#DiIndonesiaAja-Menyelam dan Melihat Langsung Gunung Berapi Bawah Laut di Perairan Manado Tua, Sulawesi Utara!

Manado enggak cuma punya Bunaken, Pulau Manado Tua ini juga layak dikunjungi wisatawan

Berbicara soal wisata alam yang ada di Manado, orang-orang pasti akan langsung mengarah pada Bunaken. Walaupun Bunaken memang memesona, tetapi banyak lho wisata alam lainnya di Manado yang layak di kunjungi, salah satunya Pulau Manado Tua! Untuk kesana memakan waktu kurang lebih 1 jam dari Pelabuhan Manado atau 30 menit dari pulau Bunaken menggunakan perahu.

Pulau ini tidak hanya menyimpan keindahan wisata bawah lautnya saja, melainkan juga bisa menjadi objek wisata bersejarah. Pemandangan yang anda dapatkan di sekitar pulau juga amat luar biasa. Yuk cek apa aja yang bisa kamu lakukan selama berlibur disana!

Advertisement

1. Melihat pemandangan dinding karang dan gunung berapi bawah laut

Credit photo by Pinterest.com

Credit photo by Pinterest.com via https://i.pinimg.com

Pulau Manado Tua adalah bagian dari Taman Laut Bunaken-Manado Tua yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang menyihir para pencinta diving untuk pergi kesana. Karena itu menyelam menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan di sini.

Di sini kamu akan melihat dinding batu karang dengan kedalaman 20 hingga 50 meter ke dalam dasar laut. Kamu juga berkesempatan berinteraksi dengan ikan dugong dan lumba-lumba. Selain itu ada volcano yang masih aktif di sekeliling pulau Manado Tua, volcano tersebut terletak sekitar 150 meter di bawah permukaan laut, kamu akan dapat melihatnya saat menyelam. Selain itu, di bawah laut juga terdapat gua besar dengan pemandangan yang menakjubkan!

Advertisement

 

2. Kamu bisa hiking!

Credit photo by Celebes.co

Credit photo by Celebes.co via https://www.celebes.co

Kamu tidak bisa menyelam?

Advertisement

Jangan khawatir jika kamu tidak bisa menyelam, ada hal-hal lain kok yang bisa kamu lakukan disini kok, salah satunya hiking!

Manado Tua adalah daratan pulau dengan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Kamu bisa mendaki Gunung Manado Tua dan melihat pemandangan fantastis yang mencakup pulau-pulau di gugusan taman laut Bunaken-Manado Tua, yaitu Pulau Bunaken Siladen, Mantehage, dan Nani, serta Pelabuhan Manado dari puncak Gunung Manado Tua. Jika cuaca bagus kamu akan dapat melihat Gunung Soputan yang berjarak kira-kira 60 kilometer dari Pulau Manado Tua, salah satu gunung berapi teraktif di Pulau Sulawesi. Ada juga jogging tracks dan fasilitas untuk bersepeda dan berkemah di gunung lho!

3. Menengok kuburan raja-raja dan jangkar peninggalan Portugis

Credit photo by Yoseph Ikanubun on Liputan6.com

Credit photo by Yoseph Ikanubun on Liputan6.com via https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Di Pulau Manado Tua terdapat gunung yang disebut sebagai Gunung Manado Tua atau Matoa dan di bagian puncaknya terdapat tiga tugu yang menjadi penanda kuburan raja-raja Bawontehu.

Sejumlah tokoh penting yang menurut penuturan beberapa sumber disemayamkan di wilayah ini adalah Raja Mokodkedug, Mokodompis, dan Wulrangkalrangi. Selain ketiga tokoh tersebut dikabarkan juga masih terdapat pula raja lain yang dikuburkan di wilayah tersebut.

Selain itu ketika air laut surut yang biasanya terjadi di malam hari, para wisatawan dapat menyaksikan jangkar besar peninggalan kapal Portugis yang bisa menjadi objek photo yang menarik!

4. Sunbathing dan melihat matahari terbenam di pantai

Credit photo by travelling yuk

Credit photo by travelling yuk via https://petualang.travelingyuk.com

Pulau Manado Tua memiliki pantai-pantai yang menarik untuk kamu kunjungi bersama orang terkasih, diantaranya adalah Pantai Apeng Datu, Apeng Salah, Apeng Gugu dan juga Pantai Batu Layar. Kalian bisa menikmati cahaya matahari atau berjemur di bawah sinar matahari.

Kalian juga bisa berenang di perairan sekitar pantai yang dangkal, dan juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam di kala senja bersama orang terkasih. Oh romantisnya!

5. Menikmati udara di Hutan Mangrove

Credit photo by Muhammad Rizal A on Kompas Travel

Credit photo by Muhammad Rizal A on Kompas Travel via https://asset.kompas.com

Kalian juga bisa menikmati keindahan hutan bakau yang merupakan hutan lindung yang ada di pulau Manado Tua. Ketika berada di sini, pengunjung akan bisa merasakan atmosfer hutan yang tentu saja sangat sulit di temukan di kota besar. kalian juga bisa menikmati keindahan hamparan bakau sembari melihat perairan di sekitar kawasan hutan yang memiliki air yang sangat jernih. 

Nah menarik kan teman-teman? Kalian bisa memasukkan tempat ini sebagai bucket list kalian untuk pergi bersama keluarga ya! Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ya teman-teman!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE