Android merupakan sistem operasi yang sangat populer saat ini.Tak heran penjualannya merajai pasar smartphone yang terkenal dengan inovasinya dalam pengembangan aplikasi dan kemudahan penggunaan. Selain itu juga desain antar muka yang sangat menarik mata membuat banyak orang yang berminat dalam menggunakan OS tersebut.

Namun dari segi Interface OS android memiliki kelemahan yaitu sering terjadi penumpukan aplikasi dan cache yang berjalan di background sehingga memperberat kinerja RAM dan juga prosessor.

Maka dari itu saya memberikan beberapa tips supaya perangkat yang berbasis Android gak lemot berdasarkan pengalaman saya. Lets check it out.

1. 1. Periksa Memori yang Tersedia

Alasan utama kinerja smartphone Android melambat adalah banyaknya aplikasi yang di-download pengguna sehingga membuat ruang penyimpanan sedikit tersisa. Batas minimal untuk kinerja Android tanpa hambatan adalah 20 persen. Jadi bila smartphone Anda memiliki kapasitas penyimpanan 8GB, maka harus tersedia sekitar 1GB memori yang tidak terpakai.

Bila ternyata smartphone Anda sudah hampir memenuhi memori, maka ada beberapa cara yang kami sarankan: Uninstall aplikasi yang tidak terpakai. Bersihkan cache dan hapus junk file dengan masuk ke Pengaturan, lalu ke Storage atau Penyimpanan. Kemudian Anda tinggal menekan cached files dan klik OK untuk membersihkan.

Kami tidak menyarankan pemasangan aplikasi dengan tujuan untuk membersihkan junk atau cache file. Alasannya adalah aplikasi tersebut juga akan memenuhi memori dan menurunkan kinerjanya.

Advertisement

Rapikan file yang berukuran besar, seperti musik dan foto. Anda juga bisa back-up file tersebut ke notebook atau gunakan layanan cloud gratis seperti Dropbox

2. 2. Widget yang Berlebihan

Beberapa pengguna cenderung memilih memasang widget dengan alasan mempermudah akses ke aplikasi yang dituju. Memang benar demikian, namun bila tersedia lebih dari tiga widget dalam homescreen smartphone Anda, akan sangat mempengaruhi kinerjanya. Terlebih pada widget yang menggunakan third party launcher

Jika smartphone Anda termasuk menggunakan banyak widget, maka pilihlah secara bijaksana yang paling bermanfaat.

3. 3.Smartphone Jarang Di-restart

restart phone via http://www.eraponsel.com

Cara ini paling mudah digunakan dan diaplikasikan. Dengan restart, kinerja smartphone bisa kembali normal. Anda dapat melakukan restart setelah mempraktikan beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. 4.Update Firmaware

Firmware merupakan sistem operasi pada perangkat seluler seperti dan pasti saja memiliki update versi tersendiri. Cara mengatasi hp Android yang lemot lainnya adalah dengan selalu mengupdate versi dari OS yang digunakan di smartphone karena dengan begitu bisa memberikan peningkatan kinerjanya juga bisa mengatasi masalah aplikasi yang tidak kompatibel.

5. 5.Membersihkan Cache

Menjalankan aplikasi terkadang bisa meninggal sisa data penyimpanan berkelanjutan atau disebut cache, namun tahukah kamu bahwa penumpukan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut dapat menjadi faktor memperlambat kerja hp android anda. Cache juga biasa disebut dengan history jika pada browser. Untuk mencegah sistem menjadi lag akibat penumpukan cache ini kita bisa membersihkannya mengguna aplikasi khusus yang bisa di download di Google Play Store seperti CCleaner.