5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menghadapi Temanmu yang sedang Stress

Stress, selain bikin capek fisik, juga bisa bikin capek mental dan bisa membuat kamu sakit lho.

Stress, selain bikin capek fisik, juga bisa bikin capek mental dan bisa membuat kamu sakit, lho. Terkadang, saat temanmu sedang stress, dia berharap ada seseorang yang mau mendengarkan keluh kesahnya. Nah, ini dia yang bisa dilakukan olehmu bila temanmu sedang stress!

Advertisement

1. Dengarkan keluhannya

Dengarkan Keluh Kesahnya

Dengarkan Keluh Kesahnya via https://unsplash.com

Yang pertama, dengarkan keluhan temanmu yang sedang stress. Jangan menyela ucapannya dan dengarkan keluhannya baik-baik. Bila ia minta masukan atau saran, berilah saran yang membangun dan hati-hati bila bicara dengannya, jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman nantinya. 

2. Tunjukkan empati

Tunjukkan Empati

Tunjukkan Empati via https://unsplash.com

Tunjukkan empati pada temanmu yang sedang bersedih atau sedang stress. Buktikan bahwa kamu menyayangi mereka, kamu bisa menyemangati mereka dan membuat mereka kembali tersenyum setelah mereka mengeluh dan bercerita padamu. 

Advertisement

3. Beri dorongan psikologis

Dukungan Psikologis

Dukungan Psikologis via https://unsplash.com

Kamu bisa menyemangati mereka, mendukung mereka dan mengatakan semua akan baik-baik saja. Kalimat “Kamu nggak pernah sendiri.” pun sudah cukup untuk membuat mereka merasa tenang. Kalimat sederhana yang positif dapat meredakan stress yang mereka alami.

4. Hargai pendapatnya

Hargai Pendapatnya

Hargai Pendapatnya via https://unsplash.com

Hargai pendapat temanmu yang sedang stress, mau itu sifatnya positif atau negatif. Kamu bisa menasihatinya nanti bila emosinya sudah mereda dan pikirannya teralihkan. Jangan langsung membantah mereka karena akan merusak rasa saling percaya di antara kalian.

5. Bersabar

Advertisement

Bersabarlah saat kamu sedang menghadapi temanmu yang sedang tertekan. Jangan langsung mengkonfrontasi temanmu, dengarkan dengan sabar dan penuh perhatian.

Tekanan dalam hidup memang membuat kita nggak nyaman, tetapi kalau kita memiliki teman yang selalu ada untuk kita dan selalu hadir di setiap kali kita stress, rasanya menyenangkan, bukan? Semoga kalian memiliki teman baik seperti itu, ya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mental health and psychology enthusiast. suka nonton anime, tidur, classical head.

CLOSE