Mengatur Strategi untuk Masa Mendatang, Hidupmu Perlu Seimbang.

Atur hidupmu mulai dari hal terkecil

Sebelum kamu bertanya pada diri sendiri tentang apa pencapaian terbesarmu dalam hidup, tanya terlebih dahulu bagaimana caramu mengatur hidup agar seimbang?

Sebab pencapaian akan diraih jika kamu pandai mengatur waktumu. Hidup yang seimbang terbentuk karena adanya skala prioritas, caramu mengatur waktu, dan fokus terhadap apa yang sedang kamu kerjakan. Mulai biasakan dari mengatur kebiasaan kecilmu untuk menyambut hal positif yang segera datang.

Pernah kan kamu merasa bingung harus melakukan apa saat weekend atau selepas bekerja? Agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, yuk kita buat weekly schedule agar mengontrol dan membatasi segala kegiatanmu setiap minggunya. Supaya kegiatanmu tetap positif dan produktif, unsur penting ini masing-masing wajib ada dalam keseharianmu ya…

1. Health

Healthy girl

Healthy girl via https://vivaglammagazine.com

Advertisement

Sehat itu nomor satu. Sehat fisik dan mental. Tanpa tubuh dan jiwa yang sehat kamu tidak akan bisa mencapai apapun tujuanmu.

Sisakan waktumu dalam seminggu 3-4 kali exercise agar fisikmu bugar. Dan mulai atur pola pikir untuk kesehatan mentalmu.

Latih pikiranmu agar menanamkan hal positif, karena semua berasal dari pikiranmu sendiri. Misal dengan mendengarkan motivasi atau bertemu dengan orang-orang yang bisa menginspirasi hidupmu. 

Advertisement

2. Social

Interaksi sosial

Interaksi sosial via http://social

Interaksimu dengan banyak orang juga hal paling penting dalam hidup. Manfaatnya, kamu bisa bertukar pikiran, sudut pandang dan tau hal-hal kedepan yang harus kamu hadapi.

Kamu adalah makhluk sosial, tanpa manusia lain kamu tidak sanggup melakukan apapun sendirian. Sisakan satu harimu untuk sengaja bertemu dengan orang-orang diluar sana misal teman, dosen, saudara, dan lain-lain.

3. Self improvement

Advertisement
Produktif

Produktif via https://cdn.idntimes.com

Untuk meningkatkan kualitas diri, kamu bisa mulai dari hobi. Lakukan apa yang membuatmu bahagia.

Tanpa kamu sadari kamu akan belajar banyak hal, sebab semua yang kamu lakukan adalah kegiatan positif untuk perkembangan dirimu sendiri.

Baca buku, menulis, membuat lagu, menyanyi misalnya. Apapun selama itu positif, lakukan. Keep going!

4. Faith

Faithful girl

Faithful girl via https://www.faith-matters.org

Keyakinan adalah landasan utama dalam hidup. Tanpa landasaan yang kuat, hidup tidak akan memiliki arah yang jelas.

Keyakinan juga bermanfaat untuk mengatur hidupmu dan membawamu ke jalan yang baik. 50% waktumu dalam seminggu lebih baik untuk memupuk keyakinan supaya lebih terlatih, kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja (misal: baca kitab, berdoa, dan lainnya).

Namun, sisakan satu harimu untuk belajar agama lebih dalam lagi dengan kursus resmi atau kajian bersama komunitas keagamaan dan sebagainya

5. Family

Quality time with family

Quality time with family via https://rainydaymum.co.uk

Keluarga adalah anugerah terbesarmu dalam hidup. Bukan sesuatu yang pertama kamu lewatkan karena sibuknya pekerjaan.

Kamu bisa meluangkan waktumu untuk keluarga dengan quality time di rumah ataupun jalan-jalan keluar rumah. Ciptakan momen indah bersama orang-orang yang menyayangimu.

6. Karir

Memiliki karir berarti memiliki target dan tujuan. Semua orang pasti memiliki pekerjaaan, entah bekerja di perusahaan orang lain ataupun memiliki bisnis mandiri.

Fokus dalam berkarir akan mengajarkanmu bagaimana dihadapkan dengan tekanan tinggi dan resiko yang berat.

Dengan terbiasa menghadapi hal itu sejak sekarang akan berguna buat masa depanmu kelak yang bisa berubah 180 derajat dari kehidupanmu sekarang.

7. Freedom 

Kamu butuh separuh waktu untuk menyenangkan dirimu sendiri. Tak perlu ambisius mengejar sesuatu, kadang dirimu perlu istirahat.

Me time itu perlu untuk kamu lebih bersemangat lagi mengejar sesuatu. Kamu bisa backpacker atau belanja (tapi tetap dalam batasan ya).

8. Contoh weekly schedule yang bisa atur kegiatanmu

Weekly schedule by writer

Weekly schedule by writer via https://thepowerofsilence.co

Jadwal yang kamu buat bisa kamu sesuaikan. Jam, hari dan presentase bisa kamu atur sesuai target dan planning hidupmu. Asalkan semua unsur diatas terpenuhi.

Yuk lebih produktif lagi, sayang kalo hidup cuma kamu habiskan dengan pola pikir “jalani saja”. Mulai punya target untuk dirimu ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE