5 Langkah Sederhana untuk Menerima Diri Apa Adanya. Serius deh, Setiap Orang Perlu Coba

langkah menerikma diri

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud menerima diri apa adanya? Atau pernahkah kamu merasa bahwa apa yang kamu punya sekarang tidak sesuai dengan harapan hingga merasa iri dengan pencapaian temanmu?

Tanpa disadari, ketika kita sedang bermain media sosial atau sedang kumpul bareng temen kita merasa rendah diri dengan apa yang mereka dimiliki. Perasaan tersebut seringkali muncul karena kita merasa kurang puas dengan apa yang kita miliki. 

Terlebih jika pencapaian orang lain terkesan lebih menarik dibandingkan pencapaian diri sendiri. Tidak jarang kita mulai merasa iri dan berakhir dengan membandingan diri dengan orang lain.

Biar kejadian seperti itu nggak keulang terus-menerus sampai mengancam kebahagiaanmu, kamu bisa mulai dengan menerima diri apa adanya. Yuk, simak ulasan kami tentang apa yang dimaksud menerima diri apa adanya!

Advertisement

1. Kamu pernah mengalami kesulitan dalam menerima diri apa adanya? Mungkin ini penyebabnya

Photo by Olga Valyaeva

Photo by Olga Valyaeva via http://valyaeva.com

Pada dasarnya kurang menerima diri apa adanya disebabkan rasa rendah diri yang muncul karena kita ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain. Namun, kecenderungan tersebut pada akhirnya akan membuat kita tidak bahagia dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan mental, seperti kecemasan, rasa bersalah, insecure, hingga depresi.

Hal tersebut tentunya membuat kita tidak nyaman. Padahal kita semua ingin hidup bahagia. Hanya saja apa yang kita lakukan terhadap diri sendiri, penilaian yang buruk terhadap diri, membuat kita jadi tidak bahagia. Oleh sebab itu perlu bagi kita untuk mulai belajar menerima diri secara apa adanya.

Advertisement

2. Apa yang dimaksud dengan menerima diri apa adanya?

Photo by Kevin Laminto

Photo by Kevin Laminto via https://images.unsplash.com

Menerima diri secara apa adanya dapat dilakukan dengan memisahkan antara perilaku dengan kualitas diri. Kita menerima diri sebagai sosok yang berharga dan memahami bahwa setiap individu diciptakan berbeda. Selain itu, kita juga menyadari bahwa setiap manusia juga tidak ada yang sempurna.

Dengan begitu, kita menjadi bisa tampil lebih baik dan lebih percaya diri. Ketika kita melakukan suatu kesalahan kita juga tidak terlalu menjatuhkan diri dan memberikan penilaian buruk yang terlalu berlebihan.

3. Bagaimana kita bisa menerima diri apa adanya?

Advertisement
Photo by Matt Ragland

Photo by Matt Ragland via https://images.unsplash.com

Kamu bisa mulai menerima diri apa adanya dengan menulis catatan dan buat peringkat sejauh mana penilaianmu untuk bisa menerima diri apa adanya. Apakah kamu puas dengan nilaimu? Berapa nilai yang seharusnya kamu miliki?

Kemudian sebutkan dua situasi yang membuatmu menilai dirimu secara keseluruhan dan menerima diri apa adanya, terlepas dari kesalahan yang kamu lakukan dalam prosesnya.

Selanjutnya, buatlah komitmen untuk selalu meluangkan sedikit waktu dan memberikan gambaran terhadap diri selama melakukan beberapa aktivitas sehari-hari. 

4. Selalu ingat, bahwa kamu berbeda dengan mereka

Photo by Omar Lopez

Photo by Omar Lopez via https://images.unsplash.com

Ketika kamu sudah menetapkan langkah dan tujuanmu ke depan. Sadari bahwa kamu berbeda dengan orang lain. Setiap orang memiliki goals-nya masing-masing. Begitu juga prosesnya, setiap orang melalui rintangan yang berbeda. Hargai pencapaianmu dengan bersyukur. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi membandingkan dirimu dengan orang lain dan dapat menerima diri apa adanya.

5. Going forward

Photo by Christian Newman

Photo by Christian Newman via https://images.unsplash.com

Berbahagialah dengan apa yang kamu miliki. Selanjutnya, kamu adalah pusat dari roda kehidupanmu. Namun, kamu harus mengubah pola pikirmu dari mencari sebuah pengakuan menjadi menerima diri. Kamu sepadan dengan waktu dan upaya yang kamu berikan. Kebahagiaanmu adalah yang utama!

Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan menerima diri apa adanya dapat membantu kita memperoleh kebahagiaan yang sesungguhnya. Hilangkan perasaan rendah diri dan iri kepada orang lain agar kamu bisa terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan mental.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE