Bagi kamu yang suka berpergian tentunya tidak asing dengan istilah “solo traveler” atau berpergian seorang diri. Ketika mendengar istilah solo traveler pun, muncul berbagai reaksi yang berbeda. Seperti saya yang kerap kali ditanyai oleh teman-teman saya kenapa saya seringkali berpergian seorang diri. Jawab saya singkat, saya ingin bertemu teman-teman baru dan berpetualang seorang diri ke kota atau negara yang baru saya datangi merupakan tantangan tersendiri. Setelah itu muncul banyak pertanyaan bagaimana jika disana saya bertemu dengan orang jahat? Bagaimana jika nanti saya tersesat?

Kemudian saya hanya tersenyum, menjadi solo traveler tidak semata-mata pergi tanpa persiapan. Persiapan saat berpergian sendiri tentunya lebih matang ketimbang berpergian dengan teman-teman. Mulai dari rute transportasi setempat, tempat-tempat yang ingin dikunjungi, peta daerah setempat hingga tempat makan yang murah meriah. Biasanya saya membekali diri saya dengan P3K pribadi, novel dan daftar lagu kesukaan saya untuk menemani saya sepanjang perjalanan. Tak ayal, persiapan yang sudah matang pun terkadang masih saja ada hal-hal yang diluar kendali kita yang terjadi. Namun hal-hal tersebut tidak mengurangi keasyikan menjadi solo traveler. Dibawah ini adalah 5 hal menarik yang terjadi saat kamu berpergian seorang diri.

1. Kamu sedang dalam perjalanan menemukan dirimu sendiri

Menemukan dirimu sendiri

Menemukan dirimu sendiri via https://pixabay.com

Penatnya hidup diperkotaan terkadang membuat kita tidak sanggup berpikir dengan jernih. Bukan berarti jika traveling dengan teman tidak memberimu kesempatan untuk itu, namun dengan menjadi seorang solo traveler kamu mempunyai banyak waktu untuk dirimu sendiri. Untuk membaca novel kesukaanmu sambil menghabiskan waktu berjam-jam dipinggir pantai atau duduk di taman. Kamu mempunyai banyak waktu untuk berpikir apa yang akan dilakukan sekarang atau saat kembali dari perjalanan.

2. Berani berbicara dengan orang asing

Berbicara dengan orang asing

Berbicara dengan orang asing via http://www.dailymail.co.uk

Advertisement

Jika berpergian dengan teman-teman kita cenderung mengandalkan satu sama lain, alasannya mungkin kita tidak mahir bahasa setempat. Namun jika kamu jadi solo traveler kamu tidak bisa! Mau ngga mau kita harus berbicara ke mereka atau seengaknya belajar tentang bahasa mereka sedikit, itu bakal diperlukan banget saat menanyakan rute jalan pulang, kamar kecil atau saat berinteraksi dengan sesama turis lainnya. Kita benar-benar dilatih untuk mandiri dan supel loh!

3. Mendapatkan teman baru hingga pacar baru

Bertemu teman baru

Bertemu teman baru via http://4.bp.blogspot.com

Saat saya berpergian sendiri saya selalu memutar otak saya bagaimana cara agar saya bisa mendapatkan teman dengan maksud ketika mengunjungi suatu tempat ada yang berbaik hati motoin saya. Saya tidak terlalu mahir menggunakan tongsis dan sejenisnya, maka saya selalu memberanikan diri untuk membuka percakapan sesama traveler dan akhirnya terjalinlah pertemanan. Bahkan ada pertemanan yang akhirnya mengarah ke jenjang yang lebih serius karena sama-sama suka. Menyenangkan ya, bertemu dengan jodoh kita saat berpergian!

4. Kamu tahu tempat-tempat menarik yang belum tentu orang tahu

Tempat nongkrong unik dan tersembunyi

Tempat nongkrong unik dan tersembunyi via https://i.pinimg.com

Mulai dari kehilangan koper, ketinggalan pesawat hingga tersesat hingga berakhir di kantor polisi semuanya sudah saya alami. Saya hanya senyum-senyum saja ketika mengingatnya. Pada saat itu mungkin saya berpikir saya sedang apes, tapi disisi lain banyak hal juga yang bisa saya syukuri ketika berpergian sendiri. Saya bertemu dengan banyak orang-orang baik yang menawarkan bantuan bahkan memberikan kamar hotel gratis! Kamu bakalan punya banyak cerita ketika kamu berpergian seorang diri, selain itu kamu akan lebih berani menghadapi tantangan lainnya.

Advertisement

5. Kamu punya cerita untuk diceritakan ke cucumu kelak

Punya banyak cerita

Punya banyak cerita via https://www.smartertravel.com

Mulai dari kehilangan koper, ketinggalan pesawat hingga tersesat dan berakhir di kantor polisi semuanya sudah saya alami. Saya hanya senyum-senyum saja ketika mengingatnya. Pada saat itu mungkin saya berpikir saya sedang apes, tapi disisi lain banyak hal juga yang bisa saya syukuri ketika berpergian sendiri. Saya bertemu dengan banyak orang-orang baik yang menawarkan bantuan bahkan memberikan kamar hotel gratis! Kamu bakalan punya banyak cerita ketika kamu berpergian seorang diri, selain itu kamu akan lebih berani menghadapi tantangan lainnya.

Banyak hal menarik lainnya yang bisa kamu alami sendiri saat menjadi seorang solo traveler tentunya dengan persiapan yang baik ya dan jangan lupa tetap berhati-hati dan waspada. Mungkin saja kamu akan kecanduan untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya seorang diri. Ayo, diantara kalian siapa yang mau coba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya