Sudah membaca berulang-ulang, tetapi tak banyak materi yang dapat masuk ke otak. Padahal ujian sudah di depan mata. Cobalah beberapa cara sederhana ini, siapa tahu bisa membantu.

1. Buatlah daftar pertanyaan

questions-board

questions-board via https://pixabay.com

Agar aktifitas belajar menjadi efektif, buatlah pertanyaan-pertanyaan pengarah. Sehingga pada saat membaca kita berusaha menemukan fakta untuk menjawab pertanyaan yang dibuat. Jika sudah ketemu, dengan cepat otak akan mengingatnya. Kalaupun sulit untuk mengingat, kita bisa mengulang lagi mempelajarinya, namun focus pada hal yang di butuhkan saja.

2. Menuliskan kembali apa yang dibaca menggunakan bahasa sendiri

write-plan

write-plan via https://pixabay.com

Menuliskan kembali melatih otak untuk memproses beberapa kali apa yang sudah dipelajari. Termasuk mengolah bahan bacaan sehingga hal tersebut membantu kita untuk lebih mudah mengingat dan memahami bacaan. Tulisan cukup garis-garis besarnya saja, menjawab daftar pertanyaan yang telah dibuat.

3. Menceritakan apa yang sudah dipelajari pada orang lain

break-business-cafe

break-business-cafe via https://pixabay.com

Advertisement

Cara ini sebenarnya mirip dengan menuliskan kembali, tetapi biasanya ini lebih efektif karena melibatkan orang lain. Coba jika kita dapat tugas presentasi, ada motivasi untuk mengingat materi, takut kalau presentasi tidak maksimal. Demikian juga cara ini, meminjam motivasi dari metode presentasi.

4. Rangkuman atau garis besar materi tempel di meja belajar atau dinding kamar

Menempelkan catatan yang telah dibuat pada saat mempelajari materi, memudahkan kita membaca kembali materi yang akan diujikan. Terlebih jika catatan rangkuman atau garis besar itu dibuat menarik dengan menambahkan gambar-gambar yang relevan. Plus tambahkan foto gebetan di sampingnya, yakinlah itu menambah motivasi.

5. Buatlah peta konsep sederhana yang mudah dipelajari dimana saja

mind-map

mind-map via https://pixabay.com

Mengulang materi adalah salah satu kunci kesuksesan belajar, tetapi jika kamu terlalu sibuk, buatlah garis besar materi yang sederhana. Sehingga kamu dapat mempelajarinya kembali materi tersebut di mana saja. Peta konsep, biasanya butuh kertas yang lebar dan pokok bahasan yang banyak dengan garis-garis yang rumit, kamu cukup ambil beberapa pokok pikiran saja. Tetapi jika pokok pikiran itu sudah dikuasai, buat pokok pikiran lainnya lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya