5 Fakta tentang Social Distancing, Inilah Sebenar-benarnya Menjaga Jarak di Kala Virus Merebak

fakta social distancing

Adanya penyebaran virus COVID-19 membuat Presiden RI Joko Widodo menganjurkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Social distance atau social distancing jadi salah satu cara untuk menjauhkan diri kita dari virus ini. Yuk kita pahami tentang social distancing lebih jauh!

Advertisement

1. Sebenarnya, ini dia makna dari social distancing

Apa Sih Social Distancing Itu?

Apa Sih Social Distancing Itu? via https://reuters.com

Social distance atau social distancing juga dianjurkan oleh spesialis penyakit menular, Steven Gordon, MD dari Cleveland Clinic. Gordon mengartikan social distance atau social distancing dimana masyarakat diminta untuk menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. Kalaupun keadaan kita harus berada di sekitar orang lain, jaga jarak sekitar 6 kaki (2 meter). Meskipun memang belum jelas jumlah kerumunan, tapi umumnya yang dimaksud dengan kerumunan orang adalah pusat perbelanjaan, bioskop atau stadion.

Dengan menghindari kerumunan, tentunya bisa membantu untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran virus. Maka dari itu, gak heran kalo sekarang juga banyak acara musik, screening film atau kegiatan lain yang mengundang banyak massa dihentikan sementara. Ini merupakan salah satu contoh social distance untuk mengurangi kontak langsung antar manusia.

Advertisement

2. Perbedaan dengan karantina dan isolasi

Berbeda dengan Karantina dan Isolasi

Berbeda dengan Karantina dan Isolasi via https://unsplash.com

Oh iya, social distance atau social distancing ini berbeda ya dengan karantina atau isolasi. Perbedaan utamanya, karantina atau isolasi melarang pergerakan orang pada area atau zona tertentu untuk membatasi transfer infeksi. Sementara social distancing menghindari kontak fisik untuk menurunkan risiko penularan virus di beberapa keadaan.

3. Work From Home adalah salah satu contoh social distancing

Work From Home adalah Salah Satu Contoh Social Distancing

Work From Home adalah Salah Satu Contoh Social Distancing via https://pexels.com

Beberapa contoh dari social distancing adalah bekerja atau sekolah dari rumah, tidak hadir ke acara yang dihadiri banyak massa, seperti acara musik, seminar dan sebagainya serta menghindari menggunakan transportasi umum.

4. Ini harus kamu lakukan saat enggak bisa social distancing

Advertisement
Gimana Kalau Gak Bisa Social Distancing?

Gimana Kalau Gak Bisa Social Distancing? via https://pexels.com

Tapi, social distancing masih sulit dilakukan mengingat masih adanya perusahaan yang mewajibkan karyawannya ke kantor. Nah berikut tips-nya untuk kamu yang masih harus keluar rumah dan ada di kerumunan:

  • Jangan berhadapan dengan orang yang sedang flu atau batuk di transportasi umum, lebih baik membelakanginya
  • Tidak berjabat tangan dengan orang yang kamu temui di perjalanan
  • Tidak menyentuh muka dengan tangan sebelum mencuci tangan

5. Setiap habis keluar rumah, jangan lupa cuci tangan!

Jangan Lupa Rajin Cuci Tangan Ya!

Jangan Lupa Rajin Cuci Tangan Ya! via https://unsplash.com

Nah, kalo udah sampai di tempat tujuan, jangan lupa untuk membersihkan diri ya. Cuci tangan dengan sabun antiseptik jika sudah sampai di tempat tujuan, mandi atau bersih-bersih setelah berpergian, cuci pakaian yang sudah kamu gunakan selama di luar rumah dan bersihkan handphone-mu saat sudah di rumah.

Nah itu dia penjelasan mengenai social distance atau social distancing. Dengan ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi, tentu kita harus melakukan tindakan preventif agar terhindar dari penyebaran virus ini. Yuk #JagaJarakSejenak!

Dengan adanya penyebaran Covid-19 ini, saatnya generasi muda dan anak bangsa tampil menyuarakan bahwa dengan prosedur yang tepat, sikap positif bukan saling menghakimi dan menjatuhkan, tidak saling menyalahkan dan terlibat pertengkaran politik, kita bergandeng tangan bersama-sama melewati krisis ini tanpa memperuncing perbedaan politik dan SARA. Karena kita bersama, #IndonesiaKuat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Young On Top adalah community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

Editor

une femme libre

CLOSE