Mendekati hari Kartini, topik seputar wanita menjadi ramai diperbincangkan. Namun selain Kartini nih, ada lho sosok pahlawan wanita yang tak kalah hebatnya. Berasal dari tanah Tangerang, Nyi Mas Melati adalah wanita yang dikenal gigih dalam melawan para Penjajah Belanda. Hal itu seakan merupakan faktor genetik yang diturunkan dari sang ayah, Raden Kabal yang turut dalam perjuangannya melawan penjajahan Belanda.

1. Anggota Keluarganya Merupakan Pejuang Bangsa

Ilustrasi Nyi Mas Melati

Ilustrasi Nyi Mas Melati via https://www.gaivo-systemworks.com

Nyi Mas Melati adalah keturunan Sultan Hassanudin Banten ke-18. Ayahnya, Raden Kabal turut berjuang melawan penjajah sekitar tahun 1918. Nyi Mas Melati sendiri memiliki dua anak angkat yakni Suryanata dan Masenah, mereka ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan.

2. Berani dan Tangguh Dalam Ilmu Bela Diri

Nyimas dikenal tangguh dalam ilmu bela diri

Nyimas dikenal tangguh dalam ilmu bela diri via https://www.gaivo-systemworks.com

Dijuluki Singa Betina, Nyi Mas Melati, terkenal akan keberanian dan ketangguhannya dalam ilmu beladiri maupun olah kanuragan. Keberaniannya ketika menyerang musuh-musuhnya tercatat dalam benak para orang tua dahulu.

3. Teriakannya Membuat Pasukan Belanda Ciut

Dijuluki Singa Betina

Dijuluki Singa Betina via https://www.gaivo-systemworks.com

Advertisement

Salah satu kisah turun-temurun oleh orang Betawi Tangerang, yakni gelegar teriakan yang keluar dari mulut Nyi Mas Melati saat menyemangati pasukan yang dipimpinnya. Ketika terjadi bentrok di daerah perbatasan Balaraja, sambil mengacungkan keris, Nyi Mas Melati berteriak lantang “SERANG!” hingga membuat semangat pasukan Belanda langsung rontok. Konon burung-burung yang mendengar teriakannya beterbangan karena gaungannya.

4. Memiliki Peran dalam Penyebaran Agama Islam di Wilayah Tangerang

Penyebaran agama Islam di Tangerang

Penyebaran agama Islam di Tangerang via https://www.gaivo-systemworks.com

Selain sebagai pahlawan, pada masa itu perannya juga sangat penting dalam menyebarkan agama islam di Tangerang.

5. Namanya Diabadikan oleh Masyarakat Tangerang

Jalan Nyimas Melati di Tangerang

Jalan Nyimas Melati di Tangerang via https://www.gaivo-systemworks.com

Pemerintah Kota Tangerang mengabadikan nama Nyi Mas Melati pada sebuah gedung Wanita Nyimas Melati yang terletak di Daan Mogot. Selain itu, ada pula sebuah jalan Nyi Mas Melati dekat gedung kantor KPUD Tangerang.

6. Inspirasi Wanita Masa Kini

Ilustrasi wanita masa kini

Ilustrasi wanita masa kini via https://www.gaivo-systemworks.com

Advertisement

Nyi Mas Melati, pahlawan wanita yang tidak mengandalkan kaum laki-laki ini sungguh menginspiratif. Nyi Mas Melati menularkan semangat untuk kepentingan pro rakyat. Dengan melihat bukti perjuangannya yang begitu gigih dalam menumpas penjajah, sudah saatnya nih bagi kita, wanita zaman now lebih semangat lagi dan memaknai emansipasi wanita dalam arti yang sebenarnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya