Hobi naik gunung makin hari makin digemari banyak orang, terutama bagi cewek-cewek. Naik gunung dan kembali ke rumah dengan selamat itu bukan perkara yang mudah, apalagi setelah turun dari Gunung pasti tone kulit makin nggak beraturan, entah gosong dan menjadi belang sebelah. Nah bagi sebagian para cewek yang punya hobi naik gunung, tentu mengidam-idamkan kulitnya tetap cantik dan bersinar dong.

Sinar matahari itu memang jahat. Apabila kulit kita terkena sinar matahari secara langsung di masa sekarang ini kita nggak akan terasa bahwa sebetulnya lambat laun kulit kita akan mengalami kerusakan akibat sinar UVA dan UVB. Oleh karena itu setiap melakukan pendakian, tentu perlu diperhatikan produk apa aja yang bisa menyelamatkan kulit, agar tetap cantik dan bersinar tanpa kusam.

1. Gunakan Produk Dengan Kandungan SPF, Agar Kulit Terjaga

DD Cream SPF 30

DD Cream SPF 30 via https://www.instagram.com

Banyak orang merasa bahwa produk yang memiliki kandungan SPF ini terkadang tidak terlalu penting-penting amat. Perlu tahu bahwa sinar matahari itu jahat, dan apabila paparan sinar matahari ini mengenai kulit secara langsung, cepat atau lambat kulit akan mengalami kerutan. Memang sih kerutannya masih samar-samar dan belum terlihat jelas, tapi alangkah baiknya tetap menggunakan produk dengan kandungan SPF.

Advertisement

Melakukan pendakian itu bukan sekedar berjalan 1-2 jam saja, perjalanan akan dilakukan selama berjam-jam, ketika melakukan pendakian disarankan menggunakan produk yang mengandung SPF tinggi hal ini berguna untuk melindungi kulit. Kinerja SPF bergantung dengan tinggi SPF, cara menghitung berapa jam SPF berfungsi adalah dengan rumus SPF X 10 menit = (Ketahanan SPF dalam melindungi kulit/menit) , misal produk yang digunakan itu SPF 30, maka cara hitungnya adalah 30 X 10 menit = 300 menit, maka selama 300 menit atau 5 jam kulit akan terlindungi.

2. Bersihkan Kulit Wajahmu Setelah Melakukan Perjalanan Pendakian

Seaweed Cleansing Micellar Water

Seaweed Cleansing Micellar Water via https://www.instagram.com

Setelah melakukan perjalanan berjam-jam saat di gunung, saya tidak akan lupa untuk membersihkan wajah. Nah karena terkadang sumber air dengan area tenda letaknya sangat jauh, saya tidak membersihkan wajah dengan facial foam. Saya lebih memilih menggunakan wardah seaweed cleansing micelllar water karena lebih mudah dan efisien.

Caranya pertama-tama bersihkan wajah dengan tisu basah terlebih dahulu, langkah selanjutnya gunakan micellar water ini. Kulit akan menjadi bersih dan debu-debu hasil perjalanan tadi betul-betul terangkat, dan tidak perlu cuci pakai facial foam. Sepengalaman saya cukup ulangi 3x saja saat menggunakan micellar water ini, dan kondisi wajah akan bersih kembali.

3. Gunakan Aloe Gel agar Kulitmu Terasa Lebih Segar dan Lembab

Advertisement

Habis panas-panasan di siang hari saat melakukan perjalanan pendakian. Terkadang kulit bisa terkelupas karena paparan sinar matahari, nah alangkah baiknya pada saat sore ketika istirahat jangan lupa gunakan aloe gel.

Oleskan aloe gel ini ke kulit wajah, agar kulit wajah tampak lebih segar dan lembab kembali. Saya lebih sering menggunakannya sebagai masker dan didiamkan sampai menyerap.

4. Gunakan Essence di Malam Hari Agar Kulit Menjadi Cerah Keesokan Hari

Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Wardah White Secret Pure Treatment Essence via https://www.instagram.com

Malam hari saat yang tepat untuk memberikan nutrisi pada kulit. Sebelum tidur ada baiknya gunakan serum terlebih dahulu untuk melembabkan kulit. Karena pada malam hari saat di gunung, udara akan dingin, sehingga kulit akan mudah kering. Maka perlu menggunakan essence ini agar lembab dan keesokan harinya kulit akan cerah dan tetap terjaga.

5. Jangan Lupakan Krim Malam Untuk Mencerahkan Kulitmu

Night Cream Wardah White Secret

Night Cream Wardah White Secret via https://www.instagram.com

Dari sebagian bawaan, krim malam ini tidak pernah ketinggalan dan mutlak harus ada di keril saya saat akan melakukan pendakian. Malam sebelum tidur saya selalu menggunakan krim malam, yang saya tahu krim malam ini memang berfungsi sekali untuk meningkatkan kecerahan wajah.

Nah setelah seharian berjalan jauh dan terpapar sinar matahari, tentunya tone kulit akan sedikit turun, maka dari itu pentingnya menggunakan krim malam ini, agar kulit tampak lebih sehat dan cerah kembali.

Nah, sekarang sudah tahu kan, tips tetap menjadi pendaki cantik dan bersinar dengan Wardah. Jangan lupa dicoba yah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya