Sekarang ini kita berada di periode digital di mana jasa penulis artikel freelance sangat dibutuhkan. Karena jika menilik ruang multimedia tampak jalur komunikasi antara penulis dan pembaca seakan tidak berbatas waktu maupun tempat. Para pembaca bisa memperoleh berbagai informasi serta menyerap gagasan-gagasan baru secara cepat dan mudah.

Begitupun posisi penulis lepas yang dapat berkarya lebih fleksibel demi menghasilkan berpuluh artikel pada ruang-ruang online. Maka sudah pasti adanya jasa penulis artikel freelance makin menggelombang setiap tahun. Nah, selain pembaca, siapa yang membutuhkan bantuan seorang penulis lepas? Perlu diketahui kalau di era serba internet kini, semakin banyak perusahaan besar maupun kecil yang membuat macam-macam website. Belum lagi lingkup bisnis untuk berbagai tujuan. Bahkan termasuk juga hampir seluruh media cetak mulai melengkapi diri dengan sistem berita online.

Itulah mengapa prospek cerah terbuka untuk kita yang suka menulis. Siapapun itu, entah anak-anak dan pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, dan ibu rumah tangga, semua bisa menjadikan tulisannya istimewa bagi diri sendiri maupun orang lain. Keistimewaan untuk menggali berbagai rupa informasi kemudian menyajikan tulisan apik dan berisi.

Ataupun keistimewaan dalam hal materi atau prospek keuangan per minggu atau per bulan. Sebab paling tidak honor seorang penulis artikel freelance cukup ampuh untuk menderek uang belanja mingguan!

Jalur Penulis Artikel Freelance, Ada Tantangan Apa?

Setelah memahami betapa menarik dan menjanjikannya jalur kepenulisan ini, dan menemukan wadah untuk mulai melaju, jangan lantas berpikir kalau perjalanan ke depan pasti mulus. Menjadi penulis artikel freelance berbeda dengan pola menulis di website atau blog pribadi yang bisa "suka-suka". Ingatlah jika Anda pun mempunyai tanggungjawab penuh kepada pembaca dan terutama biro jasa penulis artikel yang sudah mempercayakan tulisan berhonor untuk digarap semaksimal mungkin. Jadi tentu saja, penulis artikel freelance bukan pekerjaan sepele dan remeh.

1. Sumber Tulisan

Dari sisi pembaca tentu informasi dengan jelas dan akurat sangat penting. Untuk itu penulis benar-benar harus mencari sumber tulisan setepat mungkin. Misalkan artikel kesehatan, usahakan mendapat info tertulis dari pernyataan ahli kesehatan atau mungkin data-data penelitian medis. Selain majalah atau koran, bahan tulisan boleh saja bersumber dari artikel lain di internet . Eitsss…ingat yah, jangan copy paste, rangkailah kalimat baru dengan kreativitas dan intuisi menulis!

2. Daya Tarik Tulisan

Advertisement

Terkadang banyak penulis artikel freelance yang masih kagok secara tata kalimat dan daya tarik konten. Tetapi itu tidak jadi masalah, sejauh ada niat dan usaha untuk terus memperbaiki kualitas kepenulisan artikel. Dengan banyak membaca dan menggali informasi seluas mungkin sebagai bahan tulisan kita sendiri, lambat-laun tulisan diri sendiri pun pasti terasah.

Pengalaman berkreasi mengolah keragaman artikel sangat menarik dan juga menantang. Namun yang penting, konten artikel harus berisi, padat informasi tapi jelas maksud dan maknanya, dan usahakan enak dibaca. Tidak perlu berpanjang lebar jika harus menyesuaikan dengan permintaan jumlah kata. Sampaikan inti dari info yang ingin dibagi disertai keterangan pendukung yang memang diperlukan pada setiap paragraf.

Tidak kalah penting, ajaklah pembaca untuk penasaran memulai paragraf pertama. Bahkan sedari judul pun harus bersifat “persuasif” sehingga akhirnya si pembaca mengakhiri artikel tepat pada paragraf terakhir.

3. Disiplin dan Tanggungjawab

Advertisement

Menjejaki dunia penulis artikel freelance adalah menerapkan disiplin untuk diri sendiri. Jika ingin mendapat honor yang sesuai dengan perjanjian, tentu Anda harus menepati waktu deadline yang telah disepakati. Sehingga meskipun waktu bekerja penulis lepas sepertinya bisa kapanpun dilakukan, namun sebenarnya pola di siplin dan tanggungjawab mengirim artikel sangat ketat.

Soal mendapat honor atau tidak, akan bergantung pada kedisiplinan pribadi. Dan soal cara menulis termasuk bagaimana keakuratan tulisan, seluruhnya adalah tanggungjawab masing-masing penulis, apabila dari jasa penulis artikel memang tidak disediakan editor khusus.

4. Tidak Boleh Cengeng

Memang menjadi penulis harus kuat mental. Sebab, editor bisa merombak hasil kerja Anda bila menurut mereka tidak sesuai. Selain itu, tulisan Anda pasti berpotentsi mendapat kritik dan ejekan. Anda harus siap menerima komentar pedas yang tidak enak. Bahkan, ketika ada orang yang memuji tulisan Anda, editor bisa mencemooh dan berpikir Anda tidak kreatif. Sebab, setiap editor memiliki selera dan gaya tulisan sendiri, dan ini belum tentu cocok dengan Anda.

5. Semangat

Inilah sedikit sharing pengalaman bagaimana perjalanan menjadi seorang penulis artikel freelance. Tidak mudah, tapi sangat menyenangkan terlebih karena kita akan terdorong untuk memperkaya referensi bacaan. Sehingga pastinya pengetahuan kita akan terus meluas.

Ayuk, bangkitkan semangat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya