teman-teman kerja atau kampus.

6. Modus ke rumah pacar

Yang jomblo dilarang keras buat iri ya, khusus yang punya pacar kalian bisa modus main ke rumah pacar, itung-itung juga buat kenalan sama orang tuanya. Lumayan, bisa deket sama calon mertua dan dapet makanan gratis. Tapi jangan sering-sering ya, seminggu sekali cukuplah.