Mengenang Masa Kecil dengan 5 Permainan Permainan Tradisional. Siapa Nih yang Kaya Gini Juga?

Permainan tradisional

Di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat berbagai permainan tradisional yang dulu menemani hari-hari kita sewaktu masih keci kini sudah mulai dilupakan. Kebanyakan anak kecil sekarang lebih memilih permainan berbasis aplikasi sebagai permainan sehari-hari mereka. Berikut ini beberapa permainan yang dulu menemani sore hari kita.

Advertisement

1. Layangan

google image

google image via https://www.google.com

Salah satu permainan yang sangat populer sewaku kecil ialah layang-layang. Permainan yang satu ini biasa dimainkan di tempat lapang seperti area lapangan atau di sawah yang habis panen. Permainan layang-layang tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja melainkan orang dewasa juga suka memainkanya.

Bentuk layangan sangatlah bervariasi mulai dari bentuk yang biasa saja hingga ada yang berbentuk naga, burung, perahu, hingga model pesawat terbang. Walau zaman sudah berganti tetapi layangan hingga kini masih banyak yang memainkan, bahkan hingga ada perlombaan layangan yang biasa diadakan oleh komunitas-komunitas. Hal ini tidak terlepas dari usaha untuk melestarikan budaya bermain layangan agar tetap ada dan tidak punah

 

2. Petak Umpet

google image

google image via https://www.google.com

Aturan permainan satu ini adalah satu pemain menjaga pos dalam keadaan mata tertutup, sementara pemain lainnya bersembunyi di tempat yang aman. Ketika hitungan selesai penjaga harus mencari pemain yang bersembunyi hingga ketemu. Permainan petak umpet kini jarang dimainkan dikarenakan kebanyakan anak-anak sekarang lebih menyukai game di gadget mereka yang sudah canggih.

3. Lompat Tali

google image

google image via https://www.google.com

Berikutnya adalah permainan lompat tali, permainan ini biasa menggunakan karet gelang yang disambung satu persatu hingga panjang atau  bisa menggunakan tali tambang.  Aturan dalam permainan ini yaitu dua orang memegang tali dan pemain lainnya melompati tali, hal tersebut diulang terus dengan menambahkan tinggi dari tali yang dipegang. Pemain yang tidak bisa melompati harus mengulang dari awal begitu seterusnya hingga tingkatan tertinggi, pemenang berhak menentukan hukuman untuk pemain yang tidak bisa melompati tali.

Advertisement

4. Pletokan

google image

google image via https://www.google.com

Permainan satu ini terbuat dari bambu yang dibuat seperti tembak tembakan dengan peluru dari kertas yang diberi air kemudian dibentuk bulat kemudian di tembakan kesasaran yang sudah ditentukan. Terkadang juga digunakan untuk perang-perangan antar pemain.

5. Sepak Bola Kampung

google image

google image via https://www.google.com

Sepakbola yang satu ini berbeda dari sepakbola pada umumnya yang membedakan yaitu dari peraturan,sasaran dan waktu permainan, tidak ada aturan offside. Kartu ataupun ukuran lapangan sasaran juga biasa ditentukan bersama bisa gawang ataupu sandal yang ditumpuk untuk dijadikan sasaran, waktu permainan juga tidak ditentukan biasanya patokanya adalah azan mahgrrib atau salahsatu orangtua yang datang untuk menyuruh pulang.

Nah itu adalah sedikit permainan yang bisa membuat kita bernostalgia akan masa kecil kita yang dimasa kini jarang kita temui. Masih sangat banyak permainan tradisional yang mengasyikan, semoga dari artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan membuat kita melestarikan budaya agar tidak hilang terbawa arus zaman yang semakin canggih

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE